4 Olahraga yang Membakar Banyak Kalori

Oleh dr. M. Dejandra Rasnaya pada 19 May 2019, 08:30 WIB
Berat badan tidak kunjung ideal, meski Anda sudah olahraga rutin untuk membakar kalori? Cari tahu apa sebabnya di sini!
4 Olahraga yang Membakar Banyak Kalori (Monkey-Business-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan salah satu pola hidup yang sangat disarankan untuk semua orang tanpa melihat usia, dan jenis kelamin. Pria maupun wanita, anak-anak hingga lansia, semua disarankan untuk berolahraga sesuai kemampuan dan keperluan masing-masing.

Banyak sekali manfaat yang didapat tubuh dari olahraga. Di antaranya membuat tubuh bugar, membentuk otot, menyehatkan jantung, mendapatkan rasa puas dan bahagia, serta membakar kalori dan lemak tubuh. Manfaatnya, olahraga bisa  mencegah penyakit metabolisme seperti obesitas, kolesterol, diabetes, hipertensi, stroke, dan gangguan jantung.

Selama ini Anda sudah rutin berolahraga? Bagus! Tapi apakah berat badan ideal yang Anda harapkan sudah tercapai? Jika belum, untuk menurunkan berat badan memang dipengaruhi dua hal, yaitu diet atau pola makan dan olahraga.

Olahraga sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu aerobik dan anaerobik, yang dibedakan dari intensitas, durasi, dan kelompok otot yang digunakan.

Olahraga aerobik atau biasa disebut cardio adalah olahraga yang menggunakan kelompok otot besar, dilakukan dalam durasi yang panjang dan ritmik. Pembakaran energinya dilakukan secara perlahan menggunakan oksigen yang Anda hirup saat bernapas.

Sementara olahraga anaerobik adalah aktivitas fisik dengan intensitas tinggi dan dengan durasi yang pendek, sehingga menggunakan cadangan energi secara cepat, langsung dari otot. Contohnya adalah angkat beban. Anaerobik bertujuan meningkatkan massa otot.

1 of 2

Pilihan olahraga untuk membakar kalori

Dan olahraga yang lebih disarankan untuk menurunkan berat badan adalah olahraga aerobik (cardio) karena membakar kalori dan lemak tubuh. Di bawah ini adalah beberapa olahraga yang membakar banyak kalori:

  • Jogging atau lari

Jogging atau lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak biaya. Zaman sekarang, lari dan jogging bisa dilakukan di mana saja, mulai dari di daerah sekitar perumahan, lokasi car free day (CFD), bahkan juga bisa dilakukan di dalam ruangan seperti di pusat kebugaran.

Meski begitu, olahraga ini mampu membakar banyak kalori karena menggunakan banyak otot untuk bergerak. Apalagi jika dikombinasikan dengan turunan, tanjakan, dan interval dengan sprint (berganti kecepatan tinggi dan rendah secara interval).

  • Berenang

Sama halnya dengan jogging dan lari, berenang juga menggunakan hampir semua otot besar pada tubuh untuk bergerak, tergantung gaya berenang yang diterapkan. Ketika Anda berada di dalam air, tidak terasa jika berkeringat dan ada tenaga tambahan yang dilakukan untuk melawan tekanan air terhadap gerakan tubuh, sehingga kalori yang terbakar semakin banyak dan Anda tidak sadar sudah melakukannya.

  • Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan karena Anda bisa berjalan jauh dengan hanya mengayuh sepeda. Olahraga ini juga membakar banyak kalori karena Anda tidak mudah lelah ketika bersepeda dan dapat melakukannya dalam durasi yang lebih lama dari berlari atau berenang, apalagi jika dilakukan berkelompok dengan rekan-rekan Anda. Bersepeda juga dapat dikombinasikan dengan tanjakan, turunan, dan mengganti gigi pada jenis sepeda gunung agar memberi tahanan lebih untuk otot kaki.

  • Lompat tali

Olahraga ini juga merupakan salah satu yang mudah dan murah dilakukan karena hanya bermodal tali dan dapat dilakukan di mana saja. Selain melatih otot kaki dan tangan, lompat tali juga melatih koordinasi dan gerakan tubuh Anda. Lompatan-lompatan kecil yang dilakukan berulang kali dilakukan dapat membakar banyak kalori, sehingga dapat menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal.

Pada dasarnya, olahraga aerobik seperti di atas dapat membakar lebih banyak kalori dibanding dengan olahraga anaerobik seperti angkat beban. Meskipun begitu olahraga lain dengan intensitas tinggi seperti mengikuti kelas zumba, bela diri, olahraga kompetitif seperti sepakbola, futsal, basket juga boleh dilakukan.

Semua tetap tergantung intensitas dan durasi olahraga yang dilakukan. Olahraga yang disarankan untuk dipenuhi adalah minimal 4 kali dalam seminggu, dengan durasi minimal 30 menit. Karena sebelum 30 menit, yang akan dibakar tubuh sebagai sumber energi adalah dari apa yang Anda makan, bukan lemak yang menumpuk pada tubuh, sehingga tidak akan menurunkan berat badan.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓