Gigi Ngilu Setelah Makan Es Krim, Ini Sebabnya

Oleh drg. Callista Argentina pada 15 May 2019, 10:30 WIB
Gigi ngilu karena makan es krim? Kenali penyebabnya dan lakukan perawatan gigi dengan saksama.
Gigi Ngilu Setelah Makan Es Krim, Ini Sebabnya (New Africa/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Merasakan gigi ngilu usai makan es krim mungkin tidak pernah Anda duga bisa terjadi. Tapi kondisi itu bisa dialami oleh sebagian orang, khususnya yang memang sudah mengalami gangguan gigi.

Walaupun terbuat dari bahan-bahan sehat – contohnya susu - ketika es krim sudah masuk ke dalam mulut maka yang terasa hanyalah sensasi dingin. Sensasi dingin tersebut otomatis akan menyentuh seluruh bagian di dalam rongga mulut.

Saat es krim mengenai bagian yang sehat di dalam mulut, sensasi dingin ini tidak akan menimbulkan keluhan pada mereka yang kesehatan gigi dan mulutnya terjaga. Namun, jika ada masalah di gigi, rasa ngilu pasti langsung menjalar.

Penyebab gigi terasa ngilu

Pada dasarnya, penyebab gigi ngilu saat terkena sensasi dingin – termasuk es krim – ada dua, yaitu:

  1. Gigi berlubang

Gigi adalah organ tubuh yang terdiri dari lapisan-lapisan jaringan keras, bahkan lebih keras daripada tulang. Apabila gigi sudah telanjur berlubang akibat asam, artinya sebagian jaringan kerasnya sudah hilang. Maka jaringan tersebut sudah tidak bisa sembuh atau tumbuh lagi.

Jika lapisan gigi bagian terluar (enamel) sudah hilang maka yang tampak dari luar adalah lapisan dentin. Lapisan dentin inilah yang sensitif terhadap sensasi dingin sehingga gigi akan terasa ngilu.

Untuk mengatasi rasa ngilu akibat gigi berlubang, tidak bisa dengan minum obat penghilang rasa sakit saja. Perlu dilakukan penambalan gigi di dokter gigi untuk mengembalikan bentuk gigi agar utuh seperti semula.

  1. Gigi sensitif

Gigi sensitif adalah kondisi ketika sensasi rasa ngilu yang tajam dan singkat muncul. Salah satunya gigi sensitif disebabkan oleh sensasi dingin. Gigi dapat menjadi sensitif karena beberapa penyebab, yaitu:

  • Menyikat gigi dengan cara yang salah. Misalnya menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang tebal dan kaku serta menekan yang berlebihan.
  • Gigi mengalami penurunan gusi, akibat penumpukan karang gigi yang lama tidak dibersihkan. Kesehatan rongga mulut yang tidak baik dapat pula menyebabkan penyakit gusi.
  • Sering mengonsumsi minuman bersoda atau makanan yang asam. Misalnya soft drink, cuka, acar, lemon, dan minuman beralkohol.
  • Melakukan tindakan pemutihan gigi secara berlebihan sehingga gigi terlalu banyak terkena asam. Hal ini menyebabkan mineral gigi menjadi larut dan permukaan gigi menjadi keropos.
  • Kebiasaan buruk menggemeretakkan gigi (bruxism). Kebiasaan ini akan membuat lapisan enamel gigi dan saraf gigi menjadi terbuka sehingga gigi akan mudah terasa ngilu.
  • Gigi retak akibat kebiasaan buruk membuka kemasan dengan gigi, tambalan gigi dengan titik kontak yang kurang baik, serta menggigit es batu atau benda lainnya.
1 of 2

Tips bebas ngilu saat makan es krim

Bagi Anda yang sering merasa ngilu saat memakan es krim, sekarang tidak perlu khawatir. Lakukan tips di bawah ini agar Anda terbebas dari rasa ngilu, yaitu:

  1. Menyikat gigi dengan cara yang benar. Pilih sikat gigi berbulu tipis dan lembut. Gosok dan berikan tekanan yang cukup pada permukaan gigi. Disarankan untuk menyikat gigi 1 jam setelah konsumsi makanan yang asam.
  2. Membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi agar karang gigi tidak menumpuk.
  3. Bila selesai minum atau makan yang asam, berkumurlah dengan air putih atau susu tawar.
  4. Jika ingin memutihkan gigi, lakukanlah di dokter gigi atau selalu di bawah pengawasan mereka.
  5. Bagi Anda yang punya kebiasaan bruxism, berkonsultasilah dengan dokter gigi untuk pembuatan night guard atau pelindung gigi.
  6. Menghentikan kebiasaan buruk seperti membuka kemasan dengan gigi, serta menggigit es batu atau benda keras lainnya.
  7. Jangan lupa pakai pasta gigi khusus gigi sensitif. Bila ngilu sudah hilang, terus gunakan pasta gigi tersebut supaya ngilu tidak kembali lagi.

Lakukan cara-cara di atas ketika gigi ngilu menyerang saat Anda sedang menikmati es krim atau makanan dingin lainnya. Bila 2-4 minggu rasa ngilu tidak juga hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelah rasa ngilu hilang, tetap lakukan langkah pencegahan dan perawatan agar ngilu tidak kembali, ya.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓