Pakai Lensa Kontak Abal-abal, Apa Efeknya pada Mata?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 19 Jun 2019, 15:20 WIB
Lensa kontak banyak juga yang abal-abal. Lalu apa dampaknya pada mata jika memakai lensa kontak yang kurang berkualitas ini?
Pakai Lensa Kontak Abal-abal, Apa Efeknya pada Mata? (Jens Rother/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu aksesoris yang kini digandrungi – umumnya pada wanita – dan bisa membuat percaya diri meningkat adalah lensa kontak. Dengan warna-warna yang lucu, mudah didapatkan serta murah, siapa pun sekarang bisa memakai lensa kontak. Sayangnya, banyak yang pakai lensa kontak abal-abal alias tidak teruji kualitasnya. Memakai lensa kontak dengan mutu yang kurang terjamin tentu akan berefek pada mata Anda.

Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini sedang viral seorang remaja yang mengalami gangguan mata akibat memakai lensa kontak yang dibeli di online shop. Pertama kali hal itu dicuitkan oleh akun @illonaputri. Remaja putri yang memakai lensa kontak abal-abal itu kemudian mengalami masalah ketajaman penglihatan. Sampai berita ini diturunkan, cuitan masalah anak remaja menggunakan lensa kontak abal-abal sudah di-retweet sampai 3000 lebih.

Ada dampak serius pada mata

Masalah lensa kontak abal-abal perlu mendapatkan perhatian serius. Penting juga mengetahui kualitas lensa kontak yang baik. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, paling mudah adalah dengan melihat apakah merek yang Anda beli lulus izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Lensa kontak itu harus lewat BPOM atau harus ada izinnya. Regulasi di banyak negara itu soal lensa kontak lebih ketat dibanding di Indonesia. Kalau di Indonesia, banyak yang abal-abal, atau dalam kata lain tidak dijual di optik," ujar dr. Theresia Rina.

Mudahnya, menurut dr. Theresia, kalau tidak lolos BPOM, itu bisa diartikan lensa kontak tersebut memiliki kandungan berbahaya. Jadi, pilihlah yang memang kualitasnya sudah teruji.

Selain itu, dr. Theresia tidak menyarankan Anda memakai lensa kontak yang abal-abal. Itu karena bisa menyebabkan masalah pada mata Anda.

"Lensa kontak yang abal-abal bisa merusak atau menyebabkan infeksi pada mata. Banyak sekali orang memakai lensa kontak malah terkena infeksi bakteri, jamur, sampai akhirnya kornea rusak dan mengalami kebutaan. Itu awal mulanya infeksi terlebih dulu. Paling banyak karena itu," katanya.

Perhatikan juga penggunaannya

Anda sudah tahu masalah yang bisa ditimbulkan dari penggunaan lensa kontak abal-abal. Akan tetapi, penggunaan lensa kontak yang berkualitas baik pun, jika penggunaannya masih tidak bijak tetap akan menghadirkan masalah.

"Kalau misalnya lolos pun, tetap bisa berbahaya juga kalau penggunanya tidak menggunakan secara bijak. Meski tidak menggunakan lensa kontak yang abal-abal, jarang membersikan dan cara membersihkan yang tidak sesuai, itu juga bisa berbahaya, apalagi memakainya terus-terusan. Otomatis bisa terjadi infeksi juga," tegas dr. Theresia.

Jadi, baik kualitas lensa kontak dan penggunaan harus berjalan beriringan. Percuma jika lensa kontaknya bagus, tapi pemeliharaannya tidak bagus.

Terkait lensa kontak abal-abal, dr. Theresia menyarankan Anda untuk mencari lensa kontak yang sudah lulus BPOM. "Itu adalah cara yang paling mudah. Atau memang beli lensa kontak di tempat terpercaya, di apotik atau optik yang menjual hanya barang resmi," sarannya.

Pemilihan lensa kontak yang tepat dan berkualitas adalah kunci untuk kesehatan mata Anda. Selain itu, penggunaannya juga perlu diperhatikan secara serius. Contohnya, Anda harus melepasnya saat mandi dan tidur. Jadi jangan asal memilih lensa kontak, apalagi memilih lensa kontak abal-abal karena bisa berefek buruk bagi mata Anda.

[RVS]