Tips Bebas Stres Saat ART Mudik

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 11 Jun 2019, 10:00 WIB
Stres akibat pekerjaan rumah tangga menumpuk karena ART mudik? Simak tips berikut agar Anda terhindar dari stres.
Tips Bebas Stres Saat ART Mudik (Antonio Guillem/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Libur Lebaran telah berakhir dan sebagian besar pemudik sudah kembali bekerja dan beraktivitas normal. Meski demikian masih banyak dari sebagian masyarakat yang kondisi di dalam rumahnya belum kembali normal karena sang Asisten Rumah Tangga (ART) belum kembali dari mudik ke kampung halamannya. Jika tidak cermat mengatasinya, kondisi rumah yang berantakan akibat ART mudik berpotensi membuat Anda stres.

Tanpa kehadiran ART, sering kali mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehari-hari baru terasa berat dan melelahkan. Meski begitu, bukan berarti tugas-tugas tersebut bisa diabaikan begitu saja.

Tips melakukan pekerjaan rumah tangga tanpa stres

Lalu, apa saja tips praktis yang dapat diterapkan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut agar lebih efisien dan tidak membuat stres? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Membagi tugas antar anggota rumah tangga

Dengan membagi tugas, pekerjaan rumah tangga tentu akan semakin cepat selesai. Misalnya, ayah bertugas membersihkan tempat tidur dan kamar, ibu bertugas mempersiapkan makan siang, kakak bertugas membersihkan halaman, dan adik bertugas merapikan ruang keluarga. Setelahnya, yang sudah selesai dapat membantu anggota keluarga lainnya.

Selain menjadi lebih cepat selesai, berbagi tugas dan melakukan pekerjaan rumah tangga bersama-sama juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

  1. Tidak menunda pekerjaan

Salah satu hal efisien yang penting untuk diterapkan adalah menghindari menunda pekerjaan rumah tangga. Misalnya, biasakan untuk langsung mencuci piring setelah makan siang atau malam.

Membiarkan piring menumpuk tidak tercuci selama berhari-hari akan membuat Anda merasa semakin malas untuk membersihkannya di kemudian hari. Selain itu, piring kotor yang menumpuk juga bisa menimbulkan aroma tidak sedap.

  1. Menggunakan alat bantu yang sesuai

Untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga Anda, tentu dibutuhkan juga alat bantu yang sesuai dengan kondisi rumah. Misalnya, rumah dengan lantai yang banyak dilapisi karpet akan membutuhkan mesin penyedot debu. Atau, rumah dengan penghuni yang banyak akan membutuhkan mesin cuci untuk mempercepat dan mempermudah tugas mencuci pakaian.

Dengan menggunakan alat bantu yang sesuai dengan kondisi rumah, pekerjaan rumah secara otomatis akan menjadi semakin mudah dan cepat untuk dikerjakan dan diselesaikan.

  1. Membuat pekerjaan rumah jadi menyenangkan

Mengisi aktivitas pekerjaan rumah tangga dengan selingan hal-hal yang menyenangkan dapat membuat Anda lebih efisien dalam bekerja. Misalnya, Anda dapat memutar musik favorit saat memasak dan mempersiapkan makanan, atau menonton acara televisi yang Anda sukai saat membersihkan kamar.

Dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, pekerjaan rumah tangga tidak akan terasa berat, sehingga tanpa sadar, semuanya pun akan lebih cepat selesai.

  1. Mencicil pekerjaan

Menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan ART akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Agar tidak terlalu kewalahan oleh tugas yang menumpuk selama hari-hari tanpa ART, Anda harus mencicilnya dengan mengerjakannya sedikit demi sedikit.

  1. Beristirahat cukup dan berkumpul bersama keluarga

Setelah bersama-sama mengerjakan tugas-tugas rumah yang biasanya dikerjakan oleh ART, jangan lupa untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga. Dengarkah keluh kesah atau keceriaan anak-anak Anda tentang pekerjaan rumah yang baru saja diselesaikannya.  Momen tersebut bisa sekaligus Anda pakai sebagai cara mengedukasi anak tentang pentingnya mandiri, dan tidak selalu bergantung pada ART.

Di saat ART mudik, melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri memang akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih dari biasanya. Jika Anda tidak pandai mengaturnya, bisa berpotensi menimbulkan stres. Akan tetapi, dengan melakukan tips yang sudah dijabarkan di atas, Anda dapat tetap menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan efektif dan efisien.

[MS/ RVS]