Tips Fitness bagi Pemula, Perlukah Pakai Personal Trainer?

Oleh dr. M. Dejandra Rasnaya pada 20 May 2019, 12:00 WIB
Sebagai pemula yang baru mencoba fitness, bimbingan seorang personal trainer terasa sangat diperlukan. Namun, apakah memang selalu demikian?
Tips Fitness bagi Pemula, Perlukah Pakai Personal Trainer? (Bojan Milinkov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini animo sebagian masyarakat untuk melakukan olahraga di tempat fitness alias pusat kebugaran (gym) terbilang cukup tinggi. Tidak dimungkiri, berolahraga di tempat fitness memang lebih menguntungkan. Ini karena tempat tersebut menyediakan berbagai alat pendukung segala yang dibutuhkan, sehingga menurunkan berat badan atau membentuk massa otot dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Di sisi lain, banyaknya alat olahraga yang tersedia di tempat fitness juga bisa membingungkan. Kondisi ini paling sering dirasakan oleh pemula yang baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat tersebut.

Maka, sebagai solusi dari hal tersebut, tempat fitness biasanya menawarkan jasa personal trainer. Para pelatih tersebut ditugaskan sebagai instruktur pribadi yang akan memberikan panduan pada pemula secara detail.

Sayang, harga yang ditawarkan untuk mendapatkan jasa personal trainer tidaklah murah. Lantas, apakah biaya yang cukup mahal itu sesuai dengan kebutuhan dan target seorang pemula dalam dunia fitness?

Personal trainer untuk pemula

Merogoh kocek agak dalam untuk menyewa seorang personal trainer bukanlah hal merugikan, apalagi jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia fitness yang benar-benar ingin merasakan manfaat olahraga untuk kesehatan.

Jika Anda memang membutuhkan bimbingan bagaimana menjalankan latihan dengan benar, kehadiran personal trainer bisa bermanfaat untuk:

  • Menentukan target latihan

Banyaknya alat dan fasilitas olahraga yang tersedia di tempat fitness membuat para pemula bingung harus menggunakan alat yang mana, bagaimana caranya dan apa manfaat yang dirasakan.

Dalam hal ini, personal trainer dapat membantu, misalnya untuk menjelaskan dasar-dasar fitness, penggunaan alat dan tujuannya, serta menyiapkan program realistis sesuai target yang Anda inginkan.

1 of 2

Selanjutnya

  • Modal awal untuk nanti

Sebagai pemula, Anda mungkin akan bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana. Latihan di tempat fitness hanya berdasar dengan mengamati orang lain, bertanya sana sini, atau mencari informasi dari internet.

Jika Anda menggunakan jasa personal trainer, kebingungan tersebut tentu tidak akan terjadi. Sebab dengan hadirnya personal trainer, Anda bisa melakukan latihan bersama dan bebas bertanya apa saja seputar gerakan latihan yang benar. Hal ini tentu akan membuat Anda mandiri dalam melakukan latihan di kemudian hari.

  • Teman saat olahraga

Jenis olahraga apa pun akan terasa membosankan jika Anda melakukannya sendiri, apalagi jika tidak punya motivasi yang besar. Hal ini bisa diatasi dengan hadirnya seorang personal trainer.

Ya, orang yang menjadi pelatih pribadi Anda siap menjadi teman olahraga di gym. Ia tidak hanya siap menemani Anda, tetapi juga membantu pada saat pemanasan, peregangan, mengangkat beban, menghitung repetisi, dan pendinginan setelah olahraga.

  • Memberikan motivasi dan tantangan baru

Selain menjadi teman, personal trainer juga akan memberikan motivasi untuk Anda dalam mencapai target yang diharapkan. Ketika Anda mulai jenuh dan lelah, personal trainer siap memberikan Anda dorongan agar semangat Anda muncul kembali.

Tak hanya itu, ketika Anda sudah merasa latihan secara maksimal, personal trainer juga bisa memberikan program latihan baru. Ini membuat tantangan menjadi semakin banyak dan variatif. Hasilnya, performa Anda juga bisa terus meningkat.

  • Menyesuaikan dengan kondisi

Ketika Anda mengalami kondisi khusus, misalnya cedera pada sendi, skoliosis (tulang punggung bengkok), atau hamil tetapi tetap ingin melakukan fitness, jasa personal trainer dapat membantu. Asalkan kondisi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Hal-hal di atas dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda yang ingin menggunakan jasa personal trainer untuk membantu olahraga di tempat fitness. Namun demikian, perlu atau tidaknya kehadiran pelatih pribadi itu dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda. Jika memang Anda merasa sangat perlu dan memiliki bujet yang memadai, tak ada salahnya menyewa personal trainer. Namun jika sebaliknya, tidak perlu  dipaksakan.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓