Mengapa Sering Ngantuk Saat Puasa?

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 23 May 2019, 14:00 WIB
Badan lemas dan sulit melek hingga tak bisa beraktivitas secara optimal? Inilah alasan mengapa Anda sering ngantuk saat puasa.
Mengapa Sering Ngantuk Saat Puasa? (fizkes/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Wajar jika Anda merasakan badan lemas dan ngantuk saat puasa Ramadan ketimbang hari-hari lainnya. Namun, keluhan ini bisa mengganggu ketika Anda tetap beraktivitas seperti biasa. Sebetulnya, apa sih penyebab loyo dan sering ngantuk ini?

Rasa mengantuk yang sering dirasakan saat puasa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu perubahan pola makan, tubuh kekurangan cairan, berkurangnya aktivitas fisik, serta perubahan jam tidur. Penjabaran lengkapnya ada di bawah ini.

Perubahan pola makan harian

Terkantuk-kantuk saat memandangi layar komputer saat bekerja di kantor? Anda tak sendirian. Salah satu penyebab sering ngantuk ketika berpuasa adalah perubahan pola makan.

Kalau biasanya tubuh terbiasa mendapatkan suntikan energi saat jam makan siang, tapi saat Ramadan ini harus terhenti. Akibatnya, tubuh akan mencari sumber energi lain, yaitu dengan memecah cadangan gula dan menurunkan tingkat kerja agar sisa energi yang dimiliki cukup hingga waktunya berbuka.

Lemas dan ngantuk bisa jadi buntut penurunan kerja tubuh ini. Untuk meminimalkan rasa ngantuk, pilihlah menu sahur yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Contoh makanannya adalah roti gandum, nasi merah, sayur, serta buah.

Energi yang dihasilkan dari metabolisme serat dan karbohidrat kompleks akan dilepaskan secara bertahap. Dengan demikian, energi tubuh akan tercukupi untuk beraktivitas dari sahur hingga azan Magrib tiba.

Tubuh kekurangan cairan

Tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam lamanya membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Jika dehidrasi sudah dialami karena Anda kurang minum saat sahur, badan lemas dan mengantuklah yang Anda rasakan.

Oleh karena itu, meski ada keterbatasan waktu makan dan minum, Anda tetap harus mencukupi kebutuhan cairan. Untuk orang dewasa, kebutuhan tubuh akan air putih minimal 2 liter per hari, kurang lebih 8 gelas.

1 of 2

Berkurangnya aktivitas fisik

Mengurangi aktivitas fisik adalah respons penyesuaian diri selama puasa supaya tidak kelelahan, misalnya dengan lebih banyak duduk. Padahal, itu justru dapat membuat tubuh makin lemas dan mudah mengantuk.

Sebisa mungkin, Anda dianjurkan untuk tetap aktif bergerak agar peredaran tubuh lancar, termasuk pembuluh darah ke otak. Dengan demikian, Anda merasa lebih bugar, pikiran pun lebih segar.

Aktivitas yang dilakukan ini tak harus yang menguras keringat. Sekadar berjalan kaki atau melakukan peregangan sudah sangat membantu.

Perubahan pola tidur

Kemungkinan penyebab lainnya dari kondisi ngantuk saat puasa adalah perubahan pola tidur. Jika biasanya seseorang bisa tidur lelap hingga pagi hari, saat bulan puasa ia harus bangun dini hari untuk menyiapkan dan menyantap makanan sahur. Nah, jika Anda tidak tidur lebih cepat untuk mengoptimalkan durasi tidur 7-8 jam, maka jam tidur akan berkurang rata-rata 40 menit (atau lebih).

Menurut penelitian dalam “Journal of Sleep Research” hal tersebut akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Sehingga, keesokan harinya Anda pun sering mengantuk saat menjalankan kegiatan harian.

Supaya tidak kurang tidur, usahakan untuk memajukan jam tidur. Supaya kualitas tidur tidak terganggu, hindari penggunaan perangkat elektronik setidaknya 2 jam sebelum tidur. Kemudian tidurlah dalam keadaan gelap atau pencahayaan seminimal mungkin.

Apabila rasa kantuk tak tertahankan lagi, lebih baik curi waktu sejenak untuk tidur siang sekitar 5-25 menit. Jangan terlalu lama, karena bisa jadi malah semakin lemas karena jam biologis terganggu.

Sekarang Anda sudah tahu alasan mengapa timbul rasa sering ngantuk saat puasa. Keluhan ini bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan tidur dan cairan tubuh. Selain itu Anda perlu memilih menu makan sahur yang bernutrisi, serta tetap aktif secara fisik. Namun jika masih juga ngantuk berat, sebaiknya cari tempat untuk mengistirahatkan mata sejenak.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓