Hari Keluarga Internasional: Tips agar Keluarga Selalu Sehat

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 15 May 2019, 08:00 WIB
Ada hal-hal sederhana untuk mewujudkan keluarga yang sehat, produktif, dan bahagia sesuai semangat Hari Keluarga Internasional.
Hari Keluarga Internasional: Tips agar Keluarga Selalu Sehat (Monkey Business Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sejak tahun 1993, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 15 Mei tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional (International Day of Families). Faktanya, ketahanan, kemajuan serta kualitas suatu bangsa dimulai dari keluarga. Keluarga yang sehat akan menjadi produktif dan memberikan sumbangsih bagi bangsanya.

Tujuan dari peringatan Hari Keluarga Internasional adalah untuk mempromosikan kesadaran tentang pentingnya berhubungan dengan keluarga serta meningkatkan pengetahuan akan proses sosial, ekonomi, dan demografi terhadap keluarga.

Sayangnya, meski sudah berkeluarga, tidak semua orang mengerti bagaimana merawat dan menjaga kesehatan keluarga. Tak sedikit juga yang bersikap tak acuh dan baru menyadarinya ketika ada anggota yang sakit.

Tips agar keluarga selalu sehat

Dengan tips berikut ini, kesehatan diri dan semua anggota keluarga akan senantiasa terlindungi.

  • Memperhatikan asupan makanan keluarga

Ya, Anda adalah apa yang Anda makan. Makanan bergizi lengkap dan seimbang adalah modal awal untuk tubuh yang sehat.

Pastikan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Sebagai sumber karbohidrat, Anda dapat memilih nasi, roti, kentang, serealia, dan ubi. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, dan telur, sementara protein nabati Anda bisa didapat dari tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Sebagai sumber lemak sehat, Anda dapat gunakan minyak zaitun atau minyak jagung untuk mengolah makanan.

  • Jangan pernah absen makan sayur dan buah

Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa lebih dari 90 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 10 kurang makan sayur dan buah.

Setiap harinya, rata-rata orang Indonesia hanya mengonsumsi 180 gram buah dan sayur. Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari angka yang dianjurkan WHO, yaitu 400 gram setiap harinya.

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang penting untuk mewujudkan gizi seimbang. Vitamin, mineral, serta kandungan antioksidan dalam buah dan sayur penting untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh. Karena itu, selalu sediakan satu porsi sayur di setiap waktu makan. Jadikan buah sebagai camilan sehat di antara waktu makan besar.

  • Rutin berolahraga

Sama halnya dengan makan sehat, olahraga juga adalah salah satu investasi masa tua. Jika dilakukan secara teratur, olahraga membuat jantung dan paru-paru tetap sehat, otot dan tulang tetap kuat, tubuh pun senantiasa bugar.

Anda disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari, sebanyak 3-5 kali per minggu. Apabila tak punya waktu karena kendala kesibukan, mulailah dengan perbanyak berjalan kaki, menggunakan tangga, atau bersepeda menuju stasiun kereta.

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kuman penyebab penyakit bertebaran di lingkungan Anda. Maka dari itu, jagalah selalu kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan diri adalah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Cucilah tangan sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh binatang peliharaan, setelah menggunakan toilet, dan saat tangan terlihat kotor.

  • Cek kesehatan secara rutin

Satu hal yang sering disalahpahami banyak orang yaitu hanya datang ke fasilitas kesehatan hanya ketika sakit atau besuk orang sakit. Padahal, cek kesehatan secara rutin amat penting. Setiap orang dewasa sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya 1 sekali untuk mengetahui kondisi tubuh, fungsi setiap organ, sekaligus deteksi dini penyakit tertentu.

Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan vaksin yang dianjurkan. Tak hanya tubuh, kondisi gigi dan mulut pun juga wajib diperiksakan. Kunjungan dokter gigi yang disarankan adalah tiap 6 bulan sekali.

Hal-hal di atas harus kompak dilakukan semua anggota keluarga. Jika sudah menjadi orang tua, ajarkan juga hal tersebut kepada anak-anak Anda agar tetap ia lakukan setelah dewasa. Ingat,  Ingat, keluarga yang sehat adalah awal dari bangsa yang maju. Selamat Hari Keluarga Internasional!

(RN/ RVS)