Lansia Rentan Terkena Pneumonia seperti Doris Day?

Oleh Ayu Maharani pada 15 May 2019, 17:00 WIB
Pneumonia merenggut jiwa penyanyi legendaries Doris Day di usia 97. Benarkah lansia rentan terhadap penyakit paru-paru ini?
Lansia Rentan Terkena Pneumonia seperti Doris Day? (Doris-day/Facebook)

Klikdokter.com, Jakarta Senin (13/05), penyanyi sekaligus aktris Hollywood, Doris Day, meninggal dunia di usia yang ke-97 akibat penyakit pneumonia. Dilansir dari Liputan6.com, kabar duka itu beredar setelah yayasan hewan milik Doris Day, yakni Doris Day Animal Foundation memberikan keterangan resmi soal kabar kematian pelantun lagu “Que Sera Sera” yang telah masuk fase lansia tersebut.

Dalam informasi yang disampaikan, Doris mengalami penyakit pneumonia baru-baru ini. Sehingga, muncul spekulasi bahwa semakin tua usia seseorang (lansia), semakin tinggi pula risiko untuk terkena pneumonia.

Hal itu pun kemudian ditanggapi oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. Menurutnya, anggapan bahwa lansia rentan terkena pneumonia benar adanya.

Infeksi paru seperti pneumonia mudah sekali menjangkiti lansia karena ada tiga faktor, yaitu perubahan fisiologi akibat proses penuaan, penurunan imunitas tubuh, serta frekuensi gerak yang kurang.

  • Perubahan fisiologi tubuh

Ketika orang menjadi tua, ia akan kembali lagi menjadi anak-anak. Jika Anda pernah mendengar tentang hal tersebut, ketahuilah bahwa tersebut memang benar, terutama soal fungsi tubuh dan imunitas.

Lansia mengalami perubahan fisiologi akibat proses penuaan sehingga fungsi paru-paru tidak lagi sebaik saat masih di usia produktif. Kondisi paru yang memang sudah tidak optimal itu sangat mudah diserang penyakit, salah satunya pneumonia.

  • Imunitas tubuh yang menurun

Andai kata fungsi parunya masih cukup baik, jangan lupakan faktor imunitas tubuh yang menurun. Seiring bertambahnya usia, kualitas kekebalan tubuh lansia juga akan memburuk. Hal ini membuat mereka rentan terserang bakteri atau virus penyakit, yang kemudian akan merusak fungsi organ yang sebenarnya masih baik.

  • Jarang beraktivitas fisik

Menurut dr. There, lansia yang sedari awal sudah memiliki penyakit tertentu sehingga harus beristirahat di tempat tidur alias bed rest memiliki kemungkinan yang lebih tinggi mengalami pneumonia.

Sebenarnya ada satu lagi faktor yang membuat lansia rentan terhadap pneumonia, yaitu kebiasaan merokok. Jika sedari muda sudah menjadi perokok, maka saat usia tua dirinya akan lebih berisiko mengalami pneumonia.

1 of 2

Mencegah pneumonia pada lansia

Lansia Rentan Terkena Pneumonia seperti Doris Day? (Kateryna-Kon/Shutterstock)
Lansia Rentan Terkena Pneumonia seperti Doris Day? (Kateryna-Kon/Shutterstock)

Meski usia berbanding lurus dengan peningkatan risiko pneumonia, bukan berarti lansia hanya berpasrah diri. Cobalah lakukan langkah pencegahan berikut ini, agar lansia tetap sehat dan bebas dari penyakit tersebut.

  • Dapatkan vaksin pneumonia

Ada dua tipe vaksin untuk mencegah pneumonia, yaitu pneumokokal konjugat 13-valent (PVC-13) dan pneumokokal polisakarinda (PPSV23). Vaksin PVC-13 diberikan pada orang berusia 50 tahun ke atas, sedangkan vaksin PPSV23 diberikan pada usia 60 tahun ke atas.

  • Hentikan kebiasaan merokok

Satu batang rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat merusak sistem pertahanan jaringan paru terhadap infeksi. Dengan demikian, risiko pneumonia dan gangguan paru lainnya lebih mungkin terjadi.

Jadi, jika Anda tak ingin mengalami pneumonia di kemudian hari, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

  • Jaga sistem imunitas tubuh

Cara mudah untuk memelihara sistem imunitas tubuh adalah dengan mencukupi waktu tidur, menerapkan pola makan sehat, banyak minum air putih, berolahraga secara rutin, dan pintar mengelola stres. Bila sistem imunitas kuat, kemungkinan terkena penyakit apa pun akan berkurang.

Lansia memang rentan terkena pneumonia karena beberapa faktor. Segera terapkan upaya pencegahan agar risiko penyakit paru seperti yang merenggut nyawa penyanyi Doris Day bisa berkurang. Dan apabila sudah timbul gejala seperti batuk berdahak dan sesak napas, segera periksakan diri ke dokter agar pneumonia bisa segera diatasi sebelum terlambat.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓