Kebanyakan Makan MSG Bisa Bikin Pingsan, Benarkah?

Oleh Ayu Maharani pada 22 May 2019, 14:20 WIB
Tak Cuma picu mual dan sakit kepala, terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung MSG katanya juga bisa bikin pingsan. Benar demikian?
Kebanyakan Makan MSG Bisa Bikin Pingsan, Benarkah? (Poring/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Makanan yang mengandung MSG sering kali dikeluhkan bisa memicu beragam masalah kesehatan seperti, mual, muntah, sakit kepala, bahkan pingsan. Anda yang tidak kuat dengan MSG tentu pernah mengalami salah satu gejala tersebut.

Bagi penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU), Anda tentu tahu aktor  Paul Rudd pemeran Scott Lang, si pahlawan super Ant-Man. Dilansir sebuah sumber, pria asal Amerika Serikat ini sempat bercerita di dalam acara The Tonight Show with Jimmy Fallon. Ia mengatakan bahwa dirinya pernah pingsan usai menyantap dua mangkuk sup saat pergi ke Hongkong. Rudd merasa pusing, setelah itu jatuh pingsan di kamar mandi pesawat. Setelah diusut, penyebab pusing dan hilangnya kesadaran Rudd usai menyantap chinese food itu adalah zat monosodium glutamate alias MSG.

Kenali gejala gangguan kesehatan akibat MSG

Keracunan makanan gurih mengandung MSG atau chinese restaurant syndrome seperti yang dialami oleh Paul Rudd memang sering terjadi. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, istilah chinese restaurant syndrome itu sendiri telah dikenal sejak tahun 1960-an.

“Istilah tersebut merujuk pada sekumpulan gejala yang terjadi setelah seseorang mengonsumsi masakan dari restoran Cina yang umumnya gurih dan memiliki cita rasa kuat. Gejala seperti pusing, mual, kulit kemerahan, dan berkeringat umumnya terjadi dalam dua jam setelah mengonsumsi makanan mengandung MSG atau lebih dikenal sebagai mecin,” jelas dr. Karin.

Selain itu, lanjut dr. Karin, seseorang yang kebanyakan mengonsumsi MSG juga akan merasakan baal atau terbakar pada mulut dan tenggorokan, serta badan lemas.

“Ada pula orang yang mengalami gejala lebih parah, seperti nyeri dada, jantung berdebar, sesak napas, hingga bengkak pada wajah dan tenggorokan,” tutur dr. Karin.

Pingsan karena MSG, mungkinkah?

Lalu, bagaimana gejala pingsan yang dialami oleh Paul Rudd? Apakah itu adalah dampak terburuk dari keracunan MSG? Atau jangan-jangan, pingsannya pemeran Ant-Man itu disebabkan oleh faktor medis lain?

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter angkat bicara. Ia mengatakan bahwa seharusnya alergi atau keracunan MSG tidak sampai menyebabkan penderitanya jatuh pingsan.

“Seharusnya sih enggak sampai pingsan. Reaksi tubuh yang tidak cocok terhadap MSG lebih ditandai dengan mual dan pusing. Intinya, dampaknya lebih ke pencernaan. Kalau sampai pingsan, bisa saja penyebabnya bukan MSG,” kata dokter yang sering dipanggil Vita ini.

Dari perkataan dr. Vita, dapat ditarik hipotesis bahwa Paul Rudd mungkin sudah memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelumnya, yang “bereaksi” setelah dia menyantap makanan mengandung MSG secara berlebihan.

Lagi pula, MSG itu sendiri dibuat dari fermentasi molase (tetes tebu) yang merupakan produk sampingan produksi gula pasir atau jagung dan gandum. Komponen utama dari MSG adalah glutamat, yakni asam amino yang secara alami ada di dalam makanan, seperti daging, unggas, susu, dan sayur-sayuran. Bahkan, tubuh manusia juga memproduksi glutamat. Sehingga, menyalahkan MSG sebagai penyebab utama keracunan rasanya kurang tepat.

Apabila orang tersebut memiliki kondisi kesehatan yang normal atau tidak sensitif terhadap sesuatu apapun, mengonsumsi makanan yang mengandung MSG tidak akan jadi persoalan. Food and Drugs Administration (FDA) bahkan menyatakan, MSG sebenarnya aman untuk dikonsumsi lantaran belum ada penelitian yang benar-benar mampu membuktikan sisi buruk dari zat yang satu ini. Namun, jumlahnya mesti tetap dibatasi agar tidak berlebihan.

Berkaca pada kasus Paul Rudd pemain Ant-Man, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung mecin atau MSG terlalu banyak. Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi jika tubuh Anda tergolong sensitif terhadap zat tersebut. Anda tak ingin mengalami berbagai kondisi merugikan gara-gara kalap akan gurihnya makanan, bukan?

(NB/ RVS)