Pulihkan Kondisi Kulit Usai Liburan dengan Jeruk Nipis

Oleh Hotnida Novita Sary pada 10 Jun 2019, 11:00 WIB
Liburan berakhir, tapi kulit Anda malah tampak kusam. Tenang, pulihkan kondisi kulit Anda dengan jeruk nipis!
Pulihkan Kondisi Kulit Usai Liburan dengan Jeruk Nipis (Yuratosno3/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Selama liburan panjang, Anda cenderung longgar bahkan mengabaikan kondisi kesehatan kulit wajah. Tak jarang, kulit Anda terlihat kusam, menggelap, dan berjerawat usai liburan. Penyebabnya bisa banyak hal, misalnya, mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak, terpapar sinar matahari, atau malas membersihkan muka. Nah, salah satu bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah jeruk nipis.

Selain jamak digunakan dalam aneka masakan, jeruk nipis banyak pula manfaatnya bagi kesehatan. Misalnya saja untuk meningkatkan daya tahan tubuh, obat batuk tradisional, serta campuran dalam jamu tradisional. Selain manfaat-manfaat tersebut, jeruk nipis juga baik untuk kulit wajah Anda.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, dalam sebuah jeruk nipis, terkandung 20 gram vitamin C, atau sekitar 30 persen dari kebutuhan harian seseorang. “Karena kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai virus, termasuk virus penyebab flu.”

Manfaat jeruk nipis

Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis adalah sumber asam sitrat dan flavonoid yang memberikan banyak manfaat untuk kulit Anda. Buah bernama Latin Citrus latifolia itu dapat dikonsumsi secara langsung – misalnya dengan membuat wedang jeruk nipis – atau dioleskan pada kulit.

Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis bagi kulit. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Bantu menghilangkan bintik hitam

Jeruk nipis dianggap sebagai bahan pemutih alami karena sifat pencerahnya. Buah ini mampu meringankan atau menyamarkan bintik-bintik hitam di wajah.

Yang perlu Anda lakukan adalah letakkan kapas yang mengandung air jeruk nipis pada bagian kulit Anda yang gelap. Biarkan selama 30 menit.

Namun, pastikan Anda tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Air jeruk nipis dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari. Disarankan pula agar Anda menggunakan tabir surya sebelum bepergian. Anda juga dapat menggunakan air ini untuk meringankan ketiak yang gelap.

  1. Mengatasi jerawat dan minyak berlebih

Jerawat dan noda akibat kotoran dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori Anda. Akibatnya, bakteri yang ada di pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jus jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat muncul kembali, Anda bisa menyiapkan beberapa tetes jeruk nipis dengan madu. Madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sementara sifat asam dari jus jeruk nipis akan mengendalikan kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya. Bekas luka yang ditinggalkan jerawat juga dapat diringankan dengan memijat area noda dengan air jeruk nipis.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Anti-penuaan

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, dalam jeruk nipis juga terkandung antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

“Dalam tubuh dan lingkungan sekitar, banyak terdapat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan menghambat regenerasinya. Antioksidan membuat tubuh mampu memerangi radikal bebas ini. Jadi, sel-sel dalam tubuh menjadi terlindungi dan tetap awet muda.”

  1. Mengembalikan warna kulit

Paparan sinar matahari yang berlebihan selama liburan bisa menggelapkan kulit. Jus jeruk nipis dapat digunakan untuk mengembalikan warna kulit Anda secara efektif. Anda dapat mengaplikasikan perasan jus jeruk nipis ke wajah Anda.

Oleskan perasan jeruk nipis secara merata pada kulit, biarkan mengering. Selanjutnya, basuh wajah Anda dengan air dan keringkan. Lakukan metode ini setiap minggu untuk hasil yang optimal.

  1. Mengecilkan pori-pori

Astringen efektif untuk mengencangkan otot sementara. Itulah sebabnya, astringen sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringen dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak. Hasilnya, Anda mendapatkan kulit lebih cerah.

  1. Membuang kulit-kulit mati

Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati. Karena itu, jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

  1. Membuat kulit tampak bercahaya

Kulit kusam dapat disebabkan karena Anda malas mencuci muka. Agar kulit kembali bercahaya, minumlah segelas air hangat dengan madu ditambah perasan jeruk nipis di pagi hari secara teratur. Secara alami, kulit Anda akan tampak cerah. 

Jika seusai liburan kulit Anda terlihat kusam, tidak usah panik.  Anda juga tidak perlu melakukan perawatan mahal, Anda bisa mengembalikan kesegaran kulit setelah liburan panjang dengan jeruk nipis. Lakukan cara-cara seperti yang disarankan di atas. Bila Anda melakukannya secara teratur dalam beberapa minggu, kulit Anda akan kembali segar dan bercahaya. Plus, daya tahan tubuh juga akan optimal karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓