Langsung Buka Puasa dengan Buah Bikin Perut Begah?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 11 May 2019, 17:00 WIB
Buka puasa dengan buah sebenarnya sah-sah saja. Tapi, ada beberapa buah yang bisa bikin perut begah. Ini kiatnya agar perut tak begah.
Langsung Buka Puasa dengan Buah Bikin Perut Begah? (Peangdao/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menu buka puasa banyak ragamnya. Dari yang praktis seperti gorengan sampai makanan berat seperti nasi atau mi, semuanya lazim disantap sebagai menu buka puasa di Indonesia. Tak heran, banyak juga orang yang buka puasa dengan buah. Tetapi, ada anggapan bahwa makan buah saat berbuka bikin perut begah.

Perut begah karena makan buah saat buka puasa

Sudah banyak ahli kesehatan yang menyarankan bahwa sebaiknya berbuka puasa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang ringan, jangan langsung berat. Hal ini agar perut tidak “kaget” setelah kosong seharian.

Tapi, banyak juga orang yang berbuka puasa dengan buah karena dianggap menyehatkan dan manis rasanya. Nyatanya, tak semua buah baik disantap sebagai menu berbuka puasa. Ada juga deretan buah yang justru bisa membuat perut menjadi begah.

Begah yang dimaksud di sini adalah terlalu banyak gas di perut yang menimbulkan efek rasa seperti kekenyangan. Jika tetap ingin makan buah, pilihlah yang tidak mengandung banyak air. Jenis buah yang banyak air sebenarnya tidak masalah dimakan saat berbuka puasa, asal jangan dalam keadaan perut benar-benar kosong.

"Buah memang bisa bikin begah saat buka puasa, tapi tergantung buahnya apa dulu. Kalau buah-buah seperti semangka, nanas, pepaya, melon, dalam artian mengandung banyak air, memang bisa menimbulkan gas di perut," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Menurutnya, buah yang aman untuk dijadikan menu buka puasa adalah pisang dan apel, karena lebih ramah terhadap lambung. Jadi, makan buah saat berbuka puasa boleh saja. Kuncinya adalah terletak dari pemilihan buahnya itu sendiri.

1 of 2

Buah kurma lebih disarankan

Buah kurma (Brent Hofacker/Shutterstock)
Buah kurma (Brent Hofacker/Shutterstock)

Sebenarnya Anda tidak perlu bingung untuk memilih jenis buah apa yang tepat untuk dimakan saat perut kosong. Karena, buah kurma yang banyak dijual saat Ramadan memang amat baik dimakan saat berbuka puasa.

Buah yang berwarna cokelat ini terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, kurma memiliki nutrisi yang lengkap dan bisa jadi pilihan bagus saat berbuka puasa. Manfaat menyantap kurma diantaranya:

  1. Memulihkan energi

Ternyata, dalam 100 gram kurma mengandung kira-kira 277 kalori. Setelah mengonsumsi buah ini, otomatis tenaga Anda juga akan segera kembali pulih.

“Untuk itu, kurma sangat cocok dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa. Setelah seharian penuh menahan haus dan lapar, buah ini mampu mengembalikan tenaga Anda,” ungkap dr. Kartika.

  1. Melancarkan BAB

Kurma adalah buah yang kaya akan serat. Pada akhirnya, buah yang sudah ada sejak 4.000 SM itu bisa mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus dan mampu mempermudah proses buang air besar (BAB).

  1. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat kurma yang juga banyak digemari orang adalah karena memiliki kandungan antioksidan polifenol flavonoid.

"Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik. Selain itu, manfaat antioksidan pada kurma juga berguna untuk menangkal radikal bebas," kata dr. Kartika.

  1. Menguatkan indra penglihatan

Mau mata sehat? Jangan hanya percaya pada wortel. Cobalah kurma mulai dari sekarang. Kurma adalah sumber vitamin A (mengandung 149 IU per 100 g), yang sangat penting untuk indra penglihatan.

  1. Melindungi dari stroke dan jantung koroner

Kurma sangat kaya potasium, komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, kurma dapat melindungi Anda dari stroke dan jantung koroner.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang

Kandungan mineral pada kurma sangat banyak, seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot.

Mangan digunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan. Selanjutnya, tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah. Dan terakhir, magnesium sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang.

Jadi, buka puasa dengan buah boleh-boleh saja. Tapi ingat, pilihlah yang sesuai dengan saran-saran di atas. Dengan demikian, Anda terhindar dari keluhan perut begah.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓