Bagaimana Cara Memperlambat Penuaan?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 12 Jun 2019, 14:20 WIB
Penuaan adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan, tapi bisa diperlambat. Berikut cara memperlambat penuaan.
Bagaimana Cara Memperlambat Penuaan? (Pond's-Memories/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Penuaan adalah sesuatu yang alamiah dan tidak bisa ditolak. Semakin usia bertambah, sejumlah perubahan fisik seperti kulit menjadi keriput dan tidak elastis, kantong atau kerutan di sekitar mata juga perlahan muncul. Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat penuaan, apalagi jika kondisi itu terjadi di usia muda.

Hal tersebut juga diamini oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. “Penuaan merupakan proses yang alami dan akan terus terjadi pada setiap manusia. Meski begitu, Anda bisa menghambatnya dengan cara-cara sederhana, tapi konsisten,” kata dr. Sepriani.

Lalu, bagaimana cara melawan penuaan?

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melawan penuaan. Beberapa hal di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

1. Lebih banyak bergerak

Anda cenderung lebih sering sakit seiring bertambahnya usia, seperti cedera lama yang kerap kambuh atau penyakit radang sendi yang baru muncul. Namun, lebih banyak bergerak ternyata dapat meredakan rasa sakit dan membuat persendian Anda lebih fleksibel. Cobalah olahraga seperti berenang, yoga, dan tai-chi.

Bantalan pemanas atau kompres es juga bisa membantu Anda. Jika bahan-bahan tersebut tidak cukup membantu, bicarakan dengan dokter Anda tentang obat yang dijual bebas, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

2. Memperhatikan kondisi kulit

Keriput adalah tanda penuaan paling mudah dikenali. Ini muncul saat kulit Anda menjadi lebih tipis, kering, dan berkurang elastisitasnya. Akan tetapi, beberapa hal dapat memperburuknya, seperti merokok dan sinar ultraviolet dari matahari.

Untuk meringankan tanda-tanda penuaan ini, lindungi kulit Anda dari sinar matahari, dan tidak merokok. Beberapa produk kulit, seperti pelembap atau retinoid resep, mungkin membuat keriput menjadi kurang terlihat. Tetapi Anda harus sabar karena hasilnya tidak instan. Dokter kulit dapat membantu Anda mengetahui apa yang terbaik untuk kondisi kulit Anda.

3. Lawan kulit kering

Mirip seperti keriput, kulit kering juga menjadi salah satu tanda. Perlindungan terhadap sinar matahari dan berhenti merokok akan membantu Anda terhindar dari masalah ini juga. Menghindari alkohol juga yang bisa memperburuk kondisi kulit.

Lalu, sebaiknya mandi kurang dari 10 menit dan menggunakan air hangat, atau tidak terlalu panas. Kemudian gunakan pelembap berbahan dasar minyak di seluruh tubuh.

1 of 2

Selanjutnya

4. Perhatikan kondisi otot

Banyak orang kehilangan kekuatan dan daya tahan seiring bertambahnya usia, tetapi alasannya bukan karena proses penuaan. Banyak orang tidak menggunakan otot-otot mereka secara maksimal.

Untuk menghindari otot menjadi lemah, latihan beban bagus untuk membangun kekuatan Anda. Selain itu, olahraga teratur seperti berjalan, berkebun, atau berenang, juga bisa membantu.

5. Pastikan cukup tidur

Kebutuhan tidur Anda tidak berubah seiring bertambahnya usia, dan Anda harus selalu memenuhi kebutuhan ini. Orang yang lebih tua cenderung lebih sulit tertidur, tidur lebih pendek, dan lebih sering bangun di tengah malam.

Kopi dan alkohol dapat menyebabkan masalah tersebut. Jadi, untuk menghambat proses penuaan, mengurangi konsumsi dua minuman itu bisa membantu. Penting juga untuk menjaga kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi tidur Anda, seperti tekanan darah tinggi atau GERD. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda sering kesulitan tidur.

6. Latih otak agar tetap tajam

Penurunan fungsi otak adalah bagian dari proses penuaan yang normal. Otak Anda berubah seiring bertambahnya usia sehingga memengaruhi kemampuan Anda untuk mengingat.

Untuk membuat otak tetap tajam, coba beberapa lakukan aktivitas yang dapat membantu Anda menjaga ingatan tetap tajam. Misalnya, menjaga hubungan sosial dengan teman dan keluarga. Lalu, olahraga teratur dan makan makanan sehat juga penting. Mungkin sesekali Anda bisa juga coba isi teka-teki silang.

7. Lebih aktif demi berat badan ideal

Seiring bertambahnya usia, Anda tidak bisa membakar kalori seperti dulu. Akan tetapi, Anda dapat melawan metabolisme yang melambat dengan menjadi lebih aktif dan memperhatikan apa dan berapa banyak yang Anda makan.

Jadikan buah-buahan, sayuran, dan protein sebagai menu penting hidangan harian Anda. Batasi juga asupan gula dan makanan yang tinggi lemak jenuh.

8. Usir kesepian

Saat anak-anak Anda dewasa dan pindah rumah, atau Anda pensiun dari pekerjaan, rasa sepi kerap melanda. Bila dibiarkan, rasa sepi dapat berbahaya dan mengganggu mental. Agar Anda tidak berlarut-larut merasa sepi, jadikan aktivitas mengobrol dengan teman, keluarga, dan tetangga sebagai rutinitas harian.

Selain itu, memelihara hewan peliharaan juga baik untuk mengusir sepi. Lakukan juga olahraga jalan kaki setiap pagi atau sore hari. Anda akan bertemu banyak orang dan teman baru, sehingga berdampak baik pada kesehatan mental Anda.

Penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari, tapi bisa diperlambat. Anda bisa melakukan beberapa cara di atas secara konsisten agar terhindar dari penuaan dini. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang serta cukup istirahat untuk memperlambat penuaan.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓