Ibu dengan Banyak Anak Rentan Kena Penyakit Jantung?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 03 Jun 2019, 14:00 WIB
Banyak anak, banyak rezeki. Namun, bagaimana bila kenyataannya banyak anak justru memicu penyakit jantung? Simak penjelasannya.
Ibu dengan Banyak Anak Rentan Kena Penyakit Jantung? (Sante77777/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung kerap dikaitkan dengan gaya hidup tak sehat atau diet sembarangan. Akan tetapi, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Cambridge, Inggris, menyebutkan bahwa ibu dengan banyak anak rentan mengalami penyakit jantung. Bagaimana tersebut bisa terjadi?

Para peneliti di Universitas Cambridge menemukan bahwa ibu dengan lima anak atau lebih memiliki kemungkinan 38 persen dirawat di rumah sakit karena serangan jantung. Para ibu ini juga berisiko 29 persen lebih tinggi menderita penyakit kardiovaskular. Selain itu, sekitar 17 persen dari kelompok tersebut lebih mungkin mengalami gagal jantung. Mereka juga dikaitkan dengan risiko 25 persen lebih tinggi mengalami stroke.

Dalam temuan yang dipresentasikan pada konferensi British Cardiovascular Society di Manchester, wanita yang kehilangan janin, termasuk yang mengalami keguguran, memiliki risiko penyakit jantung 60 persen lebih tinggi daripada wanita yang memiliki satu atau dua anak. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan sebelumnya yang mendasari peningkatan risiko keguguran.

Penulis utama studi tersebut, Dr. Clare Oliver-Williams, mengatakan bahwa data tersebut seakan ingin mengatakan kepada wanita yang memiliki 3 atau 4 anak akan menghadapi risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang memiliki satu atau dua anak. Risiko itu tampaknya meningkat seiring bertambahnya jumlah anak-anak yang dilahirkan.

Para peneliti percaya, faktor-faktor seperti stres mengurus keluarga yang besar hingga mengurangi waktu untuk memperhatikan diri sendiri, dapat memainkan peranan. Peneliti berharap temuan ini akan mendorong orang tua dengan banyak anak untuk menjaga kesehatan jantung mereka.

Penelitian ini berdasarkan data dari 8.583 wanita di Amerika Serikat berusia 45-64 tahun, yang kesehatannya dipantau selama 30 tahun. Di antara responden yang diteliti, ada 843 kasus serangan jantung, 750 stroke, dan 1.352 diagnosis kondisi jantung kronis selama periode waktu itu.

1 of 2

Tips mencegah penyakit jantung

Kepada Newsweek, Dr.Oliver-Williams cukup terkejut dengan temuan tersebut. "Kami tidak ingin menakut-nakuti ibu mana pun. Sebaliknya, kami ingin agar wanita di atas 40 yang punya anak banyak, mengantisipasi masalah kardiovaskular yang mungkin terjadi pada mereka," kata Oliver-Williams.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter mengatakan Anda dapat melakukan metode TANGKAL, yaitu:

  • Teratur periksa kolesterol

Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti penelitian yang disebutkan di atas, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah setiap enam bulan sekali.

  • Awasi pola makan

Konsumsi sayur dan buah, ikan laut, biji-bijian, serta gandum sesering mungkin membantu terhindar dari penyakit jantung. Semua yang disebutkan itu mengandung antioksidan, serat, dan plant stanol ester yang berperan dalam mencegah penyakit jantung.

  • Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol

"Rokok merupakan faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner. Sementara itu, sering mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung," tegas dr. Dyah Novita.

  • Giat berolahraga

Olahraga yang disarankan para ahli adalah selama 30 menit per hari. Hal tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah yang berperan dalam terjadinya penyakit jantung.

  • Kendalikan berat badan dan hindari stres

Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Adapun stres dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh. Jadi, dapatkan berat badan ideal dan hindari stres.

  • Awasi tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat berujung pada penyakit jantung. Karena itu, memeriksa tekanan darah Anda secara berkala adalah hal yang lebih dari penting.

  • Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester

Makanan yang mengandung plant stanol ester dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Contoh sumber makanan ber-plant stanol ester adalah gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Dengan demikian, ibu yang memiliki anak lebih dari lima wajib menerapkan gaya hidup sehat ya. Konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga adalah cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar jantung tetap sehat. Pada akhirnya, memiliki banyak anak adalah suatu kebahagiaan tersendiri asal Anda menikmatinya dan menghindari stres.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓