Cara Ampuh Cegah Jatuh Sakit Saat Liburan

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 07 Jun 2019, 12:00 WIB
Lakukan ini agar penyakit tidak sampai terjadi dan merusak momen liburan Anda sekeluarga.
Cara Ampuh Cegah Jatuh Sakit Saat Liburan (Anton Mikhmel StudioNW/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan telah tiba. Momen yang tidak terjadi setiap hari ini sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk menyegarkan otak, pikiran, dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Karenanya, Anda mesti memastikan bahwa liburan berlangsung dengan “khusyuk” tanpa adanya berbagai penyakit yang menganggu.

Lalu, bagaimana cara memastikan agar tidak mudah sakit saat liburan? Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Salah satu cara untuk menjaga status hidrasi tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi alias kekurangan adalah dengan minum air putih yang cukup. Hal ini dapat dilakukan dengan membawa botol minum saat Anda bepergian.

Apabila Anda berkunjung ke luar negeri, pastikan apakah air keran di negara setempat aman untuk dikonsumsi atau tidak. Jika tidak, bawalah selalu botol minum pribadi yang diisi air putih.

  1. Istirahat cukup

Pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni sekitar 7 sampai 8 jam setiap hari. Dengan tidur yang cukup, Anda akan semakin siap untuk menjalani aktivitas liburan pada keesokan harinya.

Selain itu, pastikan pula bahwa Anda meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak setiap beberapa jam, guna mengumpulkan kembali tenaga. Apabila Anda kurang tidur atau kurang istirahat, daya tahan tubuh menjadi lebih lemah sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit.

  1. Makan tepat waktu

Makan sesuai waktunya penting untuk dipastikan agar Anda tetap berenergi untuk menjalani aktivitas serta tidak mudah merasa lemas. Karenanya, meski Anda sedang sibuk berkeliling atau berbelanja, makan tepat pada waktunya tetap menjadi prioritas yang diutamakan.

  1. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Pada saat liburan, seseorang lebih cenderung untuk mengonsumsi makanan apa saja yang bisa dibeli di sepanjang jalan. Anda sebaiknya menghindari perilaku seperti ini. Akan lebih baik bila Anda tetap memperhatikan keseimbangan gizi di setiap makanan yang dikonsumsi.

Pastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, yakni karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral, dalam proporsi yang direkomendasikan. Ini dilakukan guna tetap mendapatkan gizi yang penting serta menjadi lebih berenergi untuk menjalani kegiatan-kegiatan yang ada selama liburan.

  1. Pastikan kebersihan dari makanan yang dikonsumsi

Salah satu hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah kebersihan makanan yang hendak Anda konsumsi. Pada saat liburan, disarankan untuk memilih makanan yang diproses secara bersih dan disajikan dengan baik. Karena, apabila Anda mengonsumsi makanan dengan taraf kebersihan yang tidak optimal, hal ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit tertentu.

Menjaga kesehatan saat liburan merupakan hal wajib selalu diutamakan. Dengan ini, Anda dapat menikmati momen-momen berlibur bersama keluarga atau teman-teman dengan maksimal dan menjalani kegiatan selama berwisata dengan penuh energi dan semangat. Setelah liburan, Anda pun akan kembali “fresh” sehingga mampu menghadapi segala tantangan dengan lebih optimal.

(NB/ RVS)