5 Tips Mudah untuk Tampil Cantik di Hari Lebaran

Oleh dr. Nadia Octavia pada 04 Jun 2019, 17:00 WIB
Tampil cantik di hari Lebaran sebenarnya tak sulit. Cukup dengan melakukan beberapa tips berikut ini.
5 Tips Mudah untuk Tampil Cantik di Hari Lebaran (Odua-Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri tentunya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ibadah salat Ied, berkumpul dengan sanak saudara, mudik ke kampung halaman merupakan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan. Oleh karenanya Anda tentu ingin tampil cantik di momen tersebut.

Nah, agar Anda bisa tampil cantik di hari Lebaran, ikuti cara-cara di bawah ini:

1. Hindari mandi atau berendam dengan air yang terlalu panas

Sebelum pergi beribadah salat Idul Fitri, mandi tentu jadi hal wajib yang tidak boleh Anda lewatkan. Tapi ingat, jangan mandi atau berendam dengan air yang terlalu panas, karena dapat mengikis kelembaban alami kulit, sehingga kulit menjadi kering.

Batasi mandi maksimal 10 menit dengan air yang bersuhu sejuk dan tidak terlalu panas. Pilihlah sabun dengan pH netral atau pH balanced untuk menghindari kekeringan pada kulit. Selain itu apabila kulit Anda rentan alergi, Anda juga bisa memilih sabun yang tidak mengandung pewangi atau bersifat hypoallergenik.

2. Gunakan tabir surya

Ibadah salat Idul Fitri yang umumnya dilakukan di lapangan terbuka pastinya akan membuat Anda rentan terpapar sinar matahari secara langsung.

Berdasarkan anjuran dari organisasi kesehatan dunia WHO, terpapar sinar matahari 5-15 menit selama 2-3 kali dalam seminggu cukup untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari.

Namun, jika Anda akan berada di bawah sinar matahari lebih dari 15 menit, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 15. Meski demikian, biasanya salat Id dilangsungkan pagi sekitar pukul 06.30 hingga puku 08.00 saat sinar matahari masih aman bagi kulit.

3. Gunakan krim pelembap di malam hari

American Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan pelembab setelah mandi agar kulit lebih bisa mengunci zat yang terdapat di dalam pelembap tersebut.

Jika Anda memiliki kulit kering, pastikan kandungan petrolatum, mineral oil, lanolin, dan dimethicone terdapat di dalam pelembap. Selain itu, pilih juga produk dengan kandungan gliserin, propylene glycol, protein, urea, dan vitamin yang berfungsi untuk menarik air ke lapisan terluar kulit.

Untuk kulit berminyak, Anda bisa memilih produk pelembap yang mengandung gliserin, asam hialuronat dan aloe vera. Pastikan juga tekstur pelembap Anda tidak terlalu padat agar tak menyumbat pori-pori.

4. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit merupakan salah satu ritual wajib yang sebaiknya dimasukkan dalam agenda perawatan kulit rutin Anda. Meski sudah rajin mencuci wajah 2 kali sehari, Anda tetap harus melakukan eksfoliasi paling tidak 2 minggu sekali.

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tak terlihat kering dan kusam. Perawatan ini bisa dilakukan dengan penggunaan produk tertentu atau secara mikrodermabrasi. Dengan rutin melakukannya, Anda pun siap untuk tampil cantik di hari Lebaran nanti!

5. Kontrol asupan makan

Hidangan khas Lebaran seperti opor, gulai, rendang hingga beragam kue kering seperti kastengel, nastar dan putri salju sering "menghiasi" meja makan saat hari Lebaran. Namun terlalu banyak mengonsumsinya bisa berdampak buruk bagi kulit Anda, lo.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Dermatoendocrinology, konsumsi asam lemak omega 6 (seperti yang terdapat pada minyak sayur) berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan dan jerawat.

Selain itu, hindari konsumsi makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan (deep fried) jika tak ingin jerawat bermunculan di wajah Anda. Batasi juga konsumsi makanan manis untuk menghindari kerusakan kulit dan penuaan dini.

Berbagai cara di atas bisa Anda terapkan agar bisa tampil cantik di hari Lebaran. Bagaimana, mudah, kan? Untuk menjaga kesehatan kulit, tetaplah melakukannya secara rutin, meski nanti Hari Raya Idul Fitri sudah berakhir.

[NP/ RVS]