Zero Belly Diet, Hilangkan Perut Buncit dalam Waktu Singkat

Oleh Novita Permatasari pada 17 May 2019, 16:40 WIB
Sudah dengar tentang zero belly diet? Tren diet ini sedang ramai di New York karena menjanjikan dapat memangkas perut buncit dalam waktu singkat.
Zero Belly Diet, Hilangkan Perut Buncit dalam Waktu Singkat (Image-Point-Fr/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bila sebelumnya Anda telah mengenal diet keto, kini ada zero belly diet yang tengah menjadi “buah bibir” para pelaku diet di New York. Jenis diet ini dianggap cukup sukses untuk menghilangkan perut buncit dalam waktu yang tak lama.

Dalam menjalankan program diet ini, Anda masih diperbolehkan makan daging, namun harus yang tanpa lemak. Selain itu, beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran berwarna, kacang-kacangan, biji-bijian dan cokelat hitam.

Secara keseluruhan, menu diet yang ditawarkan termasuk ideal untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, menu tersebut juga lebih efisien untuk membakar lemak dibandingkan program diet lainnya.

Beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat menjalankan program diet ini adalah gandum, kentang, produk susu, minyak murni seperti minyak bunga matahari dan minyak kedelai, makanan olahan, soda, alkohol dan gula halus. Untuk kopi, konsumsinya dibatasi hanya sampai 1 cangkir dalam sehari.

Selain itu, zero belly diet membutuhkan setidaknya konsumsi smoothie yang dibuat dengan bubuk protein vegetarian, susu, buah beku dan selai kacang. Bahan-bahan membuat smoothie ini bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Hilangkan perut buncit dalam waktu singkat

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan dari KlikDokter, perut buncit terjadi ketika seseorang mengalami kelebihan lemak di dalam jaringan perut.

“Menurut penelitian, perut buncit berhubungan erat dengan berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung,” jelasnya. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk menjalankan gaya hidup sehat agar terhindar dari kondisi ini.

Hingga kini telah banyak orang yang mencoba jenis diet ini. Mereka mengatakan bahwa zero belly diet memang dapat bekerja cepat membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang disebutkan dalam buku “Eat This, Not That” milik Zinczenko, seorang jurnalis kebugaran terkenal.

Dalam menulis bukunya, Zinczenko menggunakan responden sebanyak 500 orang untuk menguji coba zero belly diet. Hasilnya menunjukkan bahwa program diet tersebut memang dapat menurunkan berat badan dalam waktu cepat.

Dilansir dari Verywell Fit, Chrissy Carol, RD, MPH selaku ahli nutrisi menyatakan bahwa pembatasan kalori sangat membantu dalam mematikan gen lemak. Itu sebabnya zero belly diet bisa efektif menurunkan berat badan dan mengecilkan lemak visceral di perut yang membuatnya terlihat buncit.

Dilihat dari segi kesehatan, orang yang memiliki tumpukan lemak visceral berisiko tinggi mengalami resistensi insulin dan kenaikan kadar gula darah. Keduanya dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung. Hal ini sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan di atas.

1 of 2

Tips menjalankan zero belly diet

Bila ingin menjalankan diet ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah rutinitas setiap harinya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan manfaat dari diet tersebut:

1. Siapkan bahan smoothie untuk seminggu

Agar diet terasa lebih mudah dijalani, siapkan beberapa bahan penting dalam jumlah besar pada awal minggu, termasuk pisang beku untuk smoothie dan quinoa untuk makan. Buatlah makanan dan minuman sesaat sebelum akan dikonsumsi agar vitamin di dalamnya tidak teroksidasi.

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih setiap hari adalah cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari jenis diet ini. Menurut Zinczenko, Anda direkomendasikan minum 8 gelas air setiap hari.

3. Mengontrol asupan meski sedang cheating

Meski cheating atau makan sekali seminggu diperbolehkan pada diet ini, konsumsinya tak boleh berlebihan. Batasannya adalah makan bebas satu kali dalam seminggu, bukan makan selama satu hari penuh.

Sekilas, zero belly diet mungkin terkesan sulit untuk dilakukan. Sebab, menu makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi pun terbatas. Meski demikian, untuk menghilangkan perut buncit, tak ada salahnya Anda berusaha lebih keras. Bagaimana, Anda tertarik mencoba diet ini?

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓