Mengenal Lebih Jauh Metode Melahirkan dengan Hypnobirthing

Oleh dr. Andika Widyatama pada 17 Jun 2019, 13:30 WIB
Saat ini terdapat metode melahirkan dengan hypnobirthing untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.
Mengenal Lebih Jauh Metode Melahirkan dengan Hypnobirthing (Foto: Sierra Tzoore/babycenter.com)

Klikdokter.com, Jakarta Melahirkan sering dianggap sebagai suatu proses panjang yang menyakitkan. Itu sebabnya, para ibu hamil, baik yang belum pernah melahirkan maupun sudah, hampir semua merasakan ketakutan menjelang persalinan. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini terdapat metode melahirkan dengan hypnobirthing untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan?

The Duchess of Cambridge, Kate Middleton, disebut-sebut melakukan metode yang lebih dikenal “The Mongan Method” ini untuk kelahiran ketiga buah hatinya. Kepada media, Kate Middleton mengatakan bahwa metode ini adalah rahasia dia dapat terlihat bugar, bahkan beberapa jam setelah persalinan.

Lalu, sebenarnya apa itu metode hypnobirthing? Apa metode ini sungguhan efektif dalam mengurangi rasa sakit saat melahirkan?

Apa itu hypnobirthing?

Hypnobirthing adalah suatu metode yang dikhususkan untuk membantu mempersiapkan wanita melewati proses persalinan yang tenang dan nyaman dengan self-hypnosis atau hipnotis diri sendiri. Metode ini membantu wanita merasa siap dan tenang untuk menjalani proses persalinan dengan mengurangi kecemasan serta ketakutan. Hasilnya, rasa sakit berkurang selama proses persalinan.

Metode ini berpusat pada relaksasi, pengaturan pernapasan yang dalam dan tenang, visualisasi, serta afirmasi positif. Metode ini bukan saja mempertimbangkan kondisi psikologis, fisik, dan kesejahteraan ibu, tapi juga kesejahteraan ayah dan bayi baru lahir.

Perlu diketahui bahwa self-hypnosis yang diterapkan bukan hipnosis yang akan membuat sang ibu tertidur dan tak sadarkan diri saat melahirkan. Namun, suatu pemrograman pikiran bawah sadar dengan afirmasi atau kata-kata positif yang akan membangun ketenangan jiwa dan kepercayaan diri sang ibu selama persalinan.

Bagaimana cara kerja hypnobirthing?

Perasaan takut pada saat persalinan akan mengaktifkan mekanisme fight-or-flight sebagai respons fisik tubuh yang akan mengaktifkan suatu hormon stres di otak, yaitu katekolamin. Hormon ini menciptakan rasa sakit lebih intens yang dapat menghambat proses persalinan. Kelahiran pun menjadi lebih menyakitkan, lebih lambat, dan pada akhirnya membutuhkan intervensi medis.

Menurut Mongan, seorang hypnoanesthesiologist, secara fisik mustahil bagi tubuh untuk dapat rileks dalam kondisi seperti ini. Namun, dengan mengganti rasa takut dengan relaksasi, serangkaian zat kimia lain akan ikut berperan, yaitu oksitosin, prostaglandin, dan endorfin. Zat-zat tersebut bergabung dan membuat otot lebih rileks, serta menciptakan rasa nyaman.

Hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Media-media yang digunakan dalam prosesnya dapat berupa pemasangan musik, video, dan aromaterapi yang bersifat relaksasi. Selain itu, diajarkan juga cara mengendalikan pernapasan dan membuat tubuh lebih santai.

Hypnobirthing dapat dilakukan sendiri atau meminta bantuan dari hipnoterapis, tergantung kebutuhan masing-masing ibu. Self-hypnosis dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Sebelum melakukan hypnobirthing, calon ibu (dan ayah) dapat mengikuti kelas kursus hypnobirthing pada saat kandungan berusia sekitar 32 minggu.

1 of 2

Apa manfaat metode hypnobirthing?

Metode hypnobirthing dinilai memiliki banyak manfaat bagi Ibu, ayah, dan bayi yang baru lahir. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat didapatkan bila melakukan metode hypnobirthing:

Bagi ibu:

  • Mengurangi mual, muntah, dan pusing
  • Mengurangi rasa sakit saat persalinan
  • Waktu persalinan menjadi lebih singkat
  • Mengurangi stres dan ketakutan saat dan sesudah kelahiran (post-partum depression)
  • Mengurangi risiko komplikasi dalam kehamilan
  • Mengurangi risiko operasi
  • Mengurangi kebutuhan akan obat-obatan yang berguna untuk mempercepat proses kelahiran maupun penghilang rasa sakit selama persalinan
  • Memperpendek waktu tinggal di rumah sakit usai melahirkan.

Bagi bayi baru lahir:

  • Mengurangi trauma fisik
  • Bayi lebih tenang setelah kelahiran
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Menciptakan ikatan batin antara ibu dan bayi.

Selain ikatan batin yang tercipta antara ibu dan bayi, metode hypnobirthing juga melibatkan peran ayah untuk membantu ibu tetap fokus dan tenang saat persalinan. Hal ini membuat sang ayah juga dapat memahami lebih baik apa yang dialami pasangan mereka, secara fisik dan emosional. Sang ayah ikut menjadi bagian yang aktif dalam proses persalinan, sehingga tercipta pula ikatan batin antara ibu, ayah, dan bayi baru lahir.

Bagi Anda yang sebentar lagi akan menghadapi persalinan, menjalani metode melahirkan dengan hypnobirthing dapat dipertimbangkan. Akan tetapi, apa pun metode melahirkan yang Anda pilih nanti, utamakan kenyamanan diri dan buah hati Anda. Selain itu, sebaiknya Anda memastikan kondisi kehamilan terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan sebelum memutuskan melakukan hypnobirthing untuk meminimalkan komplikasi yang mungkin terjadi.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓