6 Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
search

Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kluwek atau keluak merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan untuk masakan. Mari ketahui manfaat kluwek bagi kesehatan berikut ini!
Manfaat Kluwek bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Klikdokter.com, Jakarta Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki buah dan rempah beragam. Salah satu buah khas Indonesia yang cukup unik adalah kluwek atau keluak.

Buah kluwek memiliki kulit yang keras seperti kemiri dan biasanya banyak dijumpai sebagai bumbu makanan tradisional. Menu masakan yang menggunakan kluwek sebagai bahan dasar bumbunya adalah pucung gabus dan rawon.

Secara tampilan, warna kluwek yang hitam memang tampak kurang menarik. Tetapi dari segi rasa, sudah pasti lezat. Sebab, keluak mengandung asam glutamic yang biasa terkandung di dalam bumbu penyedap masakan. 

Tak hanya itu, keluak juga mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kluwek yang bisa Anda dapatkan. 

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kluwek mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C diketahui memiliki banyak peran untuk kesehatan, salah satunya menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C buah kluwek dapat membantu melawan berbagai penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dengan membantu meregenerasi sel-sel. Vitamin ini pun dapat berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang bisa menetralisir radikal bebas.

Artikel Lainnya: Catat! Ini 10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

1 dari 3

2. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia
loading

Manfaat kluwek lainnya adalah kaya akan kandungan zat besi (fe). Mineral ini adalah salah satu komponen pembentuk sel darah merah, yaitu hemoglobin. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. 

Zat besi merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Karena pada saat hamil, ibu rentan mengalami anemia yang bisa berdampak kepada kesehatan janin. 

3. Membantu Menjaga Kesehatan Usus

Menjaga kesehatan usus bukan hanya bermanfaat untuk saluran pencernaan saja, tetapi juga untuk kesehatan organ lain seperti otak. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang membantu menjaga kesehatan usus, salah satunya adalah kluwek. 

Kluwek diketahui mengandung banyak serat yang baik untuk usus. Selain itu, serat dari kluwek juga bermanfaat untuk membantu memperlancar buang air besar.

Artikel Lainnya: 10 Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan yang Harus Anda Tahu

2 dari 3

4. Menurunkan Risiko Radang Sendi akibat Asam Urat

Menurunkan Risiko Radang Sendi akibat Asam Urat
loading

Kandungan vitamin C di dalam buah kluwek memiliki manfaat untuk mencegah radang sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Radang sendi akibat asam urat umumnya dialami di bagian sendi sekitar jempol kaki. 

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Buah kluwek mengandung magnesium yang dapat dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Apabila kebutuhan magnesium sehari-hari tidak terpenuhi, Anda berisiko mengalami kelainan irama jantung dan munculnya komplikasi setelah serangan jantung.

Di samping itu, berbagai penelitian juga menunjukkan, memenuhi asupan magnesium dalam jumlah cukup dapat membantu menurunkan risiko stroke. 

6. Mencegah Lemas dan Kelelahan Otot

Rutin mengonsumsi kluwek mampu mencegah serta mengatasi masalah, seperti kelemahan otot, mati rasa, dan lemas. Ini karena kluwek mengandung mineral fosfor yang membantu tubuh Anda tetap fit dan dan aktif. Bahkan, mencukupi kadar fosfor dalam tubuh bisa membantu meningkatkan gairah seks. 

Baca Juga

Itu dia beberapa manfaat buah kluwek. Apabila mau tahu lebih lanjut tentang manfaat buah atau rempah untuk kesehatan, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Kue Jahe Khas Natal bagi Kesehatan

Info Sehat
24 Des

Manfaat Minum Air Jahe bagi Kesehatan

Info Sehat
18 Des

Minyak Biji Bunga Matahari Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Info Sehat
15 Des

Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri

Info Sehat
15 Des

Tak Sekadar Bumbu, Asam Jawa juga Berkhasiat bagi Kesehatan

Info Sehat
15 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat