Tubuh Lebih Bugar dengan Jalan Cepat

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 16 Jun 2019, 10:00 WIB
Ingin tubuh lebih bugar dan sehat, coba saja lakukan olahraga jalan cepat secara rutin.
Tubuh Lebih Bugar dengan Jalan Cepat (Andrey Arkusha/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jalan cepat adalah olahraga intensitas ringan yang mudah dilakukan dan bisa memberikan beragam manfaat sehat yang mengejutkan. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jalan kaki ― yang menjadi gerakan dasar jalan cepat ― sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan karena termasuk ke dalam olahraga aerobik.

“Aerobik itu secara umum baik untuk kesehatan jantung dan paru. Karena saat Anda melakukan aerobik, itu akan memicu kerja jantung sekaligus memompa darah sehingga organ-organ tubuh mendapatkan oksigen dan pasokan gizi yang memadai,” kata dr. Sepri.

Nah, ketika Anda meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki, manfaat kesehatan yang didapatkan akan menjadi lebih besar lagi. Melansir Verywell Health, berikut beberapa manfaat yang dimaksud:

  • Dengan meningkatkan kecepatan, Anda bisa mendapatkan jarak yang lebih jauh untuk berjalan. Misal, Anda berjalan selama 30 menit dengan kecepatan normal dan bisa menempuh jarak 2 kilometer. Sedangkan, apabila melakukan jalan cepat, Anda bisa menempuh jarak lebih dari itu. Hal ini pada akhirnya akan membakar kalori lebih banyak.
  • Meningkatkan kecepatan jalan kaki sangat baik untuk kesehatan jantung. Faktanya, jalan cepat turut meningkatkan intensitas olahraga yang dilakukan. Hal ini akan memberikan peningkatan kebugaran yang lebih baik dari olahraga jalan kaki biasa, dan melindungi diri Anda dari berbagai risiko kesehatan.
  • Selama dilakukan dengan tepat dan konsisten, jalan cepat sangat baik untuk meningkatkan fungsi otot dan tingkat elastisitasnya,
1 of 2

Tips jalan cepat

Meski terlihat sepele, jalan cepat juga perlu perhatian khusus. Berikut beberapa tips untuk menunjang olahraga jalan cepat:

  1. Pilih sepatu yang tepat

Sepatu yang buruk bisa memperlambat langkah kaki. Karenanya, pastikan bahwa sepatu yang Anda gunakan untuk jalan cepat sudah tepat dan memiliki alas yang sesuai dengan medan tempuh.

Selain itu, pastikan pula sepatu yang Anda gunakan fleksibel, ringan, memiliki bantalan empuk, dan sesuai dengan ukuran maupun bentuk kaki.

  1. Pemanasan dan pendinginan

Meski sekadar jalan cepat, pemanasan dan pendinginan tetap harus dilakukan. Sebagai bentuk pemanasan, berjalanlah dengan kecepatan yang lambat. Habiskan lima menit pertama dengan santai dan berfokus pada postur berjalan yang baik. Setiap lima menit sekali, berhenti sejenak sambil melakukan peregangan supaya otot-otot di tubuh lebih relaks.

Kemudian, setelah Anda selesai jalan cepat, melakukan pendinginan selama lima menit adalah hal yang harus dilakukan. Caranya, perlambat laju jalan sehingga memungkinkan pernapasan dan detak jantung berada di batas normal.

  1. Perhatikan gerakan kaki

Kaki memegang peran aktif dalam aktivitas olahraga jalan cepat. Ketika melakukan olahraga ini, tumit harus menyentuh tanah terlebih dahulu sebelum bagian kaki lainnya.

Lalu, pertahankan pergelangan kaki tertekuk saat kaki Anda melangkah maju. Setelah tumit mendarat, lenturkan kaki dan ‘gulung’ langkah dari tumit ke ujung kaki.

  1. Perhatikan gerakan lengan

    Gerakan tangan saat melakukan olahraga jalan cepat juga sangat penting. Karena itu, Anda  sebaiknya melakukan hal berikut ini:

    • Tekuk siku kira-kira 90 derajat. Kepal kedua tangan
    • Jangan bawa benda apa pun di tangan, termasuk ponsel
    • Biarkan siku berada dekat dengan tubuh
    • Saat melangkah, gerakan lengan harus berlawanan dengan kaki
    • Saat lengan maju ke depan, tetaplah bergerak lurus.
    • Saat lengan mundur, jangan terlalu melebih-lebihkan gerakannya agar tubuh tidak condong ke belakang.
  1. Melangkahlah lebih cepat

Daripada mengambil langkah-langkah panjang yang tidak wajar, lebih baik Anda mengambil lebih banyak langkah dalam waktu lebih singkat.  Dengan ini, Anda akan menjaga panjang langkah alami dan belajar untuk menggunakannya dengan terstruktur.

Jalan cepat sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apabila dilakukan dengan benar, secara rutin dan teratur, jalan cepat benar-benar mampu bikin tubuh bugar, berat badan stabil, dan kesehatan jantung yang lebih baik.

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓