Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Penyebabnya?

Oleh Ayu Maharani pada 09 May 2019, 15:20 WIB
Jika Anda sering mengeluhkan sakit perut sebelah kiri, jangan diabaikan. Ketahui kemungkinan penyebabnya di sini!
Sakit Perut Sebelah Kiri, Apa Penyebabnya? (srisakorn-wonglakorn/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sakit perut sebelah kiri yang sering Anda alami tentu saja bikin tak nyaman. Kondisi ini  bahkan bikin panik jika nyeri yang dirasakan cukup berat atau terjadi berulang. Lewat artikel ini, ketahui berbagai kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kiri.

Bicara tentang sakit perut, penting untuk mengetahui lokasi, kualitas dan jenis nyeri, termasuk intensitas nyeri. Berdasarkan lokasi, berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang menyebabkan Anda merintih sakit perut sebelah kiri.

Sebelah kiri bagian atas

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jika sakit terjadi di bagian kiri atas, bisa jadi Anda terkena gangguan kesehatan di bawah ini:

  • Gastritis dan tukak lambung

Radang lambung (gastritis) dan tukak lambung (peptic ulcer) adalah dua kondisi yang bisa membuat seseorang merasakan nyeri di perut bagian kiri atas. Nyeri yang dirasakan umumnya disertai sensasi penuh (begah) hingga mual muntah. Bahkan, kondisinya bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring pada malam hari.

  • Radang kelenjar pankres

Kondisi ini juga disebut sebagai pankreatitis. Coba ingat-ingat ingat lagi, apakah nyeri perut yang mengusik Anda sampai menjalar ke punggung. Jika ya, dr. Sepriani mengatakan bahwa ada probabilitas Anda terkena penyakit ini. Kecurigaan menguat jika Anda sampai mengalami demam tinggi. Jika mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter karena penyakit ini tergolong berbahaya.

  • Serangan jantung (angina)

Kemungkinan lain penyebab sensasi nyeri perut bagian kiri atas adalah serangan jantung atau angina. Gejala utamanya adalah nyeri dada sebelah kiri yang menjalar ke lengan kiri, dan disertai sesak napas serta keringat dingin.

“Sayangnya, pada sebagian orang angina tidak memiliki gejala yang khas dan malah dirasakan di bagian perut sebelah kiri,” jelas dr. Sepriani.

  • Masalah di paru

Gangguan pada paru dan selaput paru seperti infeksi, juga bisa menciptakan keluhan sakit pada perut sebelah kiri bagian atas. Kondisi ini juga turut disertai demam atau nyeri saat bernapas.

1 of 2

Sebelah kiri bawah

Jika serangan nyeri perut Anda berasal dari bagian kiri bawah, kemungkinannya adalah beberapa penyakit ini:

  • Radang usus besar

Juga dikenal sebagai kolitis, penyakit ini memberikan gejala berupa nyeri perut kiri bagian bawah, kondisi buang air besar yang tidak normal (diare ataupun sembelit) dan nyeri, kembung, dan sering kentut.

  • Penyakit ginjal

Jika nyeri perut disertai nyeri pinggang, sulit buang air kecil, serta urine berwarna merah, bisa jadi Anda mengalami batu ginjal. Sedangkan, jika yang Anda rasakan adalah sakit perut yang diikuti dengan demam, bisa jadi itu adalah infeksi ginjal.

  • Kista ovarium

Ketika indung telur sebelah kiri ditumbuhi benjolan, salah satu gejala yang dapat Anda rasakan adalah nyeri perut sebelah kiri yang menjalar sampai ke pangkal paha.

  • Hernia

Penderita hernia mengalami benjolan di sekitar pangkal paha maupun testisnya. Meski tidak selalu berbahaya, tapi ketika batuk, rasa sakit perut sebelah kiri akan terasa. Periksakanlah kondisi tersebut ke dokter agar tidak menimbulkan komplikasi.

  • Diverkulitis

Peradangan pada kantung-kantung yang terdapat di usus ini biasanya lebih sering menimbulkan keluhan nyeri perut bagian bawah, tetapi bisa juga dirasakan di kiri atas. Umumnya diverkulitis juga disertai demam, mual, muntah, perut tegang, serta konstipasi maupun diare.

Akar sakit perut sebelah kiri memang beragam. Apa penyebab pastinya, dibutuhkan pemeriksaan oleh tenaga medis supaya bisa ditangani lebih lanjut. Jelaskan kepada dokter mengenai lokasi nyeri, intensitas, dan detail lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓