Cara Atasi Kulit Kendur Akibat Penurunan Berat Badan

Oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan pada 25 May 2019, 10:00 WIB
Penurunan berat badan dapat menyebabkan kulit kendur. Jangan khawatir, cara mudah berikut ini terbukti efektif untuk mengatasinya.
Cara Atasi Kulit Kendur Akibat Penurunan Berat Badan (Michaelheim/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Masalah yang sulit dihindari dan sulit diatasi setelah berhasil menurunkan berat badan adalah kulit kendur. Bagian kulit tersebut tampak seperti kantung dan tak enak dipandang. Alhasil, penurunan berat badan belum sepenuhnya berhasil mendongkrak rasa percaya diri.

Namun demikian, Anda tak perlu gundah berlebihan. Pasalnya, kondisi kulit kendur akibat menurunkan berat badan bisa diatasi supaya kembali tampak kencang. Ingin tahu caranya?

  1. Olahraga

Olahraga angkat beban bisa membantu mengencangkan kulit yang kendur akibat menurunkan berat badan. Jenis olahraga ini sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan instruktur terlatih agar tujuan yang diinginkan bisa benar-benar tercapai.

Ingin yang lebih simpel? Olahraga perut, seperti sit up, crunches, leg raises dan sejenisnya bisa Anda jadikan alternatif untuk mengencangkan kulit kendur. Lakukan olahraga selama 30–60 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu agar kulit berlebih pada bagian perut nampak lebih kencang.

  1. Pijat

Pijat atau massage pada daerah kulit kendur mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang elastisitas kulit. Gunakan minyak esensial yang juga memiliki aroma menenangkan pikiran.

  1. Gunakan pelembap

Gunakan pelembap yang mengandung vitamin E atau pelembap alami seperti minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru, meminimalkan keriput dan mengatasi kulit kendur.

  1. Diet seimbang

Jika Anda telah memiliki berat badan yang diinginkan, hendaknya jangan lupakan kebiasaan diet sehat yang sebelumnya dilakukan. Tetap jaga pola makan dengan fokus pada buah, sayur dan air putih. Kombinasi ketiga asupan tersebut dengan olahraga teratur terbukti dapat mempertahankan berat badan ideal, juga membuat kondisi kulit yang kendur menjadi lebih kencang, halus dan terhidrasi dengan baik.

  1. Hindari sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari membuat kulit menjadi kering dan rusak. Jika dibiarkan, kulit akan semakin kendur, terlihat kusam dan tidak terawat. Untuk itu, gunakanlah tabir surya dengan SPF minimal 30, khususnya jika Anda hendak melakukan aktivitas di luar rumah.

  1. Operasi

Dari semuanya, cara paling efektif untuk mengembalikan bentuk tubuh dan kulit adalah operasi plastik. Ada berbagai jenis operasi yang tersedia, salah satunya berupa prosedur bedah kosmetik untuk mengangkat kelebihan kulit dan sisa lemak agar kulit kembali kencang di berbagai lokasi tubuh.

Salah satu contohnya adalah prosedur operasi pada perut disebut abdominoplasty atau tummy tuck" Metode bedah ini mengangkat dan mengencangkan area perut saja. Beberapa ahli bedah plastik juga dapat melakukan “pengangkatan” paha untuk mengatasi masalah kulit kendur di tubuh bagian bawah.

Dari semua cara di atas, yang bisa memberikan hasil instan hanyalah tindakan operasi. Dengan kata lain, cara selain operasi membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar untuk mengembalikan kulit ke bentuk semula. Meski begitu, cara-cara alami alias yang bukan operasi adalah pilihan paling baik karena minim efek samping.

(NB/ RVS)