ART Mudik Lebaran? Ini Cara Praktis Bereskan Pekerjaan Rumah

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 10 Jun 2019, 12:30 WIB
Rumah berantakan pasca Lebaran karena ART masih mudik. Jangan khawatir, ini cara praktis bereskan pekerjaan rumah tangga.
ART Mudik Lebaran? Ini Cara Praktis Bereskan Pekerjaan Rumah (Elena Nichizhenova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya, ART mudik beberapa hari menjelang Lebaran dan baru kembali kira-kira dua minggu setelahnya. Dalam jangka waktu itulah, rumah cenderung berantakan. Entah karena ditinggal liburan, deretan tamu yang tak kunjung habis, atau hal lainnya yang menjadikan kebersihan rumah tak terurus. Jangan khawatir, ada cara praktis, efisien, dan optimal dalam membereskan pekerjaan rumah tangga saat ART masih mudik Lebaran.

Jika Anda tinggal sendirian, mau tak mau memang Anda harus membersihkan rumah seorang diri. Namun, jika ada anggota keluarga lainnya, Anda bisa berbagi tugas. Apabila mungkin, Anda juga bisa melibatkan anak-anak di rumah sekaligus mengajari mereka pentingnya kebersihan dan tanggung jawab.

Umumnya, fokus utama dalam membereskan pekerjaan rumah tangga adalah memasak, menyapu dan mengepel, serta mencuci dan menyetrika pakaian. Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan ini:

  1. Membersihkan perabotan

Menurut artikel yang dilansir dari laman The Spruce, membersihkan debu dari perabotan rumah tangga dapat menggunakan kain, bahkan kaus kaki bekas. Misalnya ketika membersihkan meja, lap secara merata dari ujung satu ke ujung lainnya untuk menghindari debu menumpuk pada area yang sudah dibersihkan.

  1. Membersihkan jendela dan cermin

Anda bisa menggunakan koran bekas untuk membersihkan permukaan jendela dan cermin. Campurkan koran bekas tersebut dengan cuka lalu bersihkan permukaan jendela dan cermin. Hasilnya, permukaan akan bersih berkilau.

  1. Membersihkan microwave

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk membersihkan bagian dalam dari microwave adalah dengan mendidihkan secangkir air di dalamnya. Uap yang dihasilkan dapat membantu “melonggarkan” partikel-partikel kotoran yang telah kering dan melekat di permukaan dalam microwave, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

  1. Membersihkan toilet

Untuk membersihkan toilet tanpa repot, Anda bisa menuangkan toilet cleaner ke dalam kloset sambil membersihkan permukaan luarnya. Ini dapat membantu membersihkan kotoran dan noda.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Membersihkan kulkas

Trik untuk membersihkan kulkas adalah dengan membuang makanan yang telah rusak, kedaluwarsa, membusuk, yang tak bisa lagi dikonsumsi.

Untuk membersihkan permukaan bagian dalam kulkas atau lemari pendingin, Anda dapat menggunakan baking soda. Zat tersebut dapat membersihkan kotoran serta menghilangkan aroma yang mengganggu tanpa merusak permukaan dalam lemari pendingin tersebut.

  1. Membersihkan oven

Pada hari-hari saat oven tidak digunakan, Anda dapat meluangkan waktu untuk menyemprotkan oven cleaner ke permukaan bagian dalam. Sehari setelahnya, usap kotoran dan partikel dari permukaan tersebut.

  1. Membersihkan kertas-kertas

Salah satu cara untuk merapikan kertas dan dokumen di rumah adalah dengan menyusunnya berdasarkan kategori dan nama. Jangan lupa untuk membuang kertas-kertas yang sudah tidak lagi digunakan agar tidak menumpuk dan bikin berantakan.

  1. Membersihkan pakaian

Anda dapat membagi tugas bersama anggota keluarga terkait mengelola pakaian. Misalnya, Anda dapat membuat setiap anggota keluarga bertanggung jawab untuk pakaiannya masing-masing.

Atau, Anda juga dapat membagi peran untuk setiap anggota keluarga. Misalnya ada yang bertugas mencuci, ada yang mengeringkan, ada yang menyetrika, dan ada yang memasukkannya kembali ke dalam lemari pakaian. Dengan membagi tugas, beban kerja akan semakin sedikit dan prosesnya pun akan menjadi lebih cepat.

  1. Mencuci piring

Mencuci piring sebaiknya dilakukan segera setelah selesai makan. Menunda mencuci piring selama berhari-hari dapat menyebabkan alat makan yang kotor menumpuk, sehingga Anda jadi makin malas membersihkannya.

Tak ada gunanya mengeluh saat bersih-bersih rumah karena ART masih mudik Lebaran. Sisi positifnya, Anda bisa memanfaatkan ini untuk tetap aktif sekaligus menjadikannya sebagai quality time bersama keluarga. Terapkanlah tips yang dibeberkan di atas agar pekerjaan rumah tangga bisa cepat selesai dengan hasil yang optimal. Kalau rumah bersih, Anda dan keluarga pun tetap sehat dan betah di rumah!

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓