Pilihan Menu Sehat dan Praktis Saat ART Mudik Lebaran

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 08 Jun 2019, 08:00 WIB
Ingin tetap menyajikan menu sehat dan praktis saat ART mudik lebaran? Ini beberapa makanan yang bisa Anda jadikan pilihan.
Pilihan Menu Sehat dan Praktis Saat ART Mudik Lebaran (Yuganov Konstantin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat libur Lebaran ketika ART mudik, salah satu hal yang sering menjadi pemikiran adalah bagaimana mempersiapkan menu makanan untuk keluarga. Tentu saja, mudiknya ART membuat para ibu harus putar otak untuk menyiapkan menu makanan yang sehat, mudah dan praktis sehingga tidak membutuhkan persiapan dan pengerjaan yang rumit.

Namun jika Anda masih bingung dengan menu sehat dan praktis apa yang akan Anda hidangkan untuk keluarga saat ART masih mudik, berikut sontekannya:

  1. Salad

Selain rasanya yang lezat dan segar, salad juga mudah untuk dipersiapkan di rumah. Anda dapat mempersiapkan bahan dasar sayuran, seperti selada, wortel, jagung, tomat, zaitun, dengan tambahan keju, crouton, daging ayam, tuna, dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk juga menyediakan dressing seperti caesar atau ranch untuk menambah cita rasa.

  1. Roti isi

Roti isi merupakan salah satu pilihan menu yang praktis untuk dikonsumsi, dan bisa disajikan dengan berbagai macam variasi. Misalnya, Anda dapat menyajikan roti yang berisi cokelat dan keju. Atau, apabila memilih untuk mengonsumsinya sebagai menu makan siang atau makan malam, Anda dapat menyajikan roti isi dengan daging atau ayam, keju, dan selada.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu pilihan menu makanan yang dapat disajikan dengan berbagai cara. Contoh, Anda dapat menyajikan omelet sebagai salah satu pilihan menu makanan untuk sarapan, dengan mencampurkan telur beserta tomat, keju, dan ayam atau daging. Atau, sebagai pilihan lainnya, Anda dapat menyajikan telur mata sapi atau scrambled eggs.

  1. Sup sayur

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, sup sayur juga digemari oleh banyak orang karena rasanya yang lezat. Beberapa pilihan jenis sayur yang dapat dimasukkan adalah wortel, jagung, oyong, labu, dan sebagainya. Sup sayur dapat menjadi salah satu pilihan menu yang praktis untuk dipersiapkan di rumah pada saat ART sedang mudik lebaran.

  1. Soto ayam

Soto ayam bisa menjadi salah satu menu makanan yang dapat dipersiapkan dengan mudah. Bahan dasar yang Anda perlukan mencakup ayam, sayuran, telur, misoa, serta penambah rasa untuk kuah soto. Karena rasanya yang lezat, tidak jarang soto menjadi menu makanan favorit banyak orang.

  1. Sate

Sate ayam merupakan jenis menu makan yang cukup sederhana untuk dipersiapkan. Bahan dasar yang dibutuhkan adalah daging ayam, bumbu kacang, dan kecap. Setelahnya, Anda dapat memanggang daging hingga matang lalu menyajikannya.

Dengan pilihan menu sehat dan praktis tersebut, Anda dapat tetap sajian yang mudah dibuat saat ART mudik lebaran. Penting untuk diingat bahwa makanan yang disajikan harus mengandung gizi seimbang, yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral sesuai dengan proporsi yang dianjurkan.

(NB/ RVS)