Fakta tentang Freckles yang Perlu Anda Ketahui

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 27 May 2019, 09:00 WIB
Freckles, si bintik cokelat di kulit, sering dianggap mengganggu penampilan. Ketahui faktanya!
Fakta tentang Freckles yang Perlu Anda Ketahui (Jet Cat Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak merasa terganggu jika freckles alias bintik-bintik cokelat muncul di kulit wajah? Freckles, salah satu penyebab bercak cokelat di kulit, memang cukup sering terjadi dan membuat penderitanya merasa terganggu. Anda lantas memilih menggunakan foundation dan bedak untuk menyamarkan freckles yang mengganggu itu.

Jika Anda freckles, penting untuk mengetahui fakta-fakta seputar bintik-bintik di wajah ini.

  1. Paparan sinar matahari, salah satu pencetus freckles

Orang yang sering terpapar sinar matahari lebih rentan mengalami freckles dibandingkan dengan yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Hal ini karena kulit akan memproduksi hormon melanin yang lebih banyak saat terpapar sinar matahari.

Melanin tersebut mencegah kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Namun di sisi lain, melanin menimbulkan bercak-bercak kecokelatan di kulit. Hal inilah yang mendasari terjadinya freckles.

Karena itu, freckles umumnya timbul di bagian tubuh yang sering terekspos sinar matahari. Di antaranya adalah di wajah, leher, lengan, dada, dan punggung.

  1. Orang berkulit putih lebih rentan freckles

Orang berkulit putih memiliki melanin jenis pheomelanin. Jenis ini tak melindungi kulit dari paparan ultraviolet. Oleh karena itu, jika sering terpapar matahari, tubuh akan memproduksi melanin lebih banyak sehingga freckles lebih mudah terjadi. Hal yang sama juga terjadi pada orang yang berambut pirang atau kemerahan.

Sebaliknya, pada orang berkulit gelap atau berambut hitam, kulitnya mengandung melanin jenis eumelanin yang memiliki fungsi melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Karena itu, sekalipun terpapar matahari, freckles lebih jarang dialami oleh orang kulit hitam atau berambut hitam.

  1. Tak semua bercak cokelat di wajah merupakan freckles

Freckles sering dianggap menjadi biang keladi semua bercak cokelat di daerah wajah. Hal ini tidak tepat. Terdapat banyak kondisi yang bisa menyebabkan keluhan tersebut. Selain freckles, melasma dan lentigo juga bisa menjadi penyebabnya. Meski penampakannya hampir sama, penyebab dan pengobatan bercak di wajah itu berbeda.

Jika freckles banyak dipengaruhi oleh sinar matahari, melasma lebih sering disebabkan faktor hormonal, seperti kehamilan dan kontrasepsi. Sementara itu, lentigo berkaitan dengan faktor usia. Kelainan kulit tersebut biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun.

  1. Freckles bisa dicegah

Lebih baik dicegah daripada diobati. Prinsip ini berlaku pada freckles. Mengobati freckles bisa dibilang cukup sulit, tetapi hanya perlu hal sederhana untuk mencegah freckles. Beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah munculnya freckles adalah:

  • Menghindari paparan matahari dengan radiasi ultraviolet yang paling tinggi, yaitu di antara pukul 10-14.
  • Jika akan keluar ruangan dan terpapar matahari, pastikan telah menggunakan tabir surya yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB) dengan kadar sun protective factor (SPF) 30 ke atas.
  • Oleskan tabir surya tiap dua jam sekali jika masih berada di luar ruangan.
  • Gunakan pakaian lengan panjang, topi, dan kacamata jika bepergian.

Namun demikian, perlu Anda ketahui, tindakan di atas berguna untuk mencegah, bukan menghilangkan freckles yang sudah ada.

  1. Freckles tidak berbahaya

Freckles bukanlah suatu kelainan yang membahayakan dan tidak berkaitan dengan kanker kulit atau penyakit kulit lainnya. Oleh karena itu, sebetulnya freckles tidak wajib diobati. Pengobatan freckles umumnya dilakukan karena alasan estetika.

Pengobatan freckles dilakukan oleh dokter ahli kulit. Pengobatannya bisa berupa penggunaan krim (misalnya hidroquinon), chemical peeling, atau terapi laser, tergantung luas dan kedalaman freckles serta jenis kulitnya. Semua pengobatan tersebut umumnya dapat memudarkan freckles, tapi tidak bisa dijamin akan benar-benar hilang sepenuhnya.

Ingin mencegah datangnya freckles? Rajin-rajinlah melindungi kulit dari terpaan sinar matahari dengan cara yang tepat. Misalnya, mengoleskan tabir surya secara berkala, menggunakan baju lengan panjang, serta memakai topi dan kacamata. Namun, jika freckles sudah telanjur terjadi, Anda tak perlu khawatir sebab kelainan kulit yang satu ini tidak berbahaya.

[HNS/ RVS]