Kena Cacar Monyet, Berapa Lama Akan Sembuh?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 15 May 2019, 15:30 WIB
Penyakit cacar monyet menghebohkan Singapura. Jika sampai terkena, berapa lama orang biasanya akan sembuh?
Kena Cacar Monyet, Berapa Lama Akan Sembuh? (Getty/Images)

Klikdokter.com, Jakarta Kasus cacar monyet di Singapura sempat menghebohkan dan membuat warga Indonesia khawatir karena dekatnya jarak antar kedua negara. Penyakit yang disebabkan oleh virus Monkeypox ini memang mudah menular. Lalu, jika terkena, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh?

Penyakit cacar monyet pertama kali ditemukan pada 1970 di sebuah negara di Afrika, Zaire atau yang kini bernama resmi Republik Demokratik Kongo. Penyakit ini identik dengan lenting di sekujur tubuh, tapi lentingnya lebih rapat. Sama seperti cacar jenis lain, cacar monyet juga ditandai dengan demam tinggi.

Penyakit ini bertipe zoonis atau penyakit pada binatang yang dapat ditularkan kepada manusia secara langsung atau melalui serangga. Virus cacar monyet dapat masuk ke dalam tubuh melalui area kulit yang terluka, saluran pernapasan, dan mukosa membran seperti mata, hidung, atau mulut.

Selain itu, virus cacar monyet juga bisa menyebar lewat kontak langsung manusia dengan cairan tubuh, darah, atau kulit dari hewan yang terinfeksi, serta dari manusia yang terjangkit ke manusia lainnya. Hewan yang sering terinfeksi biasanya adalah monyet, tupai, dan tikus Gambian.

Durasi penyembuhan cacar monyet

Jika ada seseorang yang terkena virus ini, penyembuhannya akan cukup memakan waktu. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, itu bisa memakan waktu sampai sebulan untuk bisa sembuh total.

"Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cacar biasa. Selain itu, penyakit cacar monyet ini sifatnya bisa sembuh dengan sendirinya, tapi karena sifatnya yang infeksius, orang jadinya pada takut," ujar dr. Dyah Novita.

"Biasanya, rata-rata cacar monyet akan sembuh dalam 2 minggu. Tetapi, ini sebenarnya tergantung daya tahan tubuh seseorang yang terkena. Perlu diingat, 2 minggu itu tidak berarti Anda sembuh total. Itu Anda berangsur-angsur pulih. Kalau total sampai lentingnya sembuh, bisa sampai 4 minggu. Rentangnya sih rata-rata 2-4 minggu," jelas dr. Dyan Novita.

Ya, daya tahan tubuh Anda memiliki peran penting dalam penyembuhan penyakit ini. Jika daya tahan tubuh Anda baik, itu bisa lebih cepat sembuh, dalam arti lentingnya bisa cepat kering.

1 of 2

Mencegah penyakit cacar monyet

Namun, sebelum terkena cacar monyet, tentu akan lebih baik jika bisa mencegahnya sejak awal. Penyakit ini bisa dicegah lewat beberapa cara, antara lain adalah:

  • Hindari kontak langsung dengan hewan yang berpotensi menyebarkan virus seperti primata.
  • Isolasi segera pasien yang punya risiko tinggi terhadap penyakit ini.
  • Laporkan kepada petugas kesehatan setempat jika menemukan hewan dengan gejala seperti mata berair dan terdapat luka di area kulit.
  • Hindari kontak dengan materi yang terpapar hewan yang sudah terjangkit cacar monyet.
  • Rutin cuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setiap akan makan dan setelah kontak dengan hewan atau pun orang yang sakit.
  • Lakukan vaksinasi. Walaupun sampai saat ini belum ada vaksin khusus untuk mencegah cacar monyet, tetapi vaksin cacar variola masih bisa digunakan. Menurut penelitian, vaksin cacar variola bisa memberikan perlindungan terhadap infeksi cacar monyet hingga sebesar 85 persen.
  • Memakai masker jika berada di area endemis penyakit cacar monyet karena penularan dapat terjadi saat penderitanya batuk dan bersin. Virus juga terdapat dalam droplet (partikel kecil) yang berasal dari lendir pernapasan penderita.
  • Jangan mengonsumsi bushmeat (wildmeat atau game meat), yaitu jenis daging dari hewan liar seperti simpanse, gorila, antelop, hewan reptil, hingga burung dari hutan tropis.

Jadi, penyakit cacar monyet ini membutuhkan waktu sampai sekitar sebulan untuk bisa sembuh total. Sebagai langkah antisipasi, ketahui langkah-langkah pencegahannya, agar Anda dapat terhindar dari penyakit ini.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓