5 Rahasia Charlize Theron Tampak Awet Muda dari Usia Aslinya

Oleh Ruri Nurulia pada 09 May 2019, 09:00 WIB
Makin menua, Charlize Theron terus-terusan tampil memukau karena selalu tampak awet muda dari usia aslinya. Apa rahasianya?
5 Rahasia Charlize Theron Tampak Awet Muda dari Usia Aslinya (Andrea Raffin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tiap tahun tampaknya aktris Charlize Theron tak henti-hentinya membuat orang takjub. Bukan cuma soal main peran, tetapi juga kecantikannya. Meskin makin menua, ia selalu tampak awet muda dari usia aslinya. Di usianya yang ke-43, ia terlihat masih seperti usia 20 atau 30-an! Tentu banyak yang penasaran, apa, sih rahasianya?

Jika melihat pemberitaan, ia tak pernah dilaporkan mengikuti tren kesehatan, diet ketat tertentu, atau olahraga intens. Pendekatannya terhadap gaya hidup sehat dikatakan lebih santai, dengan fokus pada hal-hal yang membuat dirinya merasa paling baik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips pemeran Furiosa dalam film “Mad Max: Fury Road” ini.

  1. Setia dengan olahraga kesukaannya

“Saya selalu percaya jika Anda menemukan sesuatu yang Anda cintai, olahraga tak akan dianggap sebagai sebuah tugas,” kata Charlize seperti dikutip di media Inggris Red tahun 2017.

Olahraga yang ia sukai adalah yang sifatnya outdoor, seperti tenis. Charlize mengaku tidak jago tapi sangat menyukainya. Menurutnya, olahraga yang benar-benar dinikmati bisa membuat pelakunya fit tanpa menyadarinya.

Selain tenis, wanita kelahiran 7 Agustus 1975 ini juga penyuka yoga, kelas sepeda indoor, dan pilates. Kepada Red, ia mengaku rutin power yoga dua sesi masing-masing 90 menit tiap minggu dan sepeda indoor 3-5 kali per minggu. Sedangkan olahraga yang benar-benar mengubah tubuhnya adalah latihan fisik yang fokus pada otot core.

  1. Selalu memantau pola makan dan olahraga

Meski menyukai olahraga, tetapi tentu ada waktu ia bolos. Jika begitu, biasanya Charlize akan “membayarnya” dengan penyesuaian pola makan. Ia mengaku sudah menemukan formula hidup seimbangnya.

“Saya selalu mengalkulasi aktivitas,” seperti dikutip di Harper’s Bazaar. “Jika saya tidak banyak bergerak, saya tak boleh makan terlalu banyak. Mungkin itu adalah cheat day saya. Yang penting, saya selalu berusaha untuk jujur pada diri sendiri.

  1. Hijau, warna kesukaan makanan dan minumannya

Tak menerapkan diet ketat tertentu, tetapi Charlize mengaku menyukai makanan mentah dan plant-based. Bisa jadi ini turut berkontribusi besar dalam membuatnya tampak awet muda. Ia juga percaya bahwa rahasia besar cantiknya adalah going green.

“Setiap hari saya minum jus, kale, dan salad sayuran setiap hari,” katanya kepada Red.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, baik salad buah maupun sayuran baik untuk menunjang kesehatan tubuh, khususnya untuk menurunkan berat badan. Manfaat makan salad setiap hari adalah, “memperlancar pencernaan, baik untuk jantung, menurunkan berat badan, hingga menurunkan risiko kanker usus,” sebut dr. Alvin.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Tak pernah melewatkan cheat day

Peraih Piala Oscar Aktris Terbaik lewat film “Monster” ini mengungkapkan bahwa cheat day favoritnya adalah makan keripik kentang.

“Saya pemakan segala, tapi godaan yang sulit dilawan adalah keripik kentang,” katanya dalam acara “The Ellen DeGeneres Show”. “Ada sekantong di mobil, di kamar mandi, di dapur, di sofa, bahkan di trailer. Ke mana pun saya pergi, selalu ada sebungkus keripik kentang.”

Berdasarkan penjelasan dari dr. Sara Elise Wijono, MRes, cheat day adalah suatu hari yang mengizinkan para pelaku diet untuk mengonsumsi apa saja tanpa memikirkan segala sesuatu tentang diet.

“Keuntungan cheat day adalah memberikan motivasi, lebih tahan godaan, dan metabolisme tubuh lebih baik,” kata dr. Sara.

  1. Memprioritaskan kesehatan mental

Pendorong terbesar Charlize dalam mempertahankan gaya hidupnya tak lepas dari menjaga kesehatan mentalnya. Kepada Ellen (DeGeneres), ia mengungkap bahwa semua pola makan sehat demi film “Tully” yang dilakukannya membuat dirinya lesu dan lelah sepanjang waktu, bahkan mengakibatkan episode depresi.

“Hal paling berat adalah saya tidak siap bagaimana jumlah makanan olahan dapat memengaruhi mood, dan untuk pertama kalinya saat itu saya mengalami depresi,” kata salah satu aktris “Young Adult” ini.

“Konsep Anda adalah apa yang Anda makan itu benar sekali. Pada waktu itu saya makan seperti orang yang jarang bergerak, dan itulah yang saya rasakan. Sulit untuk keluar dari kebiasaan itu, karena lebih pada mental,” lanjutnya.

Meski kadang-kadang minum minuman beralkohol, ibu dari dua anak ini mengaku bahwa ia merasa terbaik ketika tidur lebih banyak dan minum (alkohol) lebih sedikit.

“Saat saya makan sehat, tidur cukup, dan tidak minum alkohol, itulah saat terbaik saya dan mungkin itu terlihat,” kata Charlize yang juga seorang aktivis kepada Red. Setuju!

Jika sampai detik ini Anda belum menerapkan benar-benar gaya hidup sehat, mungkin lima rahasia Charlize Theron tersebut bisa Anda tiru. Jika rutin, disiplin, serta menikmati saat melakukannya, semoga Anda bisa sehat, bugar, dan tampak awet muda dari usia asli aktris “Atomic Blonde” ini.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓