Amankah Ibu Hamil Makan Cokelat?

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 10 May 2019, 16:00 WIB
Banyak ibu hamil yang menghindari cokelat karena dianggap bisa menyebabkan masalah pada kehamilan. Namun, apa memang demikian?
Amankah Ibu Hamil Makan Cokelat? (Gpointstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada satu orang pun yang bisa menolak kenikmatan cokelat. Selain enak, camilan yang satu ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis santapan yang bikin lidah bergoyang. Sayangnya, ibu hamil harus menahan diri untuk menyantap cokelat lantaran dianggap dapat menyebabkan berbagai masalah kehamilan.

Perlu Anda tahu, cokelat berasal dari biji kokoa yang telah diolah melalui proses yang panjang dan kompleks. Cokelat yang biasa Anda konsumsi dibagi menjadi tiga kategori, yaitu cokelat putih, cokelat susu, dan cokelat hitam.

Beda jenis cokelat, beda pula kandungan gizi di dalamnya. Ini karena tiap jenis cokelat memiliki kandungan kokoa, karbohidrat, kafein, mineral, antioksidan, lemak, gula, susu, dan komponen tambahan lain yang tidak sama.

Cokelat dan ibu hamil

Untuk ibu hamil, konsumsi cokelat sebenarnya aman. Akan tetapi, jumlah konsumsi cokelat selama kehamilan harus benar-benar diperhatikan. Ini terkait dengan kandungan karbohidrat, lemak, dan kafein yang tinggi dalam cokelat.

Konsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan selama hamil tidak baik, karena dapat memicu berbagai komplikasi kehamilan. Begitu juga konsumsi kafein berlebih selama kehamilan, yang dapat memicu terjadinya keguguran. Itu sebabnya konsumsi cokelat secara berlebihan selama kehamilan tidak dianjurkan.

Ada dua penelitian mengenai konsumsi cokelat selama kehamilan. Penelitian pertama mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat hitam (dark chocolate) sebanyak 30 gram sehari pada trimester dua dan tiga kehamilan tidak memberikan dampak negatif. Hal ini justru dapat menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Sedangkan penelitian kedua mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat yang tinggi flavanol (zat antioksidan) sebanyak 20 gram sehari selama trimester dua kehamilan juga aman dan tidak memberikan dampak negatif terhadap kehamilan.

Di luar penelitian tersebut, ada satu hipotesis yang menyebut bahwa cokelat mengandung antioksidan yang baik untuk menunjang kehamilan. Karenanya, jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, cokelat mampu mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan.

Jadi, jika ibu hamil sangat menggemari cokelat, Anda boleh mengonsumsi camilan tersebut tidak lebih dari 30 gram sehari selama trimester dua dan tiga. Pilih cokelat berkualitas terbaik yang tinggi akan kandungan antioksidan, supaya Anda hanya mendapatkan manfaatnya tanpa diikuti efek samping merugikan.

(NB/ RVS)