Menu Buka Puasa Tanpa Nasi ala Cinta Laura, Bagaimana Manfaatnya?

Oleh Ayu Maharani pada 15 May 2019, 16:00 WIB
Cinta Laura membagikan resep menu buka puasa tanpa nasi lewat IGTV. Benarkah lebih sehat?
Menu Buka Puasa Tanpa Nasi ala Cinta Laura, Bagaimana Manfaatnya? (Foto: Bayu Herdianto/Kapanlagi)

Klikdokter.com, Jakarta Aktris dan penyanyi Cinta Laura Kiehl, baru-baru ini membagikan menu buka puasa versinya. Tanpa mengonsumsi nasi, menu ini diklaim Cinta akan lebih sehat.

Dilansir dari Liputan6.com, Cinta bahkan membagikannya lengkap dengan video memasaknya di fitur IGTV. Di situ, Cinta membuat sebuah menu sehat yang bisa disantap untuk berbuka puasa.

Dalam video tersebut, Cinta Laura memberikan tutorial cara membuat salad dan juga salmon panggang. Salad yang ia buat adalah rocket salad atau campuran dari berbagai macam dedaunan hijau yang di atasnya sering ditaburi keju parmesan.

Satu daun yang menjadi ciri khas rocket salad adalah daun arugula. Sedangkan untuk proteinnya, Cinta membumbui salmon dengan minyak zaitun, garam, lada, dan jeruk nipis. Setelah itu, ia memanggangnya di oven selama 25 menit dengan suhu 200 derajat Celsius. Dan, jadilah menu sehat untuk berbuka ala Cinta Laura!

Tidak ada karbohidrat dalam menu sehatnya

Jika Anda perhatikan, menu sehat Cinta Laura hanya terdiri atas protein, lemak, dan serat. Ya, protein dan lemak didapat dari daging salmon yang ia olah, sementara serat dan vitamin ia dapatkan dari salad. Tidak ada karbohidrat, apalagi nasi putih dalam menunya.

Kalau sudah begitu, apakah menu “sehat” ala Cinta Laura ini dapat dikatakan sehat? Sebab, orang yang berbuka puasa tentu saja membutuhkan asupan karbohidrat untuk mengembalikan energinya atau menetralkan kembali gula darahnya. Sedangkan dalam menu ini, sama sekali tidak ada karbohidrat, sehingga orang yang memakannya mungkin rentan mengalami lemas.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter apa yang disajikan oleh Cinta Laura itu memang cukup sehat. Dia tidak menggunakan teknik memasak yang rumit, sehingga kandungan gizi dari bahan makanan tidak hilang. Tidak digoreng dan tidak menggunakan bumbu-bumbu penyedap sintetis.

Sayangnya, menu tersebut tidak bisa dikatakan sempurna sehatnya karena kandungan gizi yang tidak seimbang alias tidak ada karbohidrat. Padahal, karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk dipecah menjadi glukosa, sehingga orang yang habis berpuasa bisa mendapatkan energinya kembali.

“Jadi, seharusnya tetap ada asupan karbohidrat di dalam menu sehat Cinta Laura,” jelas dr. There.

1 of 2

Nasi putih bisa diganti karbohidrat lain

Mungkin saja, ketiadaan karbohidrat dalam menu berbuka puasa itu demi mencegah tingginya kadar kalori. Semakin tinggi kalori yang dimakan, risiko mengalami kegemukan memang akan semakin tinggi. Namun, dalam konteks berbuka puasa, sekali lagi, karbohidrat harus ada.

“Lagi pula, karbohidrat itu tidak hanya nasi putih saja. Bisa saja pakai nasi merah. Nasi merah itu tetap bisa menjaga kestabilan gula darah, asalkan porsinya juga tidak kebanyakan,” tambah dr. There.

Kalaupun nasi merah dianggap tidak cocok dengan salad dan salmon panggang, maka gunakan saja kentang, pasta, atau roti gandum.

Menu sehat adalah menu yang kandungan gizinya seimbang dan porsi atau kalorinya sesuai. Jika Cinta Laura tidak ingin menggunakan kentang, pasta, atau roti gandum, setidaknya dia bisa membuat smoothies atau jus buah.

Pasalnya, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, buah juga mengandung karbohidrat.

“Iya, gula sederhana pada buah akan mudah dicerna dan dapat segera dipakai tubuh sebagai pasokan energi, sehingga tidak menyebabkan kantuk,” jelas dr. Astrid.

Menu buka puasa a la Cinta Laura memang cukup sehat. Sebab, bahan yang dia gunakan semuanya mengandung nutrisi, seperti salmon dan juga sayur-sayuran. Sehingga, manfaat yang didapat adalah terjaganya kadar kolesterol serta pembuluh darah karena adanya kandungan omega-3 pada salmon.

Andai saja dalam menu buka puasa sehatnya Cinta Laura menambahkan asupan karbohidrat seperti yang disarankan di atas, maka, semakin sehatlah menu tersebut.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓