Manfaat Zat Albumin dalam Ikan Gabus untuk Kesehatan

Oleh Ayu Maharani pada 22 Jun 2019, 13:00 WIB
Yuk, coba kuliner ikan gabus khas Betawi di momen ulang tahun Jakarta! Selain enak, ikan tersebut juga kaya albumin yang baik untuk tubuh.
Manfaat Zat Albumin dalam Ikan Gabus untuk Kesehatan (Foto: loveindonesia)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika bicara soal kuliner Betawi, apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? Sebagian orang mungkin akan menjawab kerak telor. Padahal, masih ada kuliner khas Betawi lainnya yang juga enak dan bikin lidah bergoyang. Ya, apalagi kalau bukan gabus pucung.

Gabung pucung adalah ikan gabus yang dimasak dengan bumbu kluwek atau keluak, yang biasa digunakan untuk membuat rawon. Tak heran, sajian ini memiliki warna kehitaman, ditambah dengan irisan daun bawang serta cabai hijau. Selain nikmat bila dimakan bersama nasi hangat, ikan gabus ternyata mengandung zat albumin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lo!

Manfaat sehat albumin pada ikan gabus

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, albumin pada dasarnya adalah suatu protein. Zat ini adalah protein utama dalam darah manusia, yang diproduksi oleh organ hati dan berfungsi mengatur tekanan dalam pembuluh darah serta menjaga agar cairan yang terdapat dalam pembuluh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya.

“Selain itu, albumin juga bagus untuk orang yang sedang mengalami pembengkakan. Adanya pembengkakan bagian tubuh bisa menandakan bahwa Anda kekurangan albumin. Oleh karena itu, Anda bisa menyantap ikan gabus untuk meredakan pembengkakan tersebut,” jelas dr. Devia.

Ikan gabus bisa dikatakan sebagai sumber protein yang baik. Jika Anda baru saja dioperasi atau habis mengalami cedera yang lumayan parah, menambahkan ikan gabus ke dalam menu makan sehari-hari adalah pilihan yang baik.

“Ya, benar adanya bahwa protein sangat diperlukan untuk proses penyembuhan luka. Jadi, banyak makan protein sama saja dengan mempercepat proses penyembuhan,” tutur dr. Devia.

Tidak sebatas itu, ikan gabus juga dapat mendatangkan manfaat lain berupa:

  • Membantu membentuk dan membangun otot

Kandungan protein yang tinggi pada ikan gabus dapat membantu membentuk tubuh ideal. Pasalnya, selain dapat mempercepat proses penyembuhan luka, makanan berprotein tinggi juga dapat mempercepat proses pembentukan otot pada tubuh apabila dikombinasikan dengan olahraga secara rutin.

  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Apabila kondisi cairan dalam tubuh berkurang, protein yang masuk akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

  • Menambah gizi

Anak-anak atau ibu hamil yang kekurangan gizi dapat mengonsumsi ikan gabus, karena ikan yang satu itu dapat memperbaiki masalah gizi buruk. Konsumsi ikan gabus sebanyak 100 gram bisa memenuhi kebutuhan gizi pokok, terutama pada bayi.

  • Ramah untuk saluran cerna

Ikan gabus punya protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan daging lain, sehingga tidak membuat pencernaan bekerja terlalu keras.

Berkat kandungan albumin dan beragam zat gizi lain, ikan gabus terbukti mampu mendatangkan beragam manfaat sehat di atas. Apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri semua manfaat tersebut? Jika ya, tak ada salahnya untuk menyantap menu gabus pucung khas Betawi saat merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta yang ke-492!

(NB/ RVS)