Jangan Lakukan Hal Ini Saat Cuci Muka

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 22 May 2019, 08:00 WIB
Awas, kesalahan saat cuci muka justru bisa membuat wajah kusam dan terlihat lebih tua. Simak penjelasannya di sini.
Jangan Lakukan Hal Ini Saat Cuci Muka (Odua Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tujuannya baik, untuk membersihkan muka. Namun jika cara yang Anda lakukan salah, cuci muka justru bisa merusak kulit, membuat keriput dan menjadikan wajah terlihat lebih kusam, bahkan tampak tua.

Parahnya lagi, kesalahan yang kerap dilakukan ini justru terlihat sederhana, padahal dampak jangka panjangnya tidak main-main bagi kesehatan kulit muka. Apa saja blunder yang biasa dilakukan ketika mencuci muka?

Mencuci muka terlalu sering

Benarkah semakin sering mencuci wajah, akan membuat muka semakin bersih? Salah!

Frekuensi mencuci wajah yang terlalu sering justru dapat membuat lapisan minyak alami di permukaan kulit wajah malah hilang. Akibatnya wajah menjadi lebih kering.

Bagi seseorang yang dasarnya memiliki tipe kulit kering, mencuci wajah berulang- ulang dalam sehari akan membuat wajahnya semakin kering. Namun hati-hati, kulit wajah yang kering sangat berisiko mengalami kerutan dini. Anda tidak mau kan wajah jadi terlihat lebih tua dari usia seharusnya?

Lalu bagaimana dengan kulit berminyak? Sama saja. Walaupun cuci wajah dipercaya bisa membersihkan kelebihan minyak yang menutup pori-pori kulit, mencuci wajah terlalu sering justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami di wajah. Akibatnya, produksi minyak akan semakin meningkat dan jerawat pun akan mudah muncul.

1 of 2

Jangan lakukan 5 hal ini terlalu sering

Mencuci muka sebenarnya bukanlah hal yang sepele meski mudah dilakukan. Ada beberapa “aturan” yang harus dipatuhi agar mencuci muka tidak menimbulkan masalah baru bagi kulit wajah Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya jangan Anda lakukan terlalu sering saat mencuci muka:

  • Menggunakan skrub setiap hari

Salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membersihkan sel kulit mati adalah skrub. Bulir halusnya memang efekif dalam mengikis lapisan kulit terluar yang sudah rusak dan menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru. Namun sebaiknya penggunaan skrub ini tidak dilakukan setiap hari. Cukup 1-2 minggu sekali. Bila terlalu sering digunakan, skrub justru dapat membuat kulit iritasi dan menghambat pertumbuhan sel kulit baru karena terus menerus dikikis.

  • Menggunakan pembersih wajah berbahan dasar sabun

Anda termasuk tipe yang suka menggunakan pembersih wajah berbusa banyak? Hati-hati. Pembersih wajah berbahan dasar sabun dapat membuat kulit menjadi kering secara berlebihan setelah mencuci muka. Jadi banyak busa belum tentu lebih baik.

Untuk itu, akan lebih tepat jika Anda memilih produk pembersih muka yang soap-free atau bebas kandungan sabun di dalamnya. Selain membersihkan dari debu dan sisa kotoran, pembersih jenis ini juga akan menjaga lapisan kulit tetap lembap dan juga sehat.

  • Mencuci dengan air hangat

Siapa sangka mencuci muka dengan air hangat juga dapat berdampak buruk bagi kulit wajah. Faktanya, air hangat yang digunakan dapat secara berlebihan menghilangkan lapisan minyak, membuat kulit wajah jadi kering dan kusam bila dilakukan berulang-ulang. Apalagi bila suhu yang digunakan terlalu tinggi. Tidak hanya kusam, tapi juga bisa terjadi iritasi.

  • Mengeringkan dengan handuk yang sama terus menerus

Punya handuk khusus untuk mencuci wajah? Untuk kebiasaan yang satu ini juga perlu diwaspadai. Pada kain yang cenderung selalu lembap, kuman, bakteri serta jamur mudah berkembang biak. Dan jika jarang ganti handuk bakteri dan kuman dapat berpindah ke kulit muka. Seram, kan?

Punya handuk khusus memang baik, namun selalu perhatikan kebersihannya. Setelah mencuci wajah dan mengeringkannya dengan handuk, angin-anginkan handuk di area teduh yang membuatnya mudah kering. Jangan lupa juga ganti handuk secara berkala, 2-3 hari sekali.

  • Menunda pelembap karena wajah belum kering

Jangan menunggu wajah benar-benar kering dulu sebelum mengoleskan krim atau pelembap. Penyerapan krim tidak akan efektif bila dilakukan ketika wajah terlanjur kering. Sebaliknya, setelah mencuci wajah, dalam keadaan masih lembap, segera oleskan krim atau produk apapun yang akan digunakan. Dalam kelembapan ini, kulit akan lebih sempurna menyerap produk sehingga hasil yang diperoleh juga lebih maksimal.

Walau kegiatan cuci muka terlihat sederhana, ternyata ada juga rambu-rambu yang harus diperhatikan. Dengan menghindari poin-poin tersebut, kulit muka Anda akan terhindar dari kondisi kulit kering sehingga senantiasa bersih, segar, sehat dan tetap awet muda.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓