Tips Cegah Anak Rewel Saat Perjalanan Mudik

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 01 Jun 2019, 15:15 WIB
Berencana mudik bersama anak? Lakukan tips ini agar si Kecil tidak rewel selama perjalanan hingga sampai di tempat tujuan.
Tips Cegah Anak Rewel Saat Perjalanan Mudik (MIA Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mudik menjadi momen yang sangat dinantikan menjelang libur Lebaran. Entah  menggunakan moda transportasi pesawat, kapal laut, kereta, atau kendaraan pribadi, semua akan terasa menyenangkan ketika membayangkan bertemu sanak saudara di kampung. Hanya saja, anak kerap rewel selama perjalanan.

Kerewelan anak selama perjalanan mudik bisa terjadi akibat beberapa sebab. Misalnya, perjalanan yang membosankan, kemacetan yang tak kunjung usai, atau memang sudah terasa melelahkan selama perjalanan.

Anda tentu tak ingin liburan bersama anak terasa menjengkelkan gara-gara kerewelannya, bukan? Jika memang demikian, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter berkata bahwa tips berikut ini bisa menjadi solusi untuk Anda.

  1. Ciptakan kondisi nyaman saat mudik

Tidak melulu anak-anak, orang dewasa pun pasti merasa tidak nyaman melakukan perjalanan panjang dalam kondisi yang panas, gerah, dan bau. Kondisi inilah yang sering membuat anak rewel saat mudik. Solusinya, jadikan suasana di dalam moda transportasi yang Anda pilih menjadi senyaman mungkin.

Untuk hal itu, Anda bisa menyetel lagu yang membuat anak merasa riang, membawa mainan maupun benda kesayangan si Kecil, atau memastikan bahwa pendingin udara di dalam mobil berfungsi dengan baik.

  1. Persiapkan dan penuhi kebutuhan fisiologis anak

Supaya anak tidak rewel selama perjalanan mudik, persiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Selain itu, jika anak mulai rewel, tanyakan penyebabnya sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan. Apakah ia ingin buang air kecil, merasa lapar dan haus, atau hal-hal lainnya.

  1. Waspada dengan kemungkinan mabuk dalam perjalanan

Mabuk dalam perjalanan adalah salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak.

"Untuk itu, cegahlah mabuk perjalanan pada anak dengan mempersiapkan air  hangat, aromaterapi, atau obat anti mabuk perjalanan. Ini juga bisa membantu agar anak tidak rewel selama perjalanan mudik," ujar dr. Reza.

  1. Berikan kenyamanan secara psikologis kepada anak

Bagi anak yang belum pernah mudik, bertemu banyak orang-orang baru yang tidak dikenal bisa membuatnya merasa ketakutan dan asing. Selain itu, pengalaman naik pesawat, naik kereta, atau kapal untuk pertama kali untuknya juga dapat membuat anak merasa cemas sehingga membuatnya rewel.

Untuk menyiasati kondisi-kondisi tersebut, pastikan Anda selalu berada di sampingnya setiap waktu. Berikan kata-kata yang menyenangkan dan menenangkan baginya. Misalnya, “Tidak perlu khawatir, nak. Mama dan papa selalu ada di sini untuk kamu. Sebentar lagi kamu juga akan bertemu dengan nenek dan kakek di kampung halaman.”

Supaya perjalanan mudik terasa semakin menyenangkan, lakukan segala persiapan dengan matang. Jangan lupa membawa obat-obatan yang diperlukan, dan beberapa mainan yang sering menjadi ‘teman’ si Kecil di rumah. Dengan ini semua, diharapkan perjalanan mudik Anda tidak akan dihiasi olehk erewelan yang dilakukan oleh anak. Anda.

(NB/ RVS)