5 Kebiasaan Keluarga Sehat

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 15 May 2019, 14:40 WIB
Keluarga sehat adalah idaman semua orang. Beberapa kebiasaan berikut ini bisa membantu Anda mewujudkannya.
5 Kebiasaan Keluarga Sehat (ESB-Professional/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan untuk mewujudkan keluarga sehat. Kebiasaan hidup sehat bisa dimulai dari keluarga yang merupakan unit terkecil dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda sebagai orang tua sudah mulai menerapkan gaya hidup sehat, anak-anak pun akan mengikutinya.

Hari ini 15 Mei diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional. Salah satu tujuan peringatan hari ini adalah untuk menyadarkan setiap keluarga agar tetap sehat dan produktif. Mengenai hal ini, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter menanggapi.

"Sayangnya, meski sudah berkeluarga, tidak semua orang mengerti bagaimana merawat dan menjaga kesehatan keluarga. Tak sedikit juga yang bersikap tak acuh dan baru menyadarinya ketika ada anggota keluarga yang sakit," kata dr. Sepriani.

Sebuah keluarga bisa dikatakan memiliki hidup yang sehat jika secara konsisten bisa menjalankan pola hidup yang mendukung untuk membangun kesehatan para anggotanya.

Kebiasaan keluarga sehat

Ada beberapa kebiasaan yang membuat sebuah keluarga dianggap sehat. Beberapa di antaranya mungkin bisa Anda terapkan juga:

1. Berjalan-jalan bersama keluarga

Aktivitas ini memiliki manfaat yang luar biasa, bukan sekadar aktivitas tanpa guna. Pada akhirnya, jalan-jalan dengan keluarga adalah salah satu cara menikmati quality time bersama anggota keluarga lainnya sehingga bisa meningkatkan ikatan emosional.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat penuh nutrisi dan gizi adalah suatu keharusan bila Anda ingin menciptakan keluarga sehat. Apalagi, bagi anak-anak yang sedang menjalani masa pertumbuhan. Menurut dr. Sepriani, pastikan keluarga Anda mengonsumsi menu makanan yang mengandung gizi seimbang.

3. Mendaki gunung, menikmati alam

Aktivitas ini sering dilakukan oleh banyak keluarga dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya para ayah akan mengajak anak mereka mendaki gunung sambil belajar menikmati alam.

Saat Anda melakukan aktivitas ini bersama anak, sampaikan kepada buah hati Anda bahwa kebugaran bukan sekadar membakar kalori, tetapi menjalankan gaya hidup aktif dan meningkatkan kecintaan pada alam terbuka.

4. Berkebun

Berkebun memiliki dampak positif luar biasa bagi fisik dan mental Anda. Sementara itu, sebuah studi di Belanda mengatakan bahwa berkebun dapat menangkal stres, bahkan lebih baik daripada kegiatan relaksasi lainnya. Studi lainnya di Norwegia menyebutkan bahwa berkebun mungkin bisa membantu Anda terhindar dari depresi.

5. Rutin berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Jika dilakukan bersama dengan keluarga, tentu akan sangat menyenangkan dan membuat Anda bersemangat menjalaninya.

"Sama halnya dengan makan sehat, olahraga juga adalah salah satu investasi masa depan. Jika dilakukan secara teratur, olahraga membuat jantung dan paru-paru tetap sehat, otot dan tulang tetap kuat, tubuh pun senantiasa bugar," kata dr. Sepriani.

Berbagai hal di atas adalah beberapa hal yang biasa dilakukan oleh keluarga sehat. Momentum Hari Keluarga Internasional kali ini harapannya bisa menyadarkan masyarakat tentang betapa pentingnya kesehatan dalam keluarga serta menjalani hidup sehat. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai hidup sehat!

[NP/ RVS]