Atasi Sakit Gigi dengan Cara Ini, Singkirkan Minyak Rem!

Oleh Ayu Maharani pada 09 May 2019, 17:15 WIB
Ada banyak cara alami untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Tapi minyak rem bukan salah satunya!
Atasi Sakit Gigi dengan Cara Ini, Singkirkan Minyak Rem! (Damir-Khabirov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa hari terakhir beredar kabar tentang seorang pria penderita sakit gigi yang mengalami infeksi parah akibat mengobati giginya dengan minyak rem. Kabar yang dilansir Liputan6.com tersebut tidak terjadi di Indonesia, namun ini bisa jadi peringatan bagi Anda. Sakit gigi memang sangat menyiksa, tapi Anda masih harus berpikir waras untuk tidak melakukan kecerobohan semacam itu.

Saat mengalami sakit gigi, sebagian kalangan masyarakat memang enggan pergi ke dokter gigi. Pengobatan alternatif pun sering menjadi pilihan. Akibatnya, bukan semakin membaik, infeksi dari sakit gigi tersebut malah menjalar ke lebih banyak bagian.

Obat penghilang rasa sakit bukan solusi utama

Menurut drg. Callista Argentina dari KlikDokter, memang sampai sekarang ini masih banyak mitos-mitos atau tips tak masuk akal seputar cara mengatasi sakit gigi. Tentu  hal itu bisa mengecoh masyarakat dan membuat mereka bertindak ceroboh.

Hal pertama yang ingin diluruskan oleh drg. Callista adalah sakit gigi tidak selesai hanya dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Sakit gigi disebabkan oleh infeksi bakteri, sehingga obat tersebut tidak bisa membunuh pemicunya.

Obat penghilang sakit hanya sebagai solusi sementara dan Anda tetap harus periksa ke dokter gigi untuk mengatasi akar permasalahannya. “Kalau gigi yang sakit itu tidak dirawat, lama-kelamaan saraf gigi akan rusak dan mati.” jelas drg. Callista.

Minyak cengkih untuk redakan sakit gigi

Saat Anda belum sempat ke dokter gigi, sakit gigi memang bisa datang kapan saja. Pada saat itulah, dibutuhkan pertolongan pertama sebagai solusi alami untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi.

Selain mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan berkumur dengan larutan air garam, Anda juga bisa memanfaatkan minyak cengkih. Adapun cara memanfaatkan minyak cengkih untuk meredakan sakit gigi, yaitu:

  • Basahi kapas bersih atau steril yang digulung kecil dengan minyak cengkih
  • Peras kapas untuk membuang lebihan minyaknya
  • Lalu, masukkan kapas berminyak cengkih itu ke dalam lubang gigi yang sakit
  • Diamkan sampai rasa nyeri berkurang

Cengkih mengandung zat eugenol yang banyak dipakai dalam kedokteran gigi. Zat eugenol bersifat antiseptik dan anestetik lokal sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang atau semacamnya.

“Namun, hati-hati dalam pemakaiannya, ya. Sebab, minyak tersebut dapat memberikan sensasi panas dan perih bila terkena jaringan lunak,” tambah drg. Callista.

Cara mengusir nyeri dengan bantuan minyak cengkih ini bisa disebut solusi sementara. Sehingga, dampaknya juga akan tidak baik bila Anda berlebihan dalam menggunakannya. Pakailah secukupnya saja karena jika minyak cengkih tertelan dapat menimbulkan sensasi perih pada hidung dan tenggorokan, sakit perut, diare, dan kesulitan bernapas.

Cara lain untuk redakan sakit gigi

Meredakan nyeri gigi dengan minyak cengkih tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan cara alami lainnya, Anda dapat menggantinya dengan penanganan lain, seperti berikut ini:

  • Berkumur dengan air garam hangat di pagi dan malam hari
  • Tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terlalu panas, atau terlalu dingin selama mendapat perawatan gigi dari dokter
  • Mengompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kompres dingin

Jadi, ingatlah untuk tidak pernah percaya pada mitos seputar penanganan sakit gigi yang aneh-aneh. Apalagi menggunakan minyak rem untuk mengatasi sakit gigi. Bukannya sembuh, kondisi Anda akan semakin parah dan bahkan bisa menimbulkan penyakit lain yang mengancam keselamatan!

Atasi sakit gigi dengan pengobatan yang tepat dari dokter gigi. Jika Anda juga memerlukan bantuan minyak cengkih untuk meredakan nyerinya, gunakan secukupnya saja. Setelahnya, jaga kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi Anda.

[MS/ RVS]