9 Cara Tepat Hambat Kanker Prostat

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 11 Jun 2019, 17:20 WIB
Kanker prostat masih menjadi ancaman serius bagi para pria. Segera lakukan pencegahan dengan tindakan ini!
9 Cara Tepat Hambat Kanker Prostat (iLoveCoffeeDesign/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kanker prostat dikenal sebagai penyakit yang khas pada pria. Kanker jenis ini menyerang bagian prostat atau organ tubuh yang biasanya memproduksi air mani, sehingga bila terjadi bisa mengakibatkan gangguan kesuburan.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, kanker prostat adalah penyakit yang terjadi ketika sel kelenjar prostat menjadi ganas dan terus-menerus membesar tidak terkendali. Di antara berbagai jenis kanker yang terjadi pada pria, kanker prostat menduduki urutan pertama, baik dalam hal jumlah maupun angka kematian akibatnya.

Kendati begitu, penyebab kanker prostat masih belum diketahui secara jelas. Para peneliti menduga bahwa penyakit ini berkaitan erat dengan faktor usia, riwayat keluarga, mutasi gen dan diet. Selain itu, adanya penyakit lain seperti prostatitis atau peradangan pada kelenjar prostat, dan Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) di mana kelenjar prostat membesar seiring bertambahnya usia juga diduga menjadi penyebab kanker tersebut.

Cara mencegah kanker prostat

Kanker prostat bisa dicegah dan dihambat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk itu, yakni:

1. Diet dan olahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet sehat dan olahraga teratur dapat menghalau pertumbuhan kanker prostat.

Karenanya, Anda wajib mengurangi asupan gula dan menjauhi produk susu berlemak. Sebagai gantinya, konsumsi daging yang bebas lemak, buah-buahan, serta sayuran berwarna. Saat Anda pergi ke gym, lakukan latihan kardio dan angkat beban.

2. Jauhkan diri dari stres

Stres dapat menyebabkan berbagai perubahan pada fungsi tubuh. Peneliti menduga bahwa stres juga berperan pada terjadinya kanker prostat. Karena itu, sebaiknya kelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan hobi yang disenangi atau yoga.

3. Biji rami

Para peneliti mengatakan bahwa biji rami dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor prostat.

4. Teh hijau

Beberapa ahli mengatakan bahwa senyawa dalam teh hijau yang disebut EGCG dapat menurunkan dan membunuh sel kanker, termasuk kanker prostat.

5. Vitamin D

Orang dengan kanker prostat cenderung memiliki lebih sedikit vitamin D dalam tubuh. Maka dari itu, agar kanker prostat tidak terjadi, Anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari pagi, susu, dan suplemen makanan.

6. Jus delima

Penelitian tahap awal menemukan bahwa mengonsumsi 8 ons jus delima dalam sehari dapat menekan pertumbuhan kanker prostat.

7. Likopen

Jenis kandungan alami ini paling banyak ditemukan dalam tomat. Likopen telah lama dipelajari mengenai efeknya terhadap kanker.

8. Kunyit

Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mencegah timbulnya kanker prostat. Herbal ini juga membantu tubuh melawan peradangan.

9. Berhenti merokok

Rokok masih menjadi ancaman bagi tubuh. Menurut dr. Sepriani, sebagian besar zat dalam rokok merupakan karsinogenik alias dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker prostat.

Kanker prostat memang tidak pandang bulu dalam mengincar pria sebagai korbannya. Maka itu, segera lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin agar penyakit berbahaya ini tidak sampai menyerang dan menurunkan kualitas hidup Anda.

(NB/ RVS)