7 Manfaat Pisang yang Mungkin Anda Belum Tahu

Oleh Hotnida Novita Sary pada 14 May 2019, 15:00 WIB
Buah pisang sangat umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun ada beberapa manfaat pisang yang mungkin belum Anda ketahui.
7 Manfaat Pisang yang Mungkin Anda Belum Tahu (Yuriy-Shevtsov-by/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, buah pisang selain dimakan langsung, juga biasa diolah menjadi beragam kudapan, seperti pisang goreng, pisang rebus, dan cake pisang. Tanaman bernama latin Musa acuminata ini sangat kaya karbohidrat.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, dalam 100 gram pisang terkandung 23 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Jadi mengonsumsi pisang bisa memberi Anda  tenaga. Selain itu, pisang juga tinggi kandungan kalium.

“Kandungan kalium dalam pisang sebanyak 422 milligram, jauh melebihi pepaya sebanyak 265 milligram. Kalium ini sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah,” ujar dr. Atika.

Selain itu, menurut USDA yang dilansir dari Organic Fact, setiap 100 gram (gr) pisang terkandung sejumlah mineral yang menguntungkan tubuh. Yaitu, kalium (358 gr), kalsium (5 gr), fosfor (22 gr), vitamin C (8,7 gr), dan zat besi (0,26 gr). Karena nutrisinya yang padat tersebut, pisang turut berperan dalam menjaga kesehatan Anda.

Manfaat pisang yang belum Anda tahu

Meski cukup akrab bagi masyarakat Indonesia, beberapa manfaat pisang ini mungkin belum Anda ketahui. Yuk simak ulasannya.

1. Solusi untuk tekanan darah rendah

Penelitian yang dilakukan di Hypertension Institute, AS, menyatakan bahwa kalium sangat berperan dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Karena pisang kaya kalium, maka buah ini pun bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Kalium membantu meredakan ketegangan di arteri dan vena, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Selain itu juga bisa memberi oksigen pada berbagai organ untuk meningkatkan fungsinya.

Konsumsi pisang secara rutin dapat membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, serta penyakit terkait lainnya. Serat dalam pisang juga berfungsi mengikis kelebihan kolesterol dari arteri dan pembuluh darah.

2. Mencegah penuaan dini

Salah satu ketakutan terbesar wanita adalah penuaan dini yang ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur. Namun, pisang rupanya dapat membantu melawan berbagai tanda penuaan, khususnya elastisitas kulit dan keriput. Dalam satu buah pisang terkandung vitamin C dan B6 yang dapat menolong kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

3. Mempertahankan memori dan meningkatkan mood

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, asam amino triptofan dan antioksidan seperti dopamin, dalam pisang, berperan penting dalam meningkatkan suasana hati dan menjaga daya ingat.

Selain itu, magnesium membantu mengendurkan otot dan vitamin B6 membantu Anda tidur nyenyak. Tidur malam yang baik sangat berperan dalam membangun mood di hari berikutnya.

1 of 2

Selanjutnya

4. Meringankan gejala anemia

Sebuah penelitian yang dipimpin Dr. Olga P. García, Universitas Otonom Queretaro, Meksiko, menyatakan bahwa pisang mengandung zat besi yang tinggi. Tak heran, pisang dapat membantu gejala anemia karena zat besi adalah bagian penting dari sel darah merah.

Pisang juga memiliki kandungan tembaga, elemen penting dalam pembentukan sel darah merah, yang signifikan. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah, Anda tidak hanya mencegah anemia, tapi juga melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

5. Memperkuat tulang

Pisang juga terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium. Kalsium merupakan unsur terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang di dalam tubuh. Ini mengurangi kemungkinan Anda terkena osteoporosis di masa depan.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Pisang, seperti buah-buahan mengandung antioksidan dan karotenoid, serta mineral sehat lain yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukomatelah terbukti berkurang dengan asupan pisang dan buah-buahan serupa lainnya.

7. Meredakan masalah menstruasi

Pisang, terutama bagian jantungnya, digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meringankan gangguan selama menstruasi. Jantung pisang yang dimasak dapat membantu meredakan pendarahan yang menyakitkan dan berlebihan selama siklus menstruasi. Bagian dari pohon pisang ini juga diyakini dapat meringankan tekanan haid lainnya.

Jika Anda suka makan pisang, silakan teruskan kebiasaan ini. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah wajar. Penyebabnya, pisang mengandung 25 persen gula murni yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Akibatnya Anda akan cepat lapar sebelum waktu makan siang tiba. Siasati dengan mengombinasikan pisang dengan jenis makanan lainnya, seperti yoghurt atau oatmeal.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓