8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 07 May 2019, 13:30 WIB
Menjaga kesehatan gusi dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan bernutrisi di bawah ini!
8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi (Maen CG/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Gusi sehat akan membuat senyum lebih indah. Tetapi, kesehatan gusi justru sering kali terlupakan oleh pemiliknya. Padahal, salah satu organ mulut tersebut memiliki peranan penting dalam menopang gigi. Selain itu,  jika kesehatan gusi tidak dijaga dengan baik, tentu akan menggangu kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan.

Cara efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Selain sikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur, membersihkan sela-sela gigi juga harus dilakukan minimal satu hari sekali agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal. Namun, itu saja tidak cukup.

Makanan-makanan penunjang kesehatan gusi

Banyak penelitian telah mengamati bahwa kesehatan gusi dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti kebersihan mulut, faktor genetik, kesehatan sistemik, dan asupan nutrisi. Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan gusi, di antaranya :

  1. Teh hijau

Zat antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu menangkal peradangan di dalam tubuh. Penyakit gusi seperti gingivitis pun terjadi karena peradangan. Teh hijau dapat membantu dalam meredakan pembengkakan dan menjadikan gusi lebih sehat.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, misalnya kale dan bayam kaya akan vitamin dan mineral seperti kalsium dan asam folat. Keduanya sangat penting dalam memperkuat gigi dan jaringan gusi. Salah satu manfaat asam folat adalah mencegah munculnya penyakit gusi pada wanita hamil yang lebih rentan mengalaminya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh karena mengandung fosfor dan kalsium. Mereka dapat membantu dalam melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat dalam kacang juga dapat memperkuat kesehatan gigi.

  1. Seledri

Seledri (5PH/Shutterstock)
Seledri (5PH/Shutterstock)

Seledri kaya akan air, mineral, dan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya baik untuk menyembuhkan peradangan pada gusi. Tidak hanya itu, mengunyah seledri dapat membantu membersihkan permukaan gigi dengan mengikis plak dan partikel sisa-sisa makanan.

  1. Kismis

Mengonsumsi kismis dapat membantu Anda dalam mendapatkan gigi dan gusi yang sehat. Sumber pitokemikal yang terdapat dalam kismis dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Selain itu, rasa manis yang dihasilkan kismis tidak mengandung pemanis buatan, sehingga baik untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan probiotik yang tinggi protein dan kalsium. Kedua kandungan tersebut berguna untuk menguatkan gigi. Probiotik sangat membantu dalam mendukung bakteri baik yang terdapat di rongga mulut dan berguna untuk membantu mengurangi radang gusi dan juga penumpukan plak.

  1. Susu

Sama halnya dengan yoghurt, susu tinggi akan kalsium, vitamin D dan juga protein. Kandungan-kandungan tersebut dapat melawan penyakit gusi dan memperkuat gigi, serta mencegah kerusakan gigi Anda.

  1. Permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet tanpa gula adalah salah satu cara baik dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sebab, mengunyah dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat membilas bakteri yang ada di dalam rongga mulut.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan gusi. Dengan mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat, tentu akan menciptakan kesehatan gigi dan gusi yang optimal.

[MS/ RVS]