Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah dengan Bawa Bekal Setiap Hari

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 21 Jun 2019, 14:30 WIB
Bekal yang Anda siapkan bukan hanya untuk mendukung gizi anak, tetapi juga membuatnya lebih pintar dan cerdas.
Tingkatkan Prestasi Anak di Sekolah dengan Bawa Bekal Setiap Hari (Ermolaev Alexander/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menyiapkan bekal anak dengan kebutuhan gizi cukup setiap hari bukanlah hal yang mudah. Tentunya Anda harus menyediakan waktu dan tenaga ekstra untuk menyiapkan bekal sekolah. Namun jangan khawatir, pengorbanan Anda tidak sia-sia. Selain menambah gizi, bekal juga dapat meningkatkan prestasi anak.

Pada usia tersebut, anak-anak sangatlah aktif dan semangat mencari tahu apa pun. Karena itu, mereka membutuhkan asupan energi yang memadai. Tentunya, makanan yang dikonsumsi harus menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan agar anak dapat berkonsentrasi di sekolah.

Kurangnya kebutuhan gizi sang anak dapat menurunkan daya konsentrasi anak, serta menyebabkan anak lemah dan mudah sakit. Ini tentu akan menurunkan prestasi mereka di sekolah.

Bekal sekolah yang bergizi dan seimbang bagi anak Anda sangatlah penting karena berfungsi sebagai:

  • Menstabilkan energi. Anak Anda membutuhkan energi dari pagi hingga siang saat bersekolah, bahkan beberapa ada yang pulang sekolahnya sore hari. Bila makanan mereka kaya nutrisi, anak Anda tidak mudah lelah.
  • Meningkatkan konsentrasi anak. Banyaknya pelajaran di sekolah membuat anak Anda harus memiliki daya konsentrasi yang baik.
  • Menstabilkan suasana hati anak.
  • Bantu anak Anda menjaga berat badan yang sehat.
  • Membantu mencegah kondisi kesehatan mental. Ini termasuk depresi, kecemasan, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).
1 of 2

Komposisi bekal anak

Lantas, bagaimana bekal anak yang bergizi seimbang? Berikut adalah komposisi nutrisi yang sebaiknya ada pada bekal anak:

  1. Karbohidrat

Karbohidrat sebenarnya adalah sumber energi utama dan terpenting tubuh. Karbohidrat membantu tubuh menggunakan lemak dan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Karbohidrat datang dalam beberapa bentuk yang berbeda, yakni gula, pati, dan serat. Akan  tetapi, anak-anak harus makan lebih banyak pati dan serat, serta lebih sedikit gula. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, antara lain roti, sereal, nasi, pasta, dan kentang.

  1. Protein

Protein memiliki banyak fungsi penting, termasuk pertumbuhan, perkembangan otak, dan tulang yang sehat. Dari 20 asam amino (bahan penyusun protein), anak-anak perlu mendapatkan 9 asam amino esensial dari makanan mereka.

Karena itu, bekali anak Anda dengan makanan laut, daging tanpa lemak dan unggas, telur, kacang-kacangan, kacang polong, produk kedelai, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Lemak

Lemak adalah sumber energi yang baik untuk anak dan mudah disimpan dalam tubuh. Lemak juga penting dalam membantu tubuh untuk menggunakan beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan.

Makanan yang mengandung lemak tingkat tinggi antara lain produk susu murni, daging, ikan, dan kacang. Jangan bekali anak dengan makanan yang mengandung lemak jahat, seperti gorengan.

  1. Buah-buahan

Bekali anak Anda untuk makan berbagai buah segar daripada jus buah. Buah segar lebih baik dan mengandung serat tinggi. Jika anak Anda minum jus, pastikan jus yang dibawanya 100 persen tanpa tambahan gula. Carilah buah yang rendah gula tambahan.

  1. Sayuran

Memang tidak mudah membuat anak makan sayuran. Anda menyiasatinya dengan memberikan anak berbagai kombinasi sayuran aneka warna sehingga menarik. Misalnya, wortel, kacang panjang, tomat, buncis, dan brokoli.

  1. Kalsium

Kalsium sangat penting dalam membantu membangun tulang dan gigi anak yang sehat. Ini juga penting untuk pembekuan darah dan untuk fungsi saraf, otot, dan jantung. Jadi, jangan lupa bekali anak dengan makanan yang mengandung kalsium tinggi, yakni susu, keju, yogurt, es krim, kuning telur, brokoli, dan bayam.

  1. Susu

Susu menyediakan tubuh dengan kalsium yang mudah diserap serta vitamin A dan B12, protein dan vitamin dan mineral lainnya. Sediakan produk susu bebas lemak atau rendah lemak, seperti susu dan yogurt, untuk buah hati Anda.

Meski bagi sebagian orang tua – karena alasan kesibukan – menyiapkan bekal untuk anak agak merepotkan, namun sebenarnya hal ini sangat penting. Memberi bekal yang sehat akan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Jika anak secara teratur dikondisikan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi, kelak ia akan tumbuh sehat secara lebih optimal.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓