Anak Alergi, Atasi dengan 3 Cara Alami Ini

Oleh Ayu Maharani pada 12 Jun 2019, 15:00 WIB
Selain minum obat untuk alergi, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak alergi.
Anak Alergi, Atasi dengan 3 Cara Alami Ini (ajlatan/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Alergi kerap menimpa anak-anak. Baik itu alergi yang disebabkan oleh makanan, serbuk bunga, suhu udara, hingga bahan-bahan kimia tertentu. Risikonya pun akan semakin besar bila sedari awal sudah ada faktor riwayat keturunan alergi dari keluarganya.

Meski lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi anak-anak yang memiliki alergi pun bisa terus mengalaminya hingga ia dewasa. Untuk itulah, biasanya orang yang memiliki alergi selalu membawa obat alergi ke mana pun dia pergi untuk berjaga-jaga. Padahal, Anda tak perlu selalu bergantung dengan obat-obatan karena alergi juga dapat diatasi dengan cara-cara alami.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, alergen (hal yang menjadi penyebab tercetusnya alergi) yang masuk ke dalam tubuh memang belum tentu zat beracun. Salah satu hal yang paling sering membuat anak mengalami alergi adalah makanan.

Saat alergen masuk dari makanan, maka gejala alergi yang muncul bisa meluas dan mencakup beberapa organ tubuh. Beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi, antara lain adalah susu, telur, kedelai, gandum, kacang pohon, kacang tanah, dan seafood.

Cara alami meredakan gejala alergi pada anak

Dilansir dari Healthline, jika anak Anda telanjur mengalami alergi, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan gejalanya. Adapun beberapa cara tersebut, meliputi:

  • Pengobatan alami untuk meredakan gejala alergi di kulit

Meski krim atau losion antihistamin tersedia di banyak toko obat, beberapa solusi lain juga dapat membantu meredakan gejala alergi yang timbul di kulit. Misalnya, untuk membantu mengatasi dermatitis kontak, si Kecil bisa mandi dengan air hangat sembari mengaplikasikan sabun lembut ke kulitnya.

Setelah mandi, Anda pun bisa mengoleskan gel lidah buaya di kulit yang mengalami alergi. Apabila kulit terlalu kering, oleskan losion pelembap. Sedangkan untuk membantu meredakan rasa gatal, oleskan kain basah yang dingin ke area tersebut.

  • Pengobatan alami untuk redakan gejala alergi sinus

Selain mengonsumsi atau menggunakan obat alergi yang dijual bebas, si Kecil pun dapat menghirup uap dari semangkuk air panas untuk membantu membersihkan sinus yang tersumbat akibat alergi serbuk sari.

  • Pengobatan alami untuk meredakan gejala alergi pada perut

Bila anak Anda mengalami diare, bujuk dia untuk mengonsumsi makanan seperti nasi, roti tawar, atau pisang. Penting juga bagi mereka untuk minum banyak air ataupun cairan lain.

Sedangkan jika si Kecil mual, dorong mereka untuk beristirahat dan diam (tidak melakukan aktivitas apa pun). Singkirkan benda-benda (lilin aromaterapi atau pewangi ruangan) dan makanan yang beraroma kuat agar mereka tidak semakin mual.

Terakhir, mungkin Anda juga bisa memakaikan gelang antinausea. Gelang ini dirancang untuk merangsang titik tekanan yang mungkin akan membantu meredakan mual. Gelang tersebut bisa dicari beberapa toko obat atau dapat dibeli secara online.

Pengobatan alergi secara alami seperti di atas bisa dilakukan apabila reaksi alergi yang ditimbulkan tidak terlampau parah. Jika reaksi alergi yang terjadi sudah parah, seperti nadi melemah, sesak napas berat, kepala pusing, dan kehilangan kesadaran, segera bawa si Kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dari dokter.

[MS/ RVS]