Apa Bedanya Freckles dan Flek Hitam?

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 25 May 2019, 17:00 WIB
Bintik-bintik gelap pada wajah bisa disebabkan oleh freckles atau flek hitam. Kenali perbedaan dan cara tepat untuk mengatasinya.
Apa Bedanya Freckles dan Flek Hitam? (Rudo Film/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki wajah yang bersih merupakan dambaan semua orang. Sayangnya, hal tersebut tidaklah mudah untuk diwujudkan. Ada saja masalah pada kulit wajah yang datang silih berganti. Salah satu yang mungkin juga Anda alami adalah bintik-bintik gelap di wajah, baik akibat freckles atau flek hitam.

Dari sudut pandang medis, freckles atau flek hitam adalah dua hal yang berbeda. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda akan bisa mengenali ragam penanganan keduanya.

Freckles adalah bintik kecokelatan berbentuk datar yang muncul pada kulit. Kondisi ini dapat terbentuk dalam warna yang bervariasi, mulai dari kemerahan, kuning, cokelat, cokelat muda hingga hitam. Freckles paling sering muncul pada area wajah, yaitu pipi, hidung, dada dan lengan.

Meski bukan bawaan lahir, freckles dapat timbul pada orang yang memiliki faktor genetik, yaitu gen MC1R. Selain itu, freckles juga bisa muncul akibat paparan sinar matahari.

Sebenarnya, freckles adalah kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi pada lapisan epidermis kulit dengan penyebaran yang berkelompok. Keadaan ini dihasilkan oleh melanosit sebagai respons langsung terhadap paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Nah, melanosit berperan dalam membuat kulit menjadi lebih gelap sebagai bentuk perlindungan sehingga sinar ultraviolet tidak sampai ke lapisan kulit yang lebih dalam. Oleh sebab itu, bintik freckles dapat diartikan sebagai bentuk pertahanan atau perlindungan alami kulit terhadap paparan sinar matahari.

Kendati begitu, adanya freckles juga dapat menandakan bahwa kulit Anda sensitif terhadap paparan sinar matahari. Kondisi ini biasanya semakin parah saat tubuh Anda terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Freckles akibat paparan sinar matahari terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Ephelides. Ini adalah jenis bintik gelap akibat paparan sinar matahari yang bersifat sementara, terlihat jelas saat musim panas dan memudar saat musim dingin. Ephelides sering dijumpai pada wanita Kaukasian yang kulitnya putih.
  2. Lentigo. Ini adalah bintik yang lebih besar dengan warna lebih gelap dan tidak memudar walau terlindung dari paparan sinar matahari. Kondisi ini biasa muncul pada kulit orang dewasa.

Freckles dapat memudar dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, jika Anda merasa terganggu dengan adanya kondisi ini, pilihan terapi yang bisa dilakukan untuk memudarkannya secara permanen meliputi bleaching, cryosurgery, laser maupun chemical peeling. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli untuk pilihan terapi yang sesuai.

Di sisi lain, bila warna freckles semakin gelap dan ukuran terus bertambah, sebaiknya jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Hal ini dilakukan supaya Anda mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut sebelum terlambat.

1 of 2

Selanjutnya

Flek hitam adalah bintik hitam datar pada kulit wajah, yang terjadi akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Kondisi ini juga dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, dan leher. Flek hitam cenderung lebih besar dibandingkan freckles.

Meski memiliki nama “flek hitam”, kondisi ini sebenarnya dapat muncul dengan warna lainnya, yaitu kemerahan, kuning atau cokelat. Keadaan ini bergantung pada pigmen kulit masing-masing individu.

Faktor yang melatari munculnya flek hitam adalah paparan sinar matahari secara berlebihan. Pasalnya, kulit membutuhkan jumlah melanin yang lebih banyak untuk menangkal dampak buruk sinar matahari. Jumlah melanin yang diproduksi sejalan dengan banyaknya flek hitam yang muncul.

Selain akibat paparan matahari, flek hitam juga dikaitkan dengan tanda penuaan. Sebab kondisi ini biasanya muncul pada kulit orang yang berusia 40 tahun ke atas. Ini bisa terjadi akibat berkurangnya kolagen karena faktor usia dan akibat berkurangnya kemampuan kulit untuk mengatasi kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

Anda tak perlu khawatir dengan flek hitam. Kecuali, jika kondisi ini benar-benar mengubah penampilan, berbentuk tidak semestinya dan menyebabkan keluhan yang tidak seharusnya. Bila seperti ini, flek hitam mungkin sudah “ditunggangi” oleh kemunculan kanker kulit alias melanoma.

Cara mencegah freckles dan flek hitam

Freckles maupun flek hitam merupakan dua kondisi berbeda, yang kejadiannya sama-sama dipengaruhi oleh paparan sinar matahari berlebihan. Oleh karena itu, jika Anda tak ingin mengalaminya, gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam sekali, dan iringi dengan menutup diri dari paparan sinar matahari, misalnya dengan gunakan topi, payung atau pakaian tertutup.

Jika freckles atau flek hitam sudah terlanjur terjadi dan Anda ingin segera terbebas darinya, berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin adalah tindakan yang paling tepat. Dan, apabila Anda mengalami freckles atau flek hitam disertai gejala penurunan berat badan tanpa sebab dan badan lemas terus-menerus, jangan tunda untuk periksa ke dokter. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa freckles atau flek hitam berpotensi bermutasi menjadi kanker kulit!

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓