5 Tips agar Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 08 Jun 2019, 09:00 WIB
Membayangkan kembali bekerja usai libur Lebaran yang panjang tentu memusingkan. Ikuti tips berikut ini agar tetap semangat kerja usai libur.
5 Tips agar Semangat Kerja Usai Libur Lebaran (ESB Professional/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setelah libur panjang dan dihadapkan dengan kenyataan kembali masuk kerja, pasti rasanya menyebalkan dan terkadang bikin bad mood. Hal ini wajar dialami, apalagi setelah libur Lebaran. Nah, agar tak loyo usai bersenang-senang selama liburan, Anda harus tahu tips yang tepat agar tetap semangat kerja usai libur panjang.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, merasa malas kembali bekerja usai liburan panjang disebut dengan Post Vacation Blues. Semakin lama libur, Anda akan semakin lama merasakannya.

Post Vacation Blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan pada beberapa kasus bisa berujung depresi.

“Hal ini dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, Anda menyadari betapa kehidupan sangat membosankan dan tidak menarik," ujar dr. Nadia.

Kabar baiknya, kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, pada kasus yang cukup ekstrem, Post Vacation Blues bisa membuat Anda depresi selama beberapa minggu. Bila sudah terjadi demikian, tentu akan sangat berbahaya bagi pekerjaan Anda.

Lakukan ini agar bersemangat kembali

Menyemangati diri saat hari pertama bekerja usai libur panjang memang tak mudah. Tapi, bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan semangat bekerja usai libur Lebaran:

  1. Mulai dengan perlahan

Post Vacation Blues sering kali dialami oleh orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres.

"Usai liburan, usahakan untuk pulang ke rumah satu atau dua hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi secara perlahan dengan rutinitas," saran dr. Nadia.

Kalau kata anak muda zaman sekarang, jangan langsung digas. Anda perlu menyesuaikan diri juga sebelum kembali bekerja.

  1. Bersihkan rumah dan meja kerja

Tumpukan barang-barang liburan yang berantakan dan timbunan pekerjaan yang belum selesai bisa membuat Anda malas bekerja. Solusinya, segera bereskan. Atau, Anda juga bisa merapikan meja kerja sebelum liburan. Jadi, setelah kembali masuk ke kantor dan melihat meja bersih, Anda bisa kembali bersemangat.

  1. Segera rapikan foto liburan

"Melihat-lihat lagi foto liburan sering kali membuat Anda susah move on dari liburan. Jika ingin kembali bekerja, simpan foto-foto tersebut dan hindari mengecek media sosial terus-menerus," kata dr. Nadia.

  1. Rencanakan liburan selanjutnya

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The Journal Applied Research in Quality of Life, merencanakan liburan dapat membuat Anda lebih bahagia. Jadi, lakukanlah perencanaan selanjutnya. Dengan begitu, Anda menjadi terpacu dalam bekerja.

  1. Santai sejenak dan lakukan hobi Anda

Untuk menghilangkan penat karena masalah pekerjaan, Anda juga mesti melakukan perencanaan agar tubuh rileks. Meluangkan waktu untuk santai sejenak seperti melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pekan dapat menjadi pilihan tepat.

Jangan keburu stres memikirkan harus kembali kerja usai liburan. Cobalah berbagai kiat di atas untuk mengatasinya. Dan ingatlah bahwa dengan bekerja, Anda bisa mulai menargetkan liburan berikutnya. Cara ini bisa Anda gunakan juga untuk memotivasi diri agar kembali semangat kerja usai libur Lebaran.

[NP/ RVS]