Kiat Memulai Makan Sehat Usai Lebaran

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 07 Jun 2019, 15:00 WIB
Usai Lebaran, segera perbaiki diet Anda. Coba kiat berikut ini agar Anda bisa mulai makan sehat usai Hari Raya Idul Fitri.
Kiat Memulai Makan Sehat Usai Lebaran (Prostock-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Siapa bisa menolak ketupat dan opor ayam saat lebaran? Rasanya sulit menghindari deretan makanan khas pada Hari Raya Idul Fitri. Sayangnya, beragam makanan itu biasanya tidak terlalu sehat karena tinggi lemak atau penuh kandungan gula dan karbohidrat simpleks. Usai Lebaran nanti, konsumsilah makanan sehat agar tubuh lebih bugar.

Memang tidak ada yang bisa menolak hidangan Lebaran yang super nikmat. Akan tetapi, semua makanan tersebut mengandung kalori, kolesterol, dan gula yang tinggi. Hal ini dijelaskan oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari KlikDokter.

"Mengonsumsi jenis makanan di atas dalam jumlah banyak dan berlebihan dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan, seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke," ujarnya. Jika sudah begitu, Anda harus segera kembali mengatur pola makan dan asupan supaya kesehatan tetap terjaga.

Yuk, terapkan ini!

Meski tak mudah, bukan berarti konsisten untuk mengonsumsi makanan sehat tak bisa dilakukan. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk makan lebih sehat. Anda bisa memulainya segera setelah masa libur Lebaran atau ketika sudah kembali beraktivitas bekerja.

1. Siapkan ikan di kulkas sebelum Lebaran

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk makan setidaknya 2 porsi ikan per minggu. Oleh karena itu, Anda harus sudah mempersiapkan ikan sebelum Lebaran. Jadi, setelah Idul Fitri, Anda bisa langsung makan ikan.

Ikan kaya akan omega-3 yang bagus untuk kolesterol dalam tubuh Anda. Jadi, bisa saja persiapkan jenis ikan yang Anda suka dalam lemari beku agar tidak perlu berbelanja lagi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan wajib dimakan ketika Anda berusaha untuk kembali mengonsumsi makanan sehat. Berbagai pilihan buah yang bisa Anda konsumsi seperti semangka, jeruk, pepaya, alpukat, atau apel.

"Buah-buahan yang tinggi serat akan membuat kenyang lebih lama dan menghindarkan Anda dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi kalori, lemak dan gula seperti kue-kue atau makanan pencuci mulut lainnya," ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

3. Buat segelas smoothies

Kebiasaan ini juga bisa Anda lakukan dan lanjutkan menjadi kegiatan sehari-hari. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, smoothies umumnya minuman yang semua manfaat buah dan sayuran di dalamnya bisa dirasakan, mulai dari vitamin dan mineral, serta serat yang diketahui punya segudang manfaat untuk kesehatan pencernaan.

4. Makan salad

Anda bisa menambahkan salad sayur atau buah yang memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat sebagai diet usai lebaran. Jika tidak terlalu suka salad, Anda bisa memilih menu “salad” yang lebih Indonesia, seperti gado-gado.

Namun, perhatikan saat membuat salad. Jangan tambahkan dressing yang tidak sehat seperti keju atau mayones. Sebaiknya juga, gunakan saus kacang atau saus salad secukupnya agar kalori yang masuk ke tubuh Anda tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa mengganti menu saus dengan minyak zaitun yang lebih sehat.

5. Air putih

Saat lebaran, mungkin Anda terlalu banyak minum es buah, es cendol, minuman bersoda, dan minuman sarat gula lainnya. Usai lebaran berakhir, lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Anda tentu tahu bahwa cukup minum air putih 8 gelas setiap harinya atau sekitar 2 liter baik untuk tubuh.

"Air putih, selain murah dan mudah didapat, merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi sebanyak apa pun tidak akan menambah ekstra kalori untuk tubuh Anda," ujar dr. Nadia.

Demikian berbagai kiat yang bisa Anda lakukan untuk kembali makan sehat usai Lebaran. Ingat juga, perayaan Idul Fitri berpotensi menaikkan berat badan akibat kalap dengan makanan yang dihidangkan. Jadi, segera kembali ke makanan sehat, supaya tubuh kembali bugar dan terhindar dari penyakit.

[NP/ RVS]