Efektikah Minyak Lintah untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 22 May 2019, 17:15 WIB
Minyak lintah banyak dicari orang lantaran dinilai dapat menghilangkan jerawat secara alami. Bagaimana fakta medisnya?
Efektikah Minyak Lintah untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami? (Faizan-Ahmad-Sheikh/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jerawat adalah masalah sejuta umat. Masalah kulit ini paling sering menyebabkan kegalauan pada wanita, karena dapat mengganggu penampilan sehingga menurunkan rasa percaya diri. Tak heran, jerawat membuat penderitanya berlomba-lomba mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu cara menghilangkan jerawat yang disinyalir efektif dan alami  adalah memakai minyak lintah.

Seperti dilansir dari The Mirror, kabar dari Inggris menyebutkan bahwa ada seorang wanita yang menyembuhkan jerawat lewat bantuan lintah. Ya, wanita tersebut memakai lintah hidup untuk perawatan jerawat yang selama ini mengganggu penampilannya.

Disebutkan bahwa wanita itu berharap bahwa lintah yang ditempelkan di tempat jerawat tumbuh bisa menyedot bakteri dan menghalau terjadinya bekas jerawat untuk selamanya. Jika dinilai secara logika, hal tersebut memang mungkin terjadi. Namun, efektivitasnya secara medis masih belum diketahui.

Lantas, bagaimana dengan minyak lintah? Apakah penggunaan terapi ini benar-benar mampu mengatasi penyakit, termasuk mengusir jerawat?

Efektivitas minyak lintah untuk jerawat

Minyak lintah memang menjadi jenis terapi tradisional yang telah digunakan sejak lama. Ramuan ini disinyalir mampu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk jerawat. Bahkan, minyak lintah asal papua yang iklannya sering seliweran di media sosial  konon mampu memperbesar penis pria. Banyak juga yang mengatakan bahwa ramuan ini mampu mempertahankan ereksi supaya lebih lama dan tidak mudah ‘loyo’.

Sayangnya, kegunaan minyak lintah, baik untuk mengusir jerawat dan fungsi lainnya ditepis mentah-mentah oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter. Pasalnya, belum ada penelitian berskala internasional yang mengatakan bahwa minyak lintah efektif mengusir jerawat.

"Sejauh ini belum ada penelitian medis tentang kegunaan minyak lintah, termasuk menyembuhkan jerawat. Jadi, tidak bisa dipastikan apakah benar bisa mengusir jerawat atau tidak. Apalagi produk-produk yang muncul secara bebas di pasaran itu belum ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," ujar dr. Vita.

Daripada mengandalkan minyak lintah, dr. Vita mengatakan bahwa Anda bisa mengatasi jerawat dengan cara yang lebih pasti. Namun, cara tersebut hanya dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terkait penyebab utama jerawat.

"Sebelum mengobati jerawat, pastikan Anda tahu penyebab jerawat yang muncul. Apakah karena infeksi bakteri atau masalah hormonal. Untuk lebih pasti, periksakan kondisi jerawat Anda ke dokter kulit," kata dr. Dyah Novita.

"Kalau jerawat karena infeksi, Anda bisa menggunakan obat jerawat yang biasa. Obat-obatan yang sering dijual bebas di pasaran. Namun, jika jerawat akibat hormonal, obat yang Anda butuhkan hanya tersedia di dokter kulit," pungkas dr. Vita.

Kesimpulan yang bisa diambil, minyak lintah masih belum terbukti dapat menghilangkan jerawat. Lagi pula, sebagian besar produk minyak lintah yang dijual di pasaran belum sepenuhnya teruji klinis atau lolos standar yang ditetapkan BPOM. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menahan diri untuk coba-coba sesuatu yang tidak pasti. Alih-alih mengusir jerawat, penggunaan minyak lintah secara sembarangan malah bisa membawa efek samping yang bisa memperburuk kondisi jerawat Anda.

(NB/ RVS)