Pentingnya Donor Darah, dalam Rangka Hari Donor Darah Sedunia

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 14 Jun 2019, 14:00 WIB
Dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia, sudahkah Anda rutin donor darah? Jika belum, yuk mulai kegiatan mulia ini dari sekarang!
Pentingnya Donor Darah, dalam Rangka Hari Donor Darah Sedunia (Torychemistry/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tanggal 14 Juni setiap tahun merupakan World Blood Donor Day alias Hari Donor Darah Sedunia. Kegiatan tersebut diselenggarkaan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam rangka mengucapkan terima kasih kepada para pendonor darah yang telah menyelamatkan banyak nyawa, juga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kegiatan donor darah.

Segala kegiatan yang terangkum pada Hari Donor Darah Sedunia adalah bagian penting dari cakupan kesehatan universal. Kegiatan-kegiatan tersebut juga merupakan komponen kunci dari sistem kesehatan yang efektif.

Secara umum, produk darah merupakan layanan yang esensial bagi beberapa orang. Hal ini khususnya pada:

  • Wanita yang mengalami perdarahan terkait kehamilan dan persalinan
  • Anak dengan anemia berat akibat malnutrisi dan gizi buruk
  • Pasien dengan kelainan darah atau sumsum tulang
  • Pasien gangguan hemoglobin atau daya tahan tubuh
  • Pasien dengan cedera akibat kecelakaan atau bencana
  • Pasien yang akan menjalani prosedur pembedahan.

Kebutuhan produk darah adalah hal yang bersifat global. Namun, akses terhadap produk darah yang aman sangat bervariasi. Di banyak negara, salah satu tantangan dalam pelayanan darah adalah mendapatkan jumlah produk darah yang cukup serta memastikan mutu dan keamanan dari produk tersebut.

Setiap tahun, transfusi darah dapat menyelamatkan hingga jutaan nyawa. Pada tahun 2005, Menteri Kesehatan dari berbagai penjuru dunia membuat deklarasi komitmen dan dukungan terkait donor darah sukarela.

Melalui itu, para Menteri Kesehatan juga menetapkan Hari Donor Darah Sedunia sebagai suatu kegiatan tahunan yang diselenggarakan setiap 14 Juni. Resolusi tersebut juga mendukung perwakilan negara untuk mengimplementasikan dan mengorganisasikan program donor darah yang berkelanjutan dengan pemantauan yang sesuai. Hal ini sejalan dengan penyediaan produk darah yang bermutu dan aman, serta ekspansi layanan darah yang dibutuhkan agar kebutuhan setiap pasien bisa tercukupi.

Produk darah yang aman untuk setiap orang

Tema dari kampanye Hari Donor Darah pada tahun 2019 adalah, donor darah dan akses terhadap transfusi darah yang aman sebagai salah satu komponen untuk mencapai cakupan kesehatan universal.

Slogan yang dikembangkan adalah “Safe blood for all”, atau produk darah yang aman untuk setiap orang. Ini untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kebutuhkan universal terkait pelayanan darah yang aman dalam pelayanan kesehatan serta peran penting dari donor sukarela untuk mencapai tujuan tersebut.

Tema yang diangkat juga diharapkan dapat mendorong individu di berbagai negara untuk berkontribusi menjadi pendonor darah rutin dalam rangka membangun fondasi yang kuat terhadap suplai darah nasional. Dengan ini, orang-orang yang membutuhkan akan sepenuhnya memiliki pasokan yang memadai untuk menunjang keselamatan jiwanya.

Donor darah merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Hal ini untuk menjaga ketersediaan produk darah yang aman serta bermutu bagi setiap orang yang membutuhkannya. Momen Hari Donor Darah Sedunia kali ini bisa menjadi tonggak bagi siapa saja untuk terlibat dalam kegiatan mulia tersebut.

(NB/ RVS)