Tidur dan Menginap di Dalam Mobil Saat Mudik, Amankah?
searchtext customer service

Menginap di Dalam Mobil Saat Mudik, Amankah?

Demi menghemat biaya dan kepraktisan, Anda memutuskan untuk menginap di dalam mobil saat mudik. Tapi, bagaimana keamanannya?
Menginap di Dalam Mobil Saat Mudik, Amankah?

Klikdokter.com, Jakarta Mudik lewat jalur darat menggunakan mobil bersama keluarga memang seru dan mengasyikkan. Hanya saja, waktu tempuh untuk sampai ke tempat tujuan jauh lebih lama ketimbang menggunakan pesawat atau kereta. 

Jika perjalanan memakan waktu dua hari, pasti Anda membutuhkan waktu untuk istirahat malam. Alhasil, tidur di mobil saat mudik menjadi pilihan. 

Sayangnya, tindakan itu sangat berisiko sehingga kurang direkomendasikan. Simak bahaya tidur di mobil berikut ini.

Bahaya Tidur di Dalam Mobil 

Bahaya Tidur di Dalam Mobil

Tidur di dalam mobil memang menjadi pilihan paling sering dilakukan, mengingat cara ini akan sangat menghemat biaya. Belum lagi jika terjebak kemacetan di tengah jalan akibat padatnya pengendara yang juga ingin mudik, tidur di mobil kerap jadi solusi.

Berhenti dan tidur di dalam mobil bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, Anda bisa tetap tidur di jok mobil seperti biasa. Kedua, sulap kabin belakang mobil menjadi ruang tidur dadakan dengan menggunakan kasur. Kasur bisa diletakkan di kabin yang joknya sudah dilipat atau bahkan dicopot.

Artikel Lainnya: Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

Tapi, bagaimana pun pilihannya, tidur di mobil sebenarnya tidak direkomendasikan karena memiliki beberapa dampak buruk bagi Anda dan orang lain. Beberapa di antaranya:

  • Risiko Keracunan Karbon Monoksida (CO)

Bahaya tidur di mobil menimbulkan risiko keracunan gas karbon monoksida atau CO. Gas CO merupakan sisa pembakaran mobil yang biasa dibuang melalui knalpot atau bisa juga keluar dari AC jika sistem pembuangan AC bermasalah.

Keracunan CO dapat terjadi ketika tidur di dalam mobil, di mana kondisi mobil dan AC mobil masih menyala. Gejala awal keracunan gas CO sulit dideteksi, mengingat gas ini tidak berbau dan tidak kelihatan.

  • Risiko Terguncang

Tidur dengan kasur di dalam mobil akan terkesan sangat nyaman. Namun, sebenarnya mobil tidak dirancang untuk memiliki kasur di dalamnya. 

Berbeda dengan kendaraan lain, mobil merupakan kendaraan yang sangat dinamis. Mobil bisa melakukan akselerasi, bermanuver ke kiri dan kanan, hingga deselerasi atau berhenti mendadak.

Hal itu akan membuat Anda rawan terguncang di atas kasur jika terjadi gerakan tiba-tiba dari mobil yang berisiko mencelakakan Anda.

Artikel Lainnya: Leluasa Berpuasa Bersama KlikDokter Sepanjang Ramadan 2022  

  • Meningkatkan Risiko Penggumpalan Darah

Apakah tidur dalam posisi duduk berarti aman? Ternyata tidak! Tidur di dalam kendaraan dengan posisi duduk berisiko menyebabkan gumpalan darah. 

Sebab, Anda akan berada dalam kondisi duduk yang lama, sehingga darah di kaki cenderung statis. Hal inilah yang berisiko mengakibatkan penggumpalan darah.

Kondisi tersebut terungkap dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Canadian Journal of Cardiology. Sebanyak 42 dari 50 pasien penggumpalan darah memiliki riwayat tidur semalaman di dalam mobil dengan posisi duduk.

  • Risiko Tertabrak

Bukan hanya kurang baik bagi kesehatan, tidur di kendaraan juga memiliki risiko kecelakaan. Apalagi ketika Anda memarkir kendaraan tidak pada tempat dan posisi yang benar, kecelakaan mungkin bisa terjadi.

Tips Aman Tidur dan Menginap di Mobil Saat Mudik

Tips Aman Tidur dan Menginap di Mobil Saat Mudik

Tidur dan menginap di dalam mobil saat mudik sebenarnya boleh saja, asalkan Anda berhenti di tempat yang aman. Selain itu, lakukan hal-hal di bawah ini agar tetap nyaman dan aman tidur di mobil:

  • Pilih Rest Area yang Dijaga Petugas Keamanan

Anda mesti mengenali beberapa lokasi rest area yang akan dilewati. Gunakan rest area untuk beristirahat. Anda juga bisa melakukan peregangan di sana atau berjalan-jalan sebelum tidur.

Jika sudah mengantuk, tidurlah di mobil yang sudah diparkir di rest area. Pastikan area yang Anda singgahi cukup ramai dan terjaga oleh petugas keamanan. 

Bila perlu, parkir mobil tak jauh dari pos polisi atau masjid. Rumah ibadah seperti masjid biasanya akan selalu ramai menjelang Lebaran.

Artikel Lainnya: Batas Usia Aman bagi Bayi untuk Dibawa Bepergian

  • Sandarkan Jok atau Gunakan Kasur Mobil Setelah Mobil Berhenti

Agar peredaran darah lancar dan badan tidak terlalu pegal, senderkan jok sebelum tidur. 

Jika punya kasur mobil, pasanglah di bagian belakang mobil yang cukup luas dan hanya gunakan ketika mobil sudah berhenti.

  • Jangan Nyalakan AC, Buka Sedikit Kaca, dan Jangan Pasang Obat Nyamuk

Bahaya tidur di mobil dengan AC menyala bisa memicu kebocoran asap knalpot. Sementara, pasang obat nyamuk di dalam mobil bisa membuat Anda sesak napas. 

Lebih baik oles losion antinyamuk. Lalu, gunakan kain untuk menutupi tubuh dari udara dingin dan gigitan nyamuk.

  • Pasang Alarm Mobil dan Simpan Barang Berharga

Sebaiknya jangan menginap di mobil yang tidak dipasang alarm. Sebab, ketika ada orang yang tiba-tiba membuka pintu atau memecahkan kaca, mobil tidak bisa menarik perhatian. 

Selain itu, upayakan tidak memegang handphone saat tidur. Simpan dompet dan handphone di tempat tertutup, sehingga tidak menarik perhatian orang luar.

  • Keluar Sejenak

Untuk menghindari risiko penggumpalan darah karena terlalu lama duduk atau tidur di mobil, ada baiknya sesekali keluar mobil untuk meregangkan otot-otot. Hal ini penting untuk memastikan aliran darah di kaki tetap berjalan dan tidak statis.

Baca Juga

Tetap utamakan keselamatan dan kesehatan Anda beserta keluarga dengan melakukan tips di atas. Jika keadaan tidak memungkinkan untuk menginap di dalam mobil, lebih baik cari penginapan yang aman.

Ingin tahu tips kesehatan selama mudik? Download aplikasi KlikDokter! Anda juga bisa konsultasi dengan dokter via Live Chat.

(FR/NM)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Puteri Wahyu Safitri

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Tips Bebas Stres Saat ART Mudik

Info Sehat
27 Apr

Ketentuan Mudik Lebaran 2022 di Masa Pandemi COVID-19

Info Sehat
26 Apr

Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

Info Sehat
26 Apr

Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

Info Sehat
21 Apr

Awas, Duduk Berjam-jam Saat Mudik Picu Ambeien

Info Sehat
11 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat