Minyak Kelapa Sawit Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Oleh Novita Permatasari pada 18 May 2019, 08:00 WIB
Ingin kulit dan rambut Anda sehat dan cantik? Yuk, gunakan minyak kelapa sawit merah!
Minyak Kelapa Sawit Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut (Kenary820/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kecantikan kulit dan rambut merupakan dua hal yang tak pernah luput dari perhatian para wanita. Jika ingin melakukan perawatan kecantikan dari bahan alami, minyak kelapa sawit merah bisa jadi salah satu pilihan Anda.

Manfaat minyak kelapa sawit merah untuk kecantikan

Sejak zaman dahulu, minyak sudah digunakan sebagai losion untuk kulit dan rambut. Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan produk kecantikan yang menjanjikan hasil spektakuler.

Namun, minyak kelapa sawit merah yang mengandung vitamin E dan karotenoid memberikan “angin segar” bagi para wanita yang menginginkan perawatan dengan bahan alami.

Ditambah lagi, vitamin E yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antioksidan. Dalam minyak kelapa sawit ini sendiri terdapat tokoferol dan tokotrienol yang merupakan bagian dari vitamin E.

Tokotrienol dalam jumlah tinggi pada minyak kelapa sawit merah ini bermanfaat melindungi kulit dan rambut dari sinar matahari serta membantu memperbaiki jaringan kulit. Sedangkan tokoferol juga membantu menjaga kesehatan kuli.

Selain itu, dalam minyak sawit merah juga terdapat karoten, yang membuatnya menjadi berwarna merah. Kandungan zat ini sama seperti yang terdapat pada wortel dan tomat. Bedanya, karotenoid dalam minyak sawit merah 300 kali lebih banyak.

Tapi, karoten lebih dari sekadar warna. Zat ini membantu melindungi Anda dari sinar matahari selayaknya losion SPF 15 dan menghalangi kulit terpapar sinar radiasi UV. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Chromatographic Science menyebutkan bahwa minyak kelapa sawit sendiri adalah sumber utama karoten.

1 of 2

Tips menggunakan minyak kelapa sawit merah untuk kulit dan rambut

Melihat berbagai manfaat yang diberikan dari minyak sawit merah di atas, tak ada salah nya bila Anda ingin mencoba menggunakan bahan alami ini. Berikut ini kiatnya.

  • Pemakaian untuk kulit

Oleskan saja minyak kelapa sawit merah langsung ke kulit, dan gosok perlahan. Percikkan sedikit air untuk memaksimalkan kinerja zat-zat yang terkandung di dalamnya, sekaligus mengurangi risiko dehidrasi. Dengan cara ini, minyak kelapa sawit merah dapat mengunci kelembapan kulit.

Satu yang perlu Anda perhatikan, minyak kelapa sawit merah dapat meninggalkan noda kuning pada pakaian, atau furnitur. Jadi, perhatikan pemakaiannya agar tidak membekas di benda kesayangan Anda.

Selain menggunakan minyak ini, dr. Jessica Florencia dari KlikDokter juga menyarankan Anda untuk membersihkan kulit sebanyak dua kali sehari.

“Membersihkan kulit sebaiknya jangan terlalu sering, tapi juga jangan terlalu jarang, cukup dua kali saja. Karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan dan produk kecantikan yang menempel di kulit dibersihklan sebelum tidur malam,” ucapnya.

  • Pemakaian untuk rambut

Demi mendapatkan rambut yang cantik dan sehat, tuangkan sesendok minyak sawit merah ke telapak tangan, ratakan lalu usapkan dengan lembut ke ujung rambut Anda. Minyak kelapa sawit merah akan menawarkan perlindungan alami saat rambut Anda berada di bawah sinar matahari, atau saat terpapar garam, klorin dan zat berbahaya lainnya.

Selain itu, perawatan ini akan membuat rambut Anda lebih lembut. Bila Anda memiliki jenis rambut keriting, dilansir dari Livestrong, jenis minyak ini amat baik untuk merawat rambut Anda.

Minyak kelapa sawit merah mungkin belum terlalu populer di Indonesia. Namun, nyatanya, minyak ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut Anda. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓