Penyebab dan Cara Atasi Gairah Seks Menurun Pasca Melahirkan

Oleh Ayu Maharani pada 27 May 2019, 14:30 WIB
Frekuensi berhubungan intim berkurang akibat gairah seks menurun pasca melahirkan? Kenali penyebabnya, lalu atasi dengan cara ini.
Penyebab dan Cara Atasi Gairah Seks Menurun Pasca Melahirkan (Prostock Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Gairah seks seseorang biasanya cukup tinggi ketika ia masih pengantin baru, salah satunya karena ingin lekas memperoleh keturunan. Sayangnya, gairah seksual bisa menurun. Bisa karena kesibukan, kehamilan, pascapersalinan, atau faktor lainnya. Untuk gairah seks menurun pasca melahirkan, yuk kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, gairah seksual (libido) dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti fisik, emosional, dan psikologis. Adapun beberapa di antaranya meliputi:

  • Kelelahan mengurus bayi dan/atau rumah tangga, serta stres

Jumlah jam tidur yang selalu kurang berkaitan dengan turunnya dorongan seksual. Ketika Anda baru melahirkan, jam tidur bayi yang belum teratur mengakibatkan Anda mesti bangun 2 jam sekali untuk mengurusnya, apalagi jika ia rewel.

Di luar dari merawat bayi, banyak pula wanita yang masih harus mengurus rumah tangga seperti membersihkan rumah, memasak, dan mengasuh suami dan anak lainnya jika ada. Kelelahan sangat mungkin terjadi, yang pada akhirnya bisa berujung pada stres dan memengaruhi libido.

  • Berat badan tidak ideal (kegemukan)

Pasca melahirkan, tak sedikit wanita yang kesulitan menurunkan berat badannya Padahal, kegemukan atau obesitas dapat memengaruhi hormon, yang selanjutnya berdampak pada gairah seks. Kelebihan berat badan ini akan membuat seseorang jadi kurang percaya diri saat berhubungan seks.

  • Gaya hidup tidak sehat

Setelah melahirkan, ada juga wanita yang kembali ke gaya hidup tak sehat yang sempat ia tinggalkan, seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Kedua hal ini rentan menurunkan libido.

Daripada merusak kesehatan diri (termasuk anak), cobalah untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat. Misalnya blog atau jurnal online tentang keseharian Anda sebagai seorang ibu. Misalnya berbagi pengalaman, resep, atau diskusi seputar cara mengurus anak.

1 of 2

Cara mengatasi gairah seks yang menurun pasca melahirkan

Mana dari ketiga penyebab menurunnya gairan seks di atas yang menjadi biang kerok turunnya libido Anda setelah melahirkan? Apa pun itu, coba lakukan langkah-langkah ini untuk mengatasinya.

  • Cukupi waktu istirahat

Jika aktivitas terlalu melelahkan, bagi tugas dengan suami atau mungkin orang tua. Jika perlu, sewa jasa pembantu rumah tangga atau pengasuh anak. Fokus Anda sebagai ibu adalah merawat bayi dan mengurus rumah tangga yang tak terlalu banyak menguras energi.

  • Terbuka dengan pasangan

Kunci dari sebuah hubungan yang bahagia adalah komunikasi. Terbukalah dengan tentang apa yang Anda alami. Dari situ, solusi bisa dicari. Misalnya makan malam romantis, foreplay lebih lama, mencoba posisi seks baru, merencanakan jadwal bercinta, dan lain-lain.

  • Perbanyak waktu berdua

Sebisa mungkin, suami tidak membawa urusan kantornya ke rumah. Sehingga saat di rumah, suami bisa lebih mampu memberi perhatian kepada istri dan bayinya.

Ketika si Kecil terlelap, jangan ikut-ikutan tidur. Luangkan waktu untuk berduaan dengan istri. Biasanya, percikan hasrat bisa terpicu setelah tak ada distraksi, bukan?

  • Bersabarlah dan gunakan pelumas ketika berhubungan seks

Vagina masih kering meski sudah ada niatan untuk berhubungan intim dengan suami? Cobalah gunakan lubrikan, agar organ intim Anda tidak sakit saat berhubungan seksual.

Pada dasarnya, gairah seks yang menurun pasca melahirkan itu adalah hal yang normal. Kondisi ini bisa dialami oleh wanita mana pun termasuk Anda.

Apabila Anda mengalami kondisi gairah seks menurun setelah melahirkan, cobalah untuk mengatasinya dengan tips di atas. Jika libido masih saja rendah, perisakan diri ke dokter. Sebab, bisa jadi penyebabnya lebih kompleks dan perlu penanganan medis lebih lanjut.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓