Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 05 Jun 2019, 12:00 WIB
Ingin kecantikan kulit yang lebih terpancar? Air mawar bisa Anda jadikan sebagai salah satu solusinya!
Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (Xmee/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kulit adalah organ terluas dan memiliki fungsi utama sebagai pelindung tubuh dari lingkungan luar. Tidak hanya dari kuman penyakit, kulit juga melindungi terhadap radiasi sinar ultraviolet, bahan-bahan kimia, serta polusi. Tidak heran, kesehatan dan kecantikan kulit perlu mendapat perhatian khusus.

Salah satu bahan yang dikenal bermanfaat bagi kulit adalah air mawar. Ramuan ini umumnya dibuat dengan menyuling kelopak bunga mawar menggunakan uap. Dengan teknik ini, kelopak bunga mawar akan direbus dengan suhu rendah dan jangka waktu yang lama. Uap yang terbentuk akan dikumpulkan setelah mendingin, sehingga air mawar umumnya berwarna bening,

Pemakaian air mawar sudah dilakukan sejak jaman dahulu, terutama di negara Timur Tengah seperti Iran dan oleh suku Indian di Amerika. Selain wanginya yang enak dan menenangkan, air mawar juga mampu mendatangkan beragam manfaat sehat untuk kecantikan kulit. Ini karena air mawar bersifat:

  • Melawan penuaan dini

Penuaan kulit, terutama penuaan dini, adalah salah satu keluhan kulit yang ditakuti dan dihindari banyak orang. Walaupun dengan bertambahnya usia kondisi kulit pasti akan mengalami proses penuaan, namun beberapa faktor dapat mempercepatnya. Faktor-faktor tersebut antara lain, paparan dengan sinar ultraviolet, polusi, stres, serta pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Berbagai faktor tersebut menimbulkan munculnya radikal bebas, yang berperan menyebabkan penuaan dini. Nah, air mawar mengandung banyak antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Selanjutnya, air mawar juga menghambat zat yang memecah kolagen serta elastin, di mana keduanya banyak berperan membentuk kulit yang cantik dan kenyal. Sehingga, air mawar dapat bermanfaat melawan keriput serta munculnya garis halus pada kulit.

  • Antiradang

Air mawar memiliki sifat antiradang, sehingga baik sekali digunakan untuk mengatasi keluhan iritasi pada kulit. Selain itu, air mawar juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit. Ini membuat air mawar dapat diandalkan oleh orang-orang yang berjerawat dan eksim. Terlebih, air mawar juga memiliki sifat anti-bakterial sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari solusi mengatasi jerawat dengan bahan alami.

  • Mengoptimalkan proses penyembuhan Luka

Luka pada kulit dapat terbantu untuk sembuh lebih cepat dengan pemakaian air mawar. Hal ini disebabkan kandungan antiseptik pada air mawar, yang melawan infeksi.

Air mawar juga membantu penyembuhan luka bakar, seperti terbakar sinar matahari, karena bersifat melawan peradangan. Air mawar yang disimpan dalam lemari es dapat pula memberikan sensasi dingin yang nyaman bagi mereka yang terbakar sinar matahari.

Agar air mawar memberikan manfaat optimal

Untuk merawat kulit, Anda dapat menyemprotkan air mawar secara langsung pada wajah (face mist). Atau, gunakan sebagai toner dengan mengusapkannya pada wajah yang sudah bersih.

Tak sekadar itu, Anda dapat juga menggunakan air mawar sebagai penghapus make-up. Caranya, campurkan air mawar dengan minyak kelapa. Aduk hingga terlihat merata, dan teteskan pada kapas untuk membersihkan sisa make-up yang menempel di wajah. Selain membersihkan, kulit wajah juga menjadi lebih lembap karenanya.

Tertarik dengan segudang manfaat air mawar untuk kecantikan kulit? Pastikan Anda membeli air mawar yang asli dan memang ditujukan untuk menunjang kesehatan kulit. Jika Anda memiliki penyakit yang menyebabkan gangguan kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan air mawar.

(NB/ RVS)