Manfaat Sehat Timun Suri untuk Buka Puasa

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 21 May 2019, 17:00 WIB
Selain blewah, timun suri sering menjadi pilihan untuk buka puasa. Kenali manfaat timun suri untuk kesehatan.
Manfaat Sehat Timun Suri untuk Buka Puasa (Sony-Herdiana/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Timun suri berasal dari keluarga labu (Cucurbitaceae). Daging timun suri berwarna putih, lembut, dan bertekstur lunak sangat cocok dijadikan bahan es buah untuk buka puasa. Meski sering dihidangkan di bulan Ramadan sebagai salah satu menu berbuka, apakah Anda tahu manfaat timun suri untuk kesehatan?

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter selayaknya buah, timun suri juga mengandung serat, vitamin, dan kaya akan cairan.

“Orang yang berpuasa lebih dari 12 jam rentan untuk dehidrasi. Jadi konsumsi sayuran saja tidak cukup, dan bisa ditambah dengan timun suri," kata dr. Alvin.

Sayangnya, olahan timun suri sering kali ditambahi dengan sirup dan gula berlebih untuk menambah rasanya yang tawar. Padahal buah ini sendiri sudah memiliki kandungan gula yang bisa memenuhi kebutuhan glukosa dalam tubuh.

Saran dr. Alvin, lebih baik timun suri dimakan langsung tanpa campuran apapun. “Sah-sah saja kalau Anda mau pakai tambahan sirup, asalkan jangan terlalu banyak jumlah sirupnya,” kata dr. Alvin.

Manfaat timun suri untuk tubuh

Selain enak dan menyegarkan, timun suri dapat memberi Anda beberapa manfaat sehat, seperti: 

1. Sumber antioksidan

Seperti dinukil dari Mayo Clinic, timun suri mengandung zat-zat antioksidan, seperti beta karoten, vitamin C, flavonoid, lignan, dan triterpen yang punya sifat antiinflamasi. Vitamin C sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, sedangkan beta karoten bermanfaat untuk penglihatan mata.

Penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists juga mengungkapkan manfaat buah timun suri. Menurut penelitian, setiap buah yang berasal dari keluarga Cucurbitaceae dapat membasmi radikal bebas di tubuh. Seperti Anda tahu, radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.

2. Mencegah Alzheimer

Timun suri kaya akan vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga baik untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Karena itulah, mengonsumsi timun suri dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu Anda terhindar dari Alzheimer.

3. Zat anti-kanker

Timun suri juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang dimual dalam Scientific World Journal, para ilmuwan menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu menghambat jalur sinyal yang penting untuk mencegah timbulnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.

4. antu sistem pencernaan

Seperti diungkap dr. Alvin di atas, tekstur buah timun suri kaya air dan serat. Jadi tak heran kalau buah ini baik untuk pencernaan. Anda yang sering susah BAB dan menderita mag dapat makan buah timun suri.

Selain enak dan menyegarkan untuk buka puasa, manfaat timun suri amat banyak bagi tubuh.  Namun ingat, hindari menambahkan terlalu banyak gula ke dalamnya. Dengan demikian manfaat timun suri bisa Anda dapatkan dengan lebih optimal. 

[HNS/ RVS]