Jajanan Sekolah yang Aman untuk Anak

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 22 May 2019, 11:30 WIB
Jajanan sekolah yang aman dikonsumsi anak penting untuk Anda perhatikan. Yuk simak infonya di sini.
Jajanan Sekolah yang Aman untuk Anak (Monkey Business Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makanan yang sehat dan bergizi sangat dibutuhkan anak. Namun sayang, saat sudah mulai bersekolah, orang tua tidak dapat sepenuhnya memantau makanan yang masuk ke dalam tubuh anak. Tak jarang, anak memilih jajanan sekolah yang belum tentu terjamin kebersihannya.

Lantas, bagaimana cara memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh si Kecil di sekolah aman bagi kesehatannya?

Salah satu cara untuk memastikan si Kecil mengonsumsi makanan yang sehat di sekolah adalah dengan membawakan bekal untuknya. Meski terkadang memerlukan usaha ekstra – terutama bagi ibu bekerja – membawa bekal dari rumah bisa menghindarkan anak dari kebiasaan jajan sembarangan.

Beberapa bekal yang baik untuk si Kecil di sekolah antara lain:

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu pilihan snack yang baik karena mengandung protein dan kalsium. Kalsium sendiri memiliki manfaat bagi pertumbuhan tulang pada anak. Sebagian jenis yoghurt juga mengandung komponen yang baik bagi saluran cerna si Kecil.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang baik bagi semua orang, termasuk si Kecil. Asupan ini kaya akan serat yang dapat bermanfaat bagi saluran cerna.

  1. Telur

Telur memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi si Kecil. Selain protein, telur juga mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Selain itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis karotenoid yang baik bagi kesehatan mata.

  1. Roti isi

Roti isi adalah sumber karbohidrat yang baik untuk anak. Salah satu jenis roti isi yang dapat Anda sajikan adalah roti dengan telur, sayur, serta daging ayam, yang memiliki kombinasi protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang baik. Selain itu, sebagai alternatif, si Kecil juga dapat diberikan roti dengan isi cokelat atau keju.

Perhatikan ini saat jajan di sekolah

Selain bekal, anak terkadang akan meminta untuk membeli jajanan di sekolah. Jajan tidak sepenuhnya dilarang, tapi orang tua harus memastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih jajanan yang aman bagi si Kecil:

  1. Pastikan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi masih segar atau hangat. Utamakan makanan segar dan hangat, jangan yang sudah tersaji lama. Dalam proses penghangatan, banyak kuman yang akan mati sehingga kebersihan makanan lebih terjamin.
  2. Hindari membeli minuman yang mengandung es batu, terutama jika Anda tidak yakin apakah es batu tersebut berasal dari air bersih yang matang.
  3. Apabila kebersihan dari makanan dan minuman tersebut telah terjamin, jangan lupa untuk memilih jenis makanan yang mengandung gizi seimbang. Hal ini berarti makanan tersebut sebisa mungkin mengandung sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang cukup.

Saat buah hati Anda memasuki usia sekolah, salah satu hal yang membutuhkan perhatian orang tua adalah makanan yang dikonsumsinya. Menyediakan bekal yang sehat untuk anak dapat membuatnya lebih semangat untuk menjalani keseharian di sekolah.

Meski begitu, bukan berarti jajanan sekolah dilarang sama sekali. Hanya saja, pastikan bahwa jajanan yang dipilih anak sesuai standar kesehatan dalam hal kandungan nutrisi dan kebersihan.

[HNS/ RVS]