Rahasia Tubuh Ideal Kemal Mochtar

Oleh Nur Budhi pada 15 May 2019, 14:00 WIB
Kemal Mochtar berhasil mewujudkan tubuh ideal versinya, lewat pengaturan porsi makan dan menghitung kalori yang dikonsumsi.
Rahasia Tubuh Ideal Kemal Mochtar (Foto: @kemalmochtar/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Aktor, penyiar radio sekaligus presenter televisi kenamaan Indonesia, Kemal Mocthar, beberapa waktu lalu mengejutkan para penggemarnya. Sosok Kemal mengalami perubahan drastis setelah ia berhasil mewujudkan tubuh ideal yang didambakannya.

Pria kelahiran Februari 1981 ini awalnya dikenal dengan sosoknya yang gemuk. Dengan tinggi 165 sentimeter, bobot Kemal pernah mencapai 120-an kilogram! Lalu dalam setahun, ia berhasil menurunkan berat badan hingga lebih dari 50 kilogram.  

Ditemui oleh tim KlikDokter di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu silam, Kemal sempat membagikan tips bagaimana ia berhasil menurunkan bobot tubuhnya secara signifikan.

Turun berat badan berkat motivasi istri

Dalam perbincangannya dengan KlikDokter, Kemal mengakui bahwa tujuan awal ia ingin menurunkan berat badan adalah demi kesehatan, umur, keluarga, dan kanal YouTube–nya: Kemal Food Channel.

Kanal yang berisi tentang perjalanan wisata kuliner yang dilakukan Kemal bersama keluarga itu memang seperti membuat badannya makin melar. Kemal mengaku, jika ia tidak menurunkan berat badan sedari awal, ditambah acara makan-makan untuk mengisi konten saluran miliknya, maka bobot tubuhnya akan terus bertambah besar.

Kemal yang memulai saluran YouTube-nya ketika berat badannya mencapai 120 kilogram, merasa tubuhnya makin subur, terutama di bagian perut. Untung saja sang istri tercinta, Yanthi Rachmaningtyas, mengingatkannya untuk menurunkan berat badan.

“Gue iya, iya, iya,” kata Kemal, diiringi tawa.

Usaha Kemal menurunkan berat badan memang tidak berjalan mulus. Bobotnya sempat turun naik turun, tidak stabil. Hingga akhirnya dengan dibantu oleh dokter, Kemal menemukan metode diet yang cocok untuk dirinya.

“Jadilah seperti sekarang,” kata Kemal, seakan sambil menunjukkan hasil diet yang tampak pada tubuhnya yang kini proporsional.

1 of 3

Diet di bawah pengawasan dokter

Saat ditanya lebih lanjut mengenai rahasia diet yang dijalaninya, Kemal mengaku bahwa awalnya menjalani pola makan yang benar-benar diawasi oleh dokter. Semua menu yang ia konsumsi harus sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter.

“Dulu menu makan ditentukan sama dokter. Tapi gue olah sendiri, jadi gak bisa beli makanan di luar. Semua harus dari rumah. Gak pake minyak, butter (mentega), apalagi santan,” ungkap Kemal, tentang semua makanannya yang diolah dengan cara dipepes atau dibakar.

“Semua makanan gue makan, tapi ada porsi dan ukuran-ukurannya. Jadi kalo mau makan soto, gue gak bisa makan yang dijual di pinggir jalan atau di mall. Gue selalu bawa lunch box dari rumah. Makan selalu on time. Sistemnya 3J: jam, jenis, jumlah,” sambungnya.

“Segala jenis makanan yang tidak digoreng atau mengandung santan, dan porsinya diatur,” kata Kemal.

Saat dikonfirmasi mengenai pengaturan porsi makan, Kemal enggan membagikannya dengan publik. Hal ini lantaran pengaturan porsi makan yang selama ini ia lakukan hanya ditujukan untuk dirinya sendiri.

“Bukannya saya pelit informasi ya. Tapi karena beda orang, umur, berat badan dan aktivitasnya akan beda pula pengaturan porsi yang harus dijalankan,” kata Kemal, menegaskan.

 “Jadi, ukuran, porsi dan jam makannya juga beda. Kalau cara saya diikutin orang lain terus ternyata berat badannya gak turun, nanti bete dia.”

2 of 3

Hitung kalori, cara Kemal pertahankan berat badan ideal

Hitung kalori, cara Kemal pertahankan berat badan ideal (Foto: @kemalmochtar/Instagram)
Hitung kalori, cara Kemal pertahankan berat badan ideal (Foto: @kemalmochtar/Instagram)

Setelah berat badannya berhasil turun, Kemal mengaku masih terus berupaya agar bobot tubuhnya tetap stabil di rentang ideal. Kini berat badannya stabil di kisaran 67 kilogram.

Kemal mengaku, untuk mempertahankan bentuk tubuhnya yang sekarang, ia harus menghitung kalori setiap makanan yang dikonsumsi.

“Semua saya hitung kalorinya. Dari pagi, roti atau nasi berapa kalori. Saya boleh ngemil, saya tetap hitung kalori. Saya make sure gak lebih dari 2000 kalori. Kalau lebih, saya olahraga. Saya ingin setiap hari 1000 kalori terbakar,” kata Kemal.

Ia tidak ingin usahanya untuk menjadi lebih sehat dengan menurunkan berat badan jadi sia-sia karena malas menghitung kalori. Sebagai contoh, ketika ia banyak makan di pagi hari, ia akan mengurangi asupan makanan di siang harinya.

“Kalo siangnya gue makan lagi, jadinya kelebihan kalori yang nantinya jadi lemak,” lanjut Kemal yang masih memiliki tujuan lain yang ingin ia capai: memiliki perut six pack.

Lalu setelah Kemal yang dulu bertransformasi menjadi Kemal sekarang dengan tubuh yang proporsional, akankah kanal YouTube miliknya – yang berisi perjalanan kulinernya – tutup begitu saja?

Kemal menggeleng. Ia masih akan mempertahankannya, karena tujuan awal berdirinya channel tersebut adalah untuk menarik minat masyarakat mengunjungi atau berkeliling Indonesia untuk makanan khas Nusantara. Dan misi itu masih terus dijalankannya. Tentu kali ini dengan menjadi Kemal Mochtar yang lebih sehat.

Ya, Kemal Mocthar memang seakan tak henti-hentinya menginspirasi dan membagikan hal positif. Usaha kerasnya dalam menurunkan berat badan sukses membuahkan tubuh ideal yang diimpikannya. Dan dengan tubuh lebih sehat, Kemal masih ingin mewujudkan misi besarnya menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata kuliner lewat kanal YouTube-nya.  

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓